in , ,

Tukad Unda, Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Kalau sudah sering liburan menikmati tempat wisata Bali jangan cuma datang ke pantainya saja, sekali-kali sempatkan datang ke Tukad Unda. Spot wisata gratisan yang namanya tengah hits di kalangan traveler ini layak untuk kamu kunjungi juga. Apalagi tempat ini menjadi salah satu lokasi yang instagramable di pulau Dewata.

Baca juga : Ajaib, Ada Sumber Air Panas di Pantai Selandia Baru

Tukad Unda adalah nama sungai yang melintasi daerah Klungkung. Tepat di desa Lebah Banjar terdapat bendungan yang membuat aliran sungai tersebut menjadi berundak-undak layaknya terjunan air. Tempat inilah yang sering digunakan anak-anak warga sekitar serta wisatawan untuk bermain air.

tukad unda [image source]
Dalam bahasa setempat Tukad memiliki arti sungai sedangkan Unda adalah lapisan. Sehingga Tukad Unda bisa diartikan sebagai sungai yang airnya berlapis-lapis. Menariknya lagi meski namanya tengah populer dan fotonya tersebar via sosmed kemana-mana namun setiap wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya sepeserpun.

tukad unda [image source]
Kebanyakan wisatawan yang datang adalah pasangan kekasih yang sengaja datang untuk melakukan sesi pemotretan pre-wedding atau pasangan yang sedang menikmati bulan madu mereka. Terang saja tempat ini sangat romantis karena suasananya jauh lebih tenang ketimbang pantai-pantai di Bali.

tukad unda [image source]
Kelebihan lain yang ada di Tukad Unda adalah aliran sungainya yang jernih. Berbeda dengan sungai-sungai yang melintasi kota besar dimana airnya sudah tercemar dan keruh. Air Tukad Unda sangat jernih dan bersih sehingga traveler tak perlu khawatir gatal saat basah-basahan di sana.

tukad unda [image source]
Selain untuk foto-foto kawasan Tukad Unda juga kerap digunakan untuk menggelar olahraga air seperti rafting. Kegiatan ekstrim tersebut dilakukan pada saat debit air sungai sedang kecil pasalnya jika musim hujan debit air di sungai ini cukup berbahaya untuk menggelar arung jeram dan olahraga air lainnya.

tukad unda [image source]
Ternyata keberadaan Tukad Unda bukan hanya memuaskan wisatawan saja namun juga memberi manfaat pada penduduk setempat. Setiap hari sungai ini dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci. Sebagian warga lainnya menggunakannya untuk memancing dan juga menambang.

Tukad Unda adalah salah satu objek wisata Bali yang menawan, Kamu bisa melepaskan penat di tempat ini sambil mencoba berbagai hal yang tersedia. Hanya dengan melihat foto-fotonya saja, kamu pasti sudah kepincut bukan? Yuk langsung saja tancap gas menuju Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Jaraknya hanya sekitar 62 kilometer dari Denpasar dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam.

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

7 Masjid Terapung Paling Indah, 2 Diantaranya di Indonesia!

Masjid di Jogja yang Memberikan Buka Gratis, Musafir Boleh Mampir!