in

Tidak Ada Mie Instant, Ini Bekal Naik Gunung yang Praktis, Sehat dan Murah!

Tidak Ada Mie Instant, Ini Bekal Naik Gunung yang Praktis, Sehat dan Murah!

Gula Merah Sebagai Penambah Tenaga

Belakangan ini, naik gunung menjadi sebuah trend di masyarakat muda Indonesia. Teman Traveler sudah berapa menaklukkan gunung? Apa pun itu, segala macam persiapan tidak boleh dilewatkan ya. Apalagi dalam mempersiapkan bekal. Tinggalkan mie instant, berikut ini adalah bekal naik gunung yang praktis, sehat dan murah.

Baca juga : Tips Traveling di Negara Asia Tenggara, Cara Jitu Melancong Seru

1. Gula Merah

Gula Merah Sebagai Penambah Tenaga
Gula Merah Sebagai Penambah Tenaga via Instagram/teacups_meow

Naik gunung memerlukan tenaga yang ekstra. Pilihan bekal murah yang bisa Teman Traveler bawa adalah gula merah. Kandungan glukosa yang dimiliki gula merah mudah dicerna oleh tubuh, sehingga akan dengan cepat mengembalikan energi yang habis. Gula merah juga memiliki manfaat besar untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan saat mendaki.

2. Cereal Bar

Cereal Bar Bekal Praktis Naik Gunung
Cereal Bar Bekal Praktis Naik Gunung via Instagram/donnahennessy

Cereal bar bisa dengan mudah ditemukan Teman Traveler minimarket-minimarket dekat rumah. Harganya tidak terlalu mahal. Bawa cereal bar untuk persediaan saat mendaki. Karena setiap bungkusnya mengandung beberapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga praktis, tinggal sobek bungkusnya, dan makan. Jangan lupa untuk bawa sampahnya turun ke bawah ya.

3. Buah-buahan

Jeruk Juga Bisa Dijadikan Bekal Nanjak
Jeruk Juga Bisa Dijadikan Bekal Nanjak via Instagram/honanunsal

Bekal naik gunung yang praktis, bisa diandalkan sebagai pengganti mie instant adalah buah-buahan. Pilihan buah yang teman bawa bisa bermacam-macam. Boleh bawa apel, jeruk, pir, atau apa pun yang praktis. Buah-buahan mengandung vitamin serta serat yang juga baik untuk tubuh.

4. Ubi, Kentang dan Roti Gandum

Ubi Sumber Serat dan Karbohidrat Selama Pendakian
Ubi Sumber Serat dan Karbohidrat Selama Pendakian via Instagram/candislovescooking

Nah! Membawa perbekalan yang mengandung karbohidrat kompleks saat naik gunung adalah sesuatu yang wajib. Selain karbohidrat, ubi, kentang atau roti gandum juga mengandung serat lebih banyak yang akan membuat Teman Traveler tetap kenyang. Praktis dan murah, yang pasti gak akan kelaparan.

5. Tempe atau Telur Rebus

Telur Rebus Sumber Protein Terbaik untuk Mendaki Gunung
Telur Rebus Sumber Protein Terbaik untuk Mendaki Gunung via Instagram/lovely_beautiful_weird

Tempe goreng atau telur rebus juga bisa Teman Traveler bawa saat akan mendaki gunung. Bawa saja beberapa butir telur lalu simpan dengan baik. Telur rebus atau tempe goreng mengandung protein yang bisa mengganjal perut lapar tanpa harus ribet. Naik gunung pun aman tanpa lapar yang mengganggu.

6. Sayuran Kecuali Kol

Bawa Bekal Sayuran Juga Ya!
Bawa Bekal Sayuran Juga Ya! via Instagram/gardencitylove

Sayur masih masuk dalam kategori bekal naik gunung yang praktis, sehat dan murah. Sebelum berangkat, persiapkan sayuran yang akan dimasak. Iris dan cuci sayur terlebih dahulu untuk meringkas proses memasak. Jangan membawa kol ya. Karena kandungan gas pada kol bisa mengganggu kenyamanan perut Teman Traveler saat pendakian. Gak mau, kan?

Bekal naik gunung yang praktis, sehat dan murah, bisa sekaligus menekan atau mengurangi budget untuk naik gunung yang sudah Teman Traveler perhitungkan. Menyenangkan, kan? Sehatnya dapat, hemat dan yang pasti perut kenyang selama pendakian. Next

ramadan
Rekreasi di Tengah Kota Bandung

Rekreasi Tipis-tipis di Tengah Kota Bandung yang Hits dan Gratis

Kuliner khas suku batak

Mengenal Lebih Dalam Kuliner Khas Suku Batak, Penasaran?