in ,

Gajian Rutin Tiap Bulan Tapi Tetep Aja Tidak Bisa Liburan, Kenapa ya?

Hayoo, di sini siapa yang sering sirik dan iri melihat teman yang bisa liburan? Pengen deh bisa menikmati pantai yang sepi di Lombok. Seru kalau bisa bangun tidur di hotel yang buka pintu langsung nyebur. Namun, apa daya, gaji hanya lewat. Mana ada bugdet untuk traveling. Sebenarnya ada, mungkin kamu hanya tak sadar kalau selama ini sudah boros. Ini dia alasan mengapa kamu tak bisa menabung. Simak, ya!

Baca juga : Tipe Traveler yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk yang Mana?

Mengaku deh, berapa hari dalam sehari kamu jalan-jalan di online shop? Daripada buka-buka toko dengan barang-barang lucu saat makan siang dan berakhir dengan belanja impulsif, lebih baik gunakan waktu untuk membaca majalah. Hemat!

Sering Belanja Online
Sering Belanja Online [image source]
Saat tak bisa tidur, biasanya kamu menyibukkan tangan dengan bermain sosial media. Browsing apa saja, scroll akun artis, atau bahkan streaming video klip musik favorit. Nah, ini namanya boros kuota. Kamu mungkin tak sadar, membeli paket internet terlalu sering juga boros, lho.

Boros kuota
Boros kuota [image source]
Hang out dengan sahabat di akhir pekan memang sangat menyenangkan, apalagi sambil ngopi cantik dan cerita banyak hal. Namun, nggak harus di kafe dan bayar mahal untuk makanan dan cemilan, nongkrong di teras rumah pun bisa seru, kok. Tentu saja juga hemat!

Nongkrong bareng temen setiap weekend
Nongkrong bareng temen setiap weekend [image source]
Belajar masak tipis-tipis juga ampuh untuk menghemat. Kalau sudah bisa, biasakan membawa bekal sendiri untuk makan siang. Penting nih agar kamu tak sering memencet tombol klik order dan pesan makanan secara online. Selain harganya lebih mahal, masih ada ongkos kirim yang harus kamu bayar, kan?

Sering pesan makanan online
Sering pesan makanan online [image source]
Saat traveling ke Jepang atau Korea, rugi banget kalau tak belanja make up lucunya. Namun, ingat-ingat apakah kamu sangat perlu lipstik baru dengan warna yang tak jauh berbeda? Lain cerita nih kalau kamu memborong oleh-oleh untuk dibisniskan.

Kalap belanja make up
Kalap belanja make up [image source]
Gunakan hari Minggu-mu untuk berolahraga atau bersantai di rumah bersama keluarga, daripada ke mall. Rasanya, tak mungkin nih pulang-pulang dengan tangan kosong. Apalagi, seringnya kamu akan merasa menyesal karena telah membeli barang yang ternyata tak penting.

Sering nge-mall
Sering nge-mall [image source]
Punya kartu kredit memang penting tidak penting. Untuk kebutuhan yang mendadak, kartu sakti seperti ini akan sangat berguna. Namun, kalau kamu termasuk yang suka spontan belanja dan gesek sana-sini, hindari memilikinya. Tak dipakai pun, kamu akan membayar biaya langganannya, lho.

Langganan kartu kredit
Langganan kartu kredit [image source]
Tahukah bahwa India termasuk negara dengan tingkat polusi tertinggi? Tak ingin Indonesia menjadi salah satunya, bukan? Belajar menikmati naik kendaraan umum, selain mengurangi karbon dioksida, kamu juga bisa memasukkan uang bensin pada dana liburan. Wah, Maldives sudah menunggu, nih.

Sering keliling boros bensin
Sering keliling boros bensin [image source]
Jangan gampang tergiur jika ada gadget keluaran terbaru. Ingat, setiap beberapa bulan sekali ada saja versi baru dari barang teknologi yang kamu gunakan dan biasanya tidak banyak perubahan yang diberikan. Selama masih enak dipakai, tak ada asalan untuk menggantinya.

Hobi ganti gadget
Hobi ganti gadget [image source]
Nah, kalau kamu berhasil menghindari hal-hal di atas, pasti masih ada banyak gaji yang tersisa untuk dimasukkan ke tabungan traveling. Siap-siap memilih destinasi, ya. Mau bangun tidur di hotel pinggir pantai Lombok? Bisa banget! Next

ramadan

Bali Punya Rumah Hobbit, Tempat Santai Sambil Menikmati Kopi

Pelaku tipu-tipu bersama barang bukti.

Waspadalah Kalau Tidak Ingin Tertipu Voucher Wisata Seperti di Yogyakarta Ini