in ,

12 Varian Mie dari Berbagai Daerah, Sudah Coba yang Mana nih?

Varian Mie di Indonesia

Varian Mie di Indonesia

Kepopuleran mie instan memang tak terelakkan. Bahkan, ada banyak kreasi unik yang menggunakan mie sebagai bahan utama. Namun, tahu kah kamu jika Indonesia tak hanya punya mie kemasan? Ada banyak varian mie di Indonesia yang rasanya tak bakal mengecewakan. Seperti di bawah ini.

Baca juga : Museum Geologi Bandung, Wisata Masa Lalu Menemui T-Rex!

1. Sesuai namanya, mie Aceh berasal dari Aceh. Seporsinya terdiri dari mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti kepiting. Rasanya sedikit pedas, tapi bikin nagih.

Mie Aceh Titi Bobrok
Mie Aceh Titi Bobrok via instagram/@indahfitriprs

2. Beda lagi dengan Medan, ada mie gomak yang disebut sebagai spaghetti-nya Batak. Seporsi hidangan ini berupa mie kuning menyerupai lidi yang dimasak dengan bumbu khasnya, andaliman.

Mie Gomak
Mie Gomak via instagram/@zonabatak

3. Palembang tidak hanya istimewa dengan pempeknya. Di kota ini ada mie khas yang disajikan bersama kuah santan, kaldu ebi, taoge, telur rebus, serta taburan seledri dan bawang goreng. Namanya mie celor yang rasanya tak perlu diragukan.

Mie Celor
Mie Celor via instagram/@ikhdarizky

4. Jika mie celor disiram dengan kuah santan dan kaldu ebi, lain halnya dengan mie koba dari Bangka. Menu istimewa ini menggunakan kaldu daging tenggiri yang dipadukan dengan daun seledri dan bawang goreng.

Mie Koba
Mie Koba via instagram/@travelingidea

5. Liburan ke Batam atau ke Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mencoba mie lendir. Kuliner istimewa ini memiliki kuah berwarna cokelat dengan tekstur kental. Rasanya istimewa karena kuah tersebut dicampur dengan kacang tanah dan ubi jalar. 

Mie Lendir
Mie Lendir via instagram/@keprifoodcorner

6. Dinginnya kota Bogor paling enak dihangatkan dengan seporsi mie glosor. Yap, mie khas Kota Hujan yang terbuat dari aci dicampur kunyit. Teskturnya kenyal dan lebih licin dari varian mie biasanya. 

Mie Glosor
Mie Glosor via instagram/@inaya_khawasie

7. Lanjut ke Bandung, ada mie kocok yang biasa disajikan dengan bola-bola daging alias bakso. Sementara kuahnya dari kaldu sapi yang memiliki aroma khas. Sementara jenis mienya tergolong pipih atau gepeng. Namun, teksturnya tak bakal bikin kamu kapok.

Mie Kocok
Mie Kocok via instagram/@baksoclubid

8. Jogja juga punya mie khas yang jadi buruan wisatawan. Namanya mie lethek yang terbuat dari tepung tapioka dan gaplek. Di balik kelezatannya, untuk membuat bahan mie ini tidaklah mudah. Bahkan untuk menggiling bahan membutuhkan bantuan dari kerbau.

Mie Lethek
Mie Lethek via instagram/@johankusumotret

9. Dieng identik dengan jazz gunung yang tak pernah absen. Nah, usai nonton idolamu di festival ini, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Wonosobo. Salah satunya mie ongklok yang biasa disajikan dengan kol, daun kucai, serta kuah kental dari kanji. Jangan lupa tambah lauknya.

Mie Ongklong
Mie Ongklong via instagram/@andreanshel_jmo678

10. Banjarmasin tidak hanya istimewa dengan Soto Banjar-nya. Ada mie bancir yang memiliki tekstur lembut. Belum lagi kuahnya yang kental tapi nendang banget di lidah. Pas banget sebagai menu makan siang. 

Mie Bancir
Mie Bancir via instagram/@pinklovefood

11. Berbeda dari Banjarmasin, Pontianak juga memiliki mie khasnya yang tak kalah nendang. Namanya Mie Tiaw atau kwetiau yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Warnanya putih dan pipih. 

Mie Tiaw
Mie Tiaw via instagram/@makannenaak

12. Mie terakhir yang bisa kamu coba saat liburan ke Makassar adalah Mie Titi. Sajian sedap yang dipadukan dengan dengan aneka seafood dan tambahan sayur. Tekstur mie ini menyerupai mie goreng yang disajikan dengan kuah kental super nendang.

Mie Titi
Mie Titi via instagram/@melodivo_percussion

Nah, itulah varian mie di Indonesia yang menjadi ciri khas setiap daerah. Bagaimana, sudah coba yang mana nih? Atau punya kuliner mie favorit sendiri? Tinggalkan komentarmu di kolom berikut ini ya! Next

ramadan
Pemandangan dari Watupayung

Deretan Wisata Bukit Jogja, Menggapai Awan di Kota Gudeg

Rekomendasi Cuanki di Bandung, Kuliner Spesial dengan Rasa Melegenda