in ,

5 Hal Unik di Korsel ini Bikin Kamu Terkaget-Kaget Loh!

Keunikan di balik Negeri Gingseng

Korea Selatan (Korsel) masih menjadi salah satu kiblat tren dunia. Apapun yang dilakukan orang-orangnya, mulai dari hallyu fashion, industri musik K-Pop, hingga drama Korea yang selalu sukses mengaduk-aduk emosi dan rasa penasaran akan selalu jadi sorotan, berpotensi viral dan ditiru oleh banyak orang. Selain itu, ada 5 hal unik di Korsel yang khas banget. Penasaran? Yuk kita simak!

Baca juga : Festival Perang Makanan, Tradisi Unik Lempar Tomat sampai Adonan Pie

1. Toilet pintar yang bikin kamu melongo

No photo description available.
Toilet pintar via Instagram/moomin008

Coba Teman Traveler perhatikan foto di atas, merasa familiar kah dengan sistem polanya? Yes, kalau di Indonesia dan kebanyakan negara lain, sistem ini hanya dipakai di tempat parkir. Dengan sistem ini, kita jadi mengerti mana tempat parkir yang lagi kosong ataupun yang sudah terisi.

Nah, ternyata Korsel selangkah lebih maju dari kita, guys! Sistem ini ternyata juga dipakai di toilet umum. Tujuannya supaya kita bisa mengetahui mana toilet yang kosong atau yang lagi ada orangnya. Mungkin orang Korsel sungkan mengetok pintu toilet satu-satu ya, makanya dibuat sistem semacam ini.

2. Toilet Ibu dan anak dijadiin satu? Serius lo?

No photo description available.
Toilet ibu dan anak yang dijadikan satu via Instagram/kellydoesit

Kali ini kita akan dibikin kaget karena ada 1 toilet yang dikhususkan untuk Ibu dan anak. Yes, dalam 1 ruangan sekaligus! Di beberapa mal terkemuka di kota-kota besar di Indonesia, fasilitas semacam ini juga sudah mulai diperkenalkan, biasanya menjadi bagian ruang toilet khusus keluarga.

Toilet semacam ini sebenarnya sangat ideal, sehingga para mama tidak perlu khawatir melepas anaknya pergi ke toilet sendirian, apalagi kalau si anak masih kecil dan butuh bantuan selama buang air.

3. Plastic finger buat makan chips, boleh juga nih

Post image
Plastik khusus buat makan chips via Reddit

Hal unik di Korsel lainnya yang mungkin bisa kita tiru adalah penggunaan plastic finger buat makan snacks dan chips. Orang Korsel memang sangat menjunjung tinggi kebersihan, bahkan untuk persoalan makanpun, mereka akan sangat menjaga higienisitasnya. Maka dari itu, diciptakanlah inovasi plastic finger ini supaya bisa menikmati camilan tanpa khawatir tangannya kotor. Kreatif banget!

Atau, jangan-jangan plastik ini sengaja dibuat karena orang Korsel malas mencuci tangan kalau tangannya kotor ya? Menarik untuk dibahas lebih lanjut.

4. Parkir khusus wanita, lebar banget!

No photo description available.
Tempat parkir khusus wanita via Instagram/tysniet

Salah satu hal unik di Korsel yang nampaknya juga mulai ditiru di banyak negara adalah adanya Ladies Parking. Bedanya dengan parkir umum yang lain, ladies parking lebih lebar dan selalu diberi tanda yang mencolok, misalkan dicat warna pink atau diberi simbol wanita. Tujuannya adalah memudahkan para pengemudi wanita untuk memarkir mobilnya dengan lebih leluasa tanpa perlu takut menyerempet mobil di kiri atau kanannya.

Tapi tak semua pengendara mobil setuju dengan ladies parking loh. Bahkan bagi sebagian pengendara wanita, tempat parkir khusus ini seperti menghina dan meremehkan kemampuan mereka dalam mengemudi atau memarkir kendaraan. “Dipikir kami gak bisa parkir apa!”, itu mungkin yang mereka pikir.

5. Mending gak duduk di kursi prioritas deh

Sampai dikasih boneka loh! via Instagram/diipendra

Sejak dulu Korea Selatan dikenal sebagai tempat yang sangat menghargai keberadaan para lansia, ibu hamil, dan kaum disabilitas. Penghargaan ini diwujudkan dengan pembuatan tempat dan kursi prioritas di tempat umum, termasuk di transportasi publik seperti kereta dan bus.

Meskipun pembuatan tempat prioritas sudah diterapkan di banyak negara, nampaknya hanya Korea Selatan satu-satunya negara yang sangat menghormati tempat prioritas. Saking hormatnya, mereka tidak akan pernah mau duduk di sana, bahkan jika kondisi kereta atau bus lagi penuh dengan penumpang. Salut!

Demikian hal unik di Korsel yang rasanya boleh juga kita tiru. Terlepas dari unik atau di luar kebiasaan, di baliknya tersimpan alasan atau nilai yang keren buat menginspirasi dan mempermudah hidup kita. Next

ramadan

Grand Cafe Jember, Gaya Retro Unik dengan Motor Klasik

Und Corner Malang

Und Corner Malang, Yuk Nostalgia dengan Deretan Roti Jadul di Sini