in ,

7 Bangunan Paling Unik dan Nyentrik di Eropa

Banknote Building, Kaunas - Lithuania, via instagram

Seorang arsitek membangun gedung bukan hanya untuk kepentingan hunian, perkantoran atau pertokoan semata. Dalam dunia arsitektur ternyata mengenal juga yang namanya seni sehingga jika ilmu arsitektur digabungkan dengan seni akan tercipta bangunan yang keren, unik hingga nyeleneh. Bangunan-bangunan yang unik biasanya merepresentasikan fungsi atau sesuatu yang ada di dalamnya.

Baca juga : Hoi An Vietnam, Kota Tua Indah Bertabur Cahaya

Seperti bangunan-bangunan unik di Eropa yang Travelingyuk lansir dari situs CNN. Mereka dibangun dengan sengaja untuk menarik perhatian manusia. Dengan cara ini pula bangunan-bangunan yang sebagian besar merupakan destinasi wisata tersebut mampu menarik banyak kunjungan wisatawan dari berbagai dunia lewat arsitekturnya yang unik dan nyentrik. Berikut 7 bangunan paling unik dan nyentrik yang ada di Eropa menurut CNN Travel.

1. Banknote Building, Kaunas – Lithuania

Dikenal luas sebagai Banknote Building adalah bangunan berdesain nyentrik yang terletak di Kaunas, kota terbesar kedua di Lithuania yang secara historis menjadi pusat ekonomi, akademik, dan kehidupan budaya unggulan dari negara tersebut. Keunikan bangunan tersebut langsung bisa dilihat dari dinding luarnya yang menampilkan pecahan uang dari negara itu.

Banknote Building, Kaunas - Lithuania, via instagram
Banknote Building, Kaunas – Lithuania, via instagram

Secara resmi bangunan unik ini bernama Office Center 1000 dan telah diperkenalkan kepada publik pada tahun 2008. Dinding luarnya menampilkan mata uang pecahan 1.000 Litu yang tersusun dari lebih 4.000 keramik kaca yang dipasang layaknya sebuah puzzle. Bangunan ini bukan hanya menarik dilihat di siang hari namun penerangan lampu yang keren di malam hari juga menjadikannya pemandangan yang luar biasa indah.

2. Krzywy Domek – Polandia

Bagi traveler pecinta arsitektur juga bisa berkunjung ke Polandia. Suatu deretan gedung bernama Krzywy Domek akan memuaskan dahaga mereka yang mencintai seni arsitektur unik dan nyentrik. Bangunan-bangunan yang merupakan kompleks pertokoan dan perkantoran ini seperti hasil lukis tipuan mata dimana bentuknya meliuk-liuk atau bengkok.

Krzywy Domek - Polandia, via instagram
Krzywy Domek – Polandia, via instagram

Krzywy Domek terletak di Kota Sopot, kawasan ini selalu ramai dikunjungi turis dari berbagai negara. Mereka rata-rata sangat takjub dengan arsitektur bangunan yang ada. Bangunan unik tersebut ternyata adalah hasil karya perusahaan arsitektur lokal Polandia bernama Szotynscy & Zaleski. Mereka membangunnya pada tahun 2004 dan terinspirasi dari ilustrasi negeri dongeng yang dibuat oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

3. Dali Theatre Museum – Spanyol

Salvador dali dikenal sebagai salah satu maestro seni dunia yang karya-karyanya bikin orang berdecak kagum. Beberapa dekade sepeninggalnya, banyak dibangun museum yang menampung karya-karya seni sang maestro. Umumnya museum Salvador Dali di berbagai belahan dunia mengusung konsep arsitektur yang tak kalah unik dibanding karya seni buatannya.

Dali Theatre Museum - Spanyol, via instagram
Dali Theatre Museum – Spanyol, via instagram

Salah satu yang bisa dikunjungi traveler adalah dali Theatre Museum di Spanyol. Bangunan ini diresmikan pada tahun 1974 dan dibangun di atas sisa-sisa bekas teater Figueres. Museum ini menyimpan karya Salvador Dali serta perjalanan hidupnya sejak tahun 1904 hingga meninggalnya pada tahun 1989. Bangunannya sangat unik, berbentuk benteng dengan banyak telur di menaranya.

4. Castel Meur – Prancis

Berada di desa kecil, departemen CĂ´tes- d’Armor di wilayah Brittany, Prancis ada sebuah rumah mungil yang dibangun dengan cara yang sangat aneh. Rumah mungil ini dibuat di antara dua batu besar yang membuat rumah ini terkesan terjepit di tengahnya. Ternyata usut punya usut pembangunannya dibuat demikian lantaran sang pemilik berusaha melindungi rumahnya dari terjangan badai yang sering terjadi di daerah tersebut.

Castel Meur - Prancis, via instagram
Castel Meur – Prancis, via instagram

Rumah mungil bernama La Maison du Gouffre atau dikenal pula dengan sebutan Castel Meur ini telah menjadi daya tarik wisata sejak abad ke-19. Rumahnya sendiri dibangun pada tahun 1861 saat belum ada ijin bangunan sehingga siapa saja bebas mendirikan bangunan dimana pun. Pemandangan dari rumah ini pun sangat keren karena langsung menghadap ke laut. Tak heran jika rumah ini banyak dikunjungi turis asing yang penasaran.

5. Kinemax – Prancis

Mau nonton bioskop yang paling keren sedunia? Traveler wajib datang ke Prancis dan berkunjung ke Kinemax. Ini bukan sekedar bioskop biasa namun juga sebuah mahakarya seni arsitektur yang luar biasa megah dan indah. Bangunan luarnya berbentuk seperti kristal raksasa yang menyembul dari dalam bumi bak Planet Kripton asal Superman. Bentuk yang unik dan nyentrik ini melambangkan kecerdasan dan kesempurnaan alam.

Kinemax - Prancis, via instagram
Kinemax – Prancis, via instagram

Beralih ke dalam bangunan, terdapat layar lebar beresolusi tinggi. Layarnya sendiri berukuran dua kali lapangan tenis dengan ruangan yang mampu menampung 440 tempat duduk. Di depan bangunan unik setinggi 35 meter ini juga terhampar danau buatan yang sangat indah dan nampak alami. Traveler yang sedang liburan di Prancis jangan cuma berkutat di kota Paris saja. Datanglah ke kawasan Poitou-Charentes yang terletak di selatan kota Nantes untuk menemukan bangunan nyentrik tersebut.

6. Kunsthaus Graz – Austria

Bangunan seperti dari dunia lain ini bernama Kunsthaus Graz dan terletak di kota Graz, Austria. Pembangunannya diarsiteki oleh dua arsitek berkebangsaan Inggris bernama Peter Cook dan Colin Fournie. Pembangunannya sendiri dilakukan pada tahun 2003 sebagai salah satu bentuk perayaan kebudayaan Eropa. Mungkin belum banyak yang tahu jika bangunan unik dan nyentrik ini sebenarnya adalah sebuah museum.

Kunsthaus Graz - Austria, via instagram
Kunsthaus Graz – Austria, via instagram

Kunsthaus Graz adalah museum seni yang kini banyak dikunjungi traveler. Selain melihat koleksi seni mereka yang datang juga tertarik mengabadikan foto bangunan yang oleh warga setempat dijuluki sebagai “Rumah Alien” tersebut. Bangunan ini menempati lahan seluas lebih dari 11 ribu meter persegi. Bentuknya sendiri sangat menonjol dan kontras dengan bangunan tradisional di sekelilingnya. Yang lebih menarik adalah bahwa Kunsthaus Graz terbuat dari 900 cincin lampu neon yang membuatnya seperti serangkaian piksel yang amat besar.

7. Eden Project – Britania Raya

Kata Eden merujuk pada Surga, seperti itulah gambaran mini yang terlihat di Eden Project. Sebuah proyek ambisius yang mengumpulkan semua jenis tanaman dari seluruh dunia dan ditanam dalam satu kawasan saja di daerah Cornwall, Inggris. Proyek ini sendiri mengambil lokasi di sebuah kawasan reklamasi Kaolinite, terletak 2 kilometer dari kota St Blazey dan 5 kilometer dari kota besar St Austell, Cornwall.

Eden Project - Britania Raya, via instagram
Eden Project – Britania Raya, via instagram

Proyek Eden ini memiliki bangunan berbentuk kubah raksasa yang tersusun dari ratusan atau bahkan ribuan heksagonal dan pentagonal. Materialnya sendiri terbuat dari sel plastik yang diperkuat oleh rangka baja. Komplek ini terbagi menjadi dua bagian, kubah pertama berisi tanaman dengan lingkungan tropis sedangkan kubah lainnya diatur sesuai dengan lingkungan Mediterania. Mulai bulan Maret 2001, kawasan ini telah dibuka untuk umum sehingga traveler bisa berkunjung dan masuk ke dalamnya. Dalam beberapa tahun terakhir tempat ini bahkan sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan konser musik dan pesta pernikahan.

Itulah ketujuh bangunan paling unik dan nyentrik di dunia yang bisa traveler jumpai kala traveling ke Eropa. Sudah memutuskan mau berkunjung ke bangunan yang mana dulu guys?. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Mantap, Rawa Pening Bisa Sekeren Ini Buat Objek Foto!

fiKriminal

Hati-Hati, 9 Negara Ini Tercatat Miliki Tingkat Kriminalitas Tertinggi