in , , ,

Perbedaan Hotel dan Motel yang Harus Kamu Tahu Sebelum Liburan

Sebelum liburan, kamu perlu tahu perbedaan hotel dan motel agar bisa lebih memudahkan kamu memesan untuk bermalam dan beristirahat.

Perbedaan Hotel dan Motel

Penginapan jadi salah satu hal utama yang harus dipikirkan saat traveling. Selain kenyamanan, harga juga pasti mempengaruhi kamu saat memilih penginapan mana yang akan dijadikan tempat bermalam. Banyak jenis penginapan yang bisa dipilih, seperti hotel, villa, guesthouse, hingga motel. Memiliki nama yang serupa, mungkin kamu bertanya-tanya apa sih perbedaan hotel dan motel?

Baca juga : Wisata Swafoto ala Jepang di Kalinampu Natural Park

Meski hampir sama, tapi dua jenis penginapan ini cukup berbeda lho. Sebelum memesan penginapan untuk liburan, pastikan kamu tahu apa perbedaannya. Sehingga, kamu bisa memilih lebih baik menginap di hotel atau motel.

Perbedaan Hotel dan Motel yang Paling Mencolok

Hotel biasanya punya kamar yang lebih luas dan dihubungkan oleh lorong. Jenis-jenis kamar di hotel juga beragam, seperti standard, superior, deluxe, twins, hingga family room. Dulunya, hotel jadi satu-satunya pilihan untuk menginap dan terletak di kota-kota besar.

Perbedaan Hotel dan Motel
Ilustrasi via Amenitiz

Setelah traveling menggunakan mobil jadi hal umum, muncullah tipe hotel baru. Orang bisa mengakses kamar-kamar hotel langsung dari tempat parkir. Sangat memudahkan untuk orang-orang yang traveling menggunakan mobil. Selain hotel yang kamarnya tak terpisah lorong, ukuran kamar juga lebih kecil dari hotel biasa. Hotel dengan konsep baru ini disebut motor hotel, yang kemudian disingkat menjadi motel.

Perbedaan Fasilitas Hotel dan Motel

Hotel memiliki fasilitas penunjang selain kamar untuk bermalam. Kamu bisa menemukan restoran, kolam renang, gym, tempat spa, hingga hiburan lainnya. Jadi, kamu tidak hanya sekedar menginap, tetapi juga bisa merasakan berbagai fasilitas tanpa harus keluar hotel.

Perbedaan Hotel dan Motel
Ilustrasi via Kayak

Sedangkan motel, biasanya tidak menawarkan fasilitas penunjang seperti di hotel. Motel didesain sebagai tempat untuk tidur saja. Tapi ada pula motel yang menyediakan fasilitas seperti sarapan gratis atau mesin cuci.

Punya Lokasi dan Harga yang Berbeda

Hotel bisa ditemukan di tempat-tempat sekitar destinasi wisata. Ini bertujuan agar wisatawan yang berlibur, bisa menikmati kenyamanan dan fasilitas yang disediakan di tengah-tengah liburan mereka. Sedangkan motel yang memang diperuntukkan memudahkan mereka yang traveling menggunakan mobil, maka biasa ditemukan di pinggir-pinggir jalan.

Tipe kamar hotel
Ilustrasi via IHG

Setelah mengetahui perbedaan hotel dan motel, lalu kapan sih kamu sebaiknya memesan hotel atau motel saat liburan? Jika kamu memang hanya ingin mencari tempat untuk beristirahat saat melakukan perjalanan, maka pilihlah motel. Selain memudahkan kamu untuk mengakses kamar dari tempat parkir, biasanya motel memiliki harga lebih murah.

Tapi jika kamu menginginkan fasilitas penunjang dan kenyamanan lebih, seperti WiFi yang stabil, room service, atau fasilitas lainnya, lebih baik kamu memesan hotel. Bujet yang diperlukan juga lebih besar dibanding memesan motel. Next

ramadan
Sore Izakaya Fatmawati

Sore Izakaya Fatmawati, Menikmati Santapan Khas Jepang di Rooftop dengan View MRT

Singa kabur di Pakistan

Singa Kabur di Pakistan di Jalanan Sibuk Bikin Heboh Warga Selama Beberapa Jam