in , , ,

Telaga Menjer, Danau Luas nan Menawan di Pegunungan Dieng

Kawasan Dieng memang terkenal dengan panorama alam sungguh menawan di dataran tingginya. Tak heran jika menjadikan Dieng sebagai destinasi terbaik di Jawa Tengah. Ada banyak spot wisata terkenal namun juga ada beberapa spot yang tidak banyak wisataan ketahui. Salah satunya adalah Telaga Menjer.

Baca juga : Wisata Kawah Kamojang Garut, Sauna Alami dari Swiss van Java yang Wajib Dicoba!

Telaga Menjer dikelilingi bukit dari Pegunungan Dieng via dieng.me

Telaga Menjer sendiri adalah sebuah danau berada di kaki pegunungan Dieng. Terletak diktinggian 1.300 mdpl yang menyajikan view gunung Prau yang menawan dengan kesejukan udara cenderung dingin.

Telaga dengan kedalaman 45 meter ini terbentuk dari letusan gunung Pakuwaja yang dulunya aktif.Sebelum terjadi letusan dari gunung api tersebut, tempat ini hanyalah sebuah mata air. Telaga ini menjadikan telaga paling luas di area pegunungan Dieng berkat dibangunnya bendungan.

Pipa PLTA Garung sebagai nama PLTA dari Telaga Menjer via instagram @Wonosobohitz

Selain menjadi tempat wisata, telaga ini juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dikelola oleh PLTA Garung. Lokasi Telaga Menjer berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Tepat berada di sebelah uatra kota Wonosobo dengan jarak sekitar 8 km dari pusat kota.

Jangan khawatir untuk harga tiket, cukup Rp. 3.000 saja wisatawan dapat menikmati keindahan Telaga Menjer. Selain biaya tiket masuk, biaya parkir juga relatif murah. Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Fasilitas yang disediakan sudah relatif lengkap seperti toilet, warung kopi, gazhebo, spot foto yang instagramabel, hingga dibangunnya beberapa resto dengan latar pegunungan dieng yang sungguh menawan.

Perahu kayu yang di sewakan untuk Pengunjung Telaga Menjer via Wonosobo.com

Wisatawan juga dimanjakan dengan adanya persewaan perahu getek dan perahu kayuh. Cukup Rp. 15.000 per orang wisatawan dapat menikmati keliling telaga Menjer.

Rute menuju lokasi telaga Menjer sangatlah mudah. Dari kota Wonosobo untuk mengambil arah ke Dieng. Sesampai di pasar Garung terdapat pertigaan dan ambillah arah kiri dan mengikuti jalan hingga menuju lokasi.

Bukit Seroja, Spot untuk menikmati Telaga Menjer

Setelah puas berkeliling di telaga Menjer sebaiknya dilanjutkan dengan mengunjungi bukit Seroja. Bukit ini terletak ditepi Telaga Menjer. Diatas bukit inilah pengunjung bisa menikmati pemandangan luasnya Telaga Menjer dari ketinggian. Tampak juga gunung Sindoro dan gunung Kembang sebagai latar belakang pemandangan yang indah.

ramadan

Keunikan Mendaki Gunung Penanggungan via Jolotundo

Tapian Rajo

Wisata Kuliner Baru Tapian Rajo, Sumatera Barat