in ,

5 Tradisi Natal Anti Mainstream di Dunia, Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Merayakan Natal dengan berbagai tradisi di dunia

Hari Natal tinggal menghitung hari. Berbagai tempat sudah mulai menyelenggarakan aneka kegiatan untuk menyambutnya. Tapi tahukah kalian kalau ada tradisi Natal anti mainstream yang unik dan nyeleneh? Berikut lima di antaranya!

Baca juga : Cantiknya Bedugul Saat Musim Hujan, Meski Dingin Liburan di Kawasan Pegunungan Bali Ini Nggak Khawatir

1. Naik Sepatu Roda ke Gereja di Caracas

Ilustrasi Santa Klaus menggunakan sepatu roda via Shutterstock

Di kota Caracas, Venezuela, ada kebiasaan unik yang selalu dilakukan tiap tanggal 25 Desember pagi. Berbondong-bondong warga pergi ke gereja dengan menggunakan sepatu roda. Masih belum jelas asal usulnya beserta tujuan dari tradisi ini.

Meskipun begitu, jalan raya di penjuru kota ditutup pada hari ini guna mengamankan arus warga yang pergi dengan sepatu roda. Unik sekali ya, Teman Traveler!

2. Berendam Massal di Festival Sauna, Finlandia

Ilustrasi sauna di Finlandia via Shutterstock

Lain halnya dengan Finlandia. Negara yang terletak di dekat Kutub Utara ini terkenal dengan suhu dinginnya yang bisa mencapai -10 derajat Celcius. Itulah yang membuat banyak rumah di sana memiliki sauna sendiri-sendiri.

Tiap malam Natal, warga Finlandia menghangatkan diri di sauna. Konon ini ada hubungannya dengan legenda leluhur, di mana mereka akan mendatangi tempat bersuhu hangat untuk ikut merayakan sukacita Natal. Setelah puas bersauna ria, masyarakat akan keluar dan berpesta bersama-sama.

3. Santap Ulat Goreng di Afrika Selatan

Ilustrasi ulat goreng via Shutterstock

Siapa yang pernah menyantap ulat goreng? Sajian kuliner khas Natal ini menjadi tradisi turun temurun masyarakat yang bermukim di Afrika Selatan. Tidak jelas asal muasal dan penyebab makanan ini dipilih sebagai hidangan Natal. Namun, ulat goreng sendiri memiliki beragam manfaat yang besar, terutama dalam memenuhi kebutuhan protein tubuh, loh!

4. Saksikan Atraksi ‘Bad Santa‘di Austria

Santa Klaus ditemani rombongan krampuslauf di belakangnya via Shutterstock

Kalau di negara Belanda Santa Klaus ditemani seorang pembantu setia bernama Pit Hitam, lain halnya dengan di Austria. Santa Klaus ditemani oleh setan jahat bernama krampuslauf. Iblis-iblis ini sengaja berjalan di belakang sang Santa untuk menculik anak-anak yang gemar berbuat nakal.

Biasanya, aksi Santa Klaus dan krampuslauf diparadekan dalam sebuah festival yang diadakan pada minggu-minggu awal Desember. Tentu saja acara ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar.

5. Bikin ‘Hewan Peliharaan’ dari Kayu di Catalonia

Tió de Nadal, ‘hewan peliharaan’ dari kayu via Shutterstock

Tradisi Natal anti mainstream lainnya ada di Catalonia, Spanyol. Di sini, anak-anak akan membuat ‘hewan peliharaan’ dari balok kayu yang dinamakan Tió de Nadal. Setiap malam antara tanggal 8 hingga 24 Desember, mereka akan memberi mainan ini air segar dan selimut agak tidak kedinginan. Persis seperti memelihara hewan sungguhan!

Itulah tadi aneka tradisi unik yang dilakukan berbagai belahan dunia saat menyambut Natal. Bagaimana dengan daerah tempat Teman Traveler berdiam? Next

ramadan
Kolam renang The Square

Staycation di The Square Surabaya, Murah dengan Fasilitas Mewah

Ilustrasi museum

Liburan Saat Musim Hujan, Yuk Simak 5 Inspirasi Ini