in ,

Pohon Jambu Mete Terbesar Dunia Ada di Brazil, Lebih Luas dari Lapangan Bola

Cajueiro de Pirangi

Jambu mete, jambu mede, atau jambu monyet, pernah tidak sih kamu melihat secara langsung seperti apa pohonnya? Dirangkum dari berbagai sumber, pohon dari buah ini normalnya bisa memiliki tinggi hingga 14 meter. Tapi pohon dengan panen terbaik biasanya cukup kerdil, yaitu 6 meter saja.

Baca juga : 7 Spot Foto Alami di Mojokerto yang Bikin Kamu Terpana

Namun, pohon mete di Brazil ini memiliki tinggi dan besar yang jauh melebihi dari pohon mete normal. Saking besarnya, pohon ini sampai jadi viral loh. Ingin tahu seperti apa?

Cajueiro de Pirangi, terbesar di dunia

Foto via Globo

Gambar yang kamu lihat di atas ini bukanlah hutan dengan sekumpulan pohon, melainkan SATU pohon mete. Ini adalah Cajueiro de Pirangi atau The Cashew of Pirangi, pohon mete terbesar di Brazil yang juga dinobatkan sebagai pohon mete paling besar di dunia.

Masuk daftar Guinness Book of Records

Foto via Guia Viagens Brasil

Di tahun 1994, pohon ini masuk dalam Guinness Book of Records sebagai pohon mete terbesar yang pernah ada. Pohon ini mencakup area sekitar 7.300 meter persegi (1,8 hektare) dan 8.400 meter persegi (2,1 hektare). Besar sekali ya? Cajueiro de Pirangi memiliki ukuran 70 pohon jambu mete berukuran normal. Wah, pantas saja kalau dari ketinggian ia tampak seperti hutan atau taman kota.

Siapa yang menanam pohon ini?

Foto via Pinterest

Pohon ini dikatakan telah ditanam pada tahun 1888. Tapi berdasarkan karakteristik pertumbuhannya, pohon mete ini diperkirakan berumur lebih dari seribu tahun dan menghasilkan lebih dari 60.000 buah mete setiap tahun. Tapi, belum ada sumber yang menyebutkan siapa yang pertama kali menanam pohon mete ini.

Kabar terbarunya, kini sudah ada saingan dari pohon mete ini dan tetap berlokasi sama di Brazil. Namanya adalah Cajueiro da Praia yang ada di Piauí. Pohon yang ini lebih besar yaitu seluas 8.800 meter persegi (2,2 hektare). Jadi penasaran, kok bisa ya satu pohon mete bisa tumbuh dan lebih luas dari lapangan sepak bola? Next

ramadan

Istana Potala, Bangunan Berlapis Emas Berusia Ratusan Tahun yang Tahan Bencana di Tibet

Sup hingga Mi, 5 Makanan Ini Ditemukan Saat Sudah Berumur Ribuan Tahun