in ,

Wow! Danau di Australia Ini Warnanya Girly Banget

Memang banyak sekali keajaiban yang terjadi di planet tempat kita hidup ini. Bahkan keajaiban tersebut mampu membuat siapa saja yang melihatnya terkagum-kagum. Seperti sebuah danau yang berada di Pulau Middle yang berada di bagian barat Australia ini. Danau yang bernama Lake Hillier tersebut memiliki air dengan warna pink yang pekat dan indah. Kok bisa ya?

Baca juga : Canggih, Lift di Hotel Ini Bisa Memutar Lagu Sesuai dengan Jumlah Orang di Dalamnya

Ditemukan Secara Tak Sengaja

Buih buih ini bukan racun, tapi dari kandungan garam [image source]
Buih buih ini bukan racun, tapi dari kandungan garam [image source]
Danau dengan air berwarna pink ini ditemukan secara kebetulan oleh Matthew Flinders ketika sedang mendaki puncak tertinggi di pulau ini. Kabarnya, nama Hillier Lake ini diambil dari nama salah satu anggota ekspedisinya yang meninggal di pulau ini pada tahun 1803, William Hillier. Kala itu, pulau ini digunakan sebagai homebase bagi para pemburu ikan paus dan anjing laut.

Bahkan dulu tempat ini sempat menjadi tambang garam [image source]
Bahkan dulu tempat ini sempat menjadi tambang garam [image source]

Sumber Warna Pink yang Masih Misterius

Air di sini memiliki kadar garam yang tinggi [image source]
Air di sini memiliki kadar garam yang tinggi [image source]
Warna pink yang keluar dari air ini sampai sekarang masih jadi pertanyaan besar bagi orang-orang yang melihat fenomena air di Danau Hillier ini. Menurut beberapa penelitian, warna pink ini berasal dari senyawa yang dikeluarkan organisme yang bernama Dunnalliela Salina dan Halobacteria. Sedangkan beberapa penelitian lain mengatakan bahwa warna pink ini disebabkan oleh bakteri Haloflik yang memiliki ekosistem di dalam kerak garam.

Warna pink yang ada bukan karena limbah loh [image source]
Warna pink yang ada bukan karena limbah lho [image source]

Tidak Banyak Dihuni Organisme Hidup, Tapi Aman untuk Manusia

Tersembunyi di balik belukar setelah pantai [image source]
Tersembunyi di balik belukar sebelah pantai [image source]
Organisme yang hidup dalam danau ini tergolong tidak terlalu banyak. Hanya terdapat beberapa mikroorganisme yang memberikan warna pink seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya. Walaupun berwarna pink seperti air yang tercemar limbah, air yang ada di danau ini tidak memberikan efek negatif apapun kepada manusia. Selama orang tersebut tidak terlalu banyak menelan air yang ada di Danau Hillier. Karena danau ini mengandung kadar garam yang besar, bahaya juga kan bagi tubuh apabila terlalu banyak menelan garam. Tapi tetap aman kok kalau hanya untuk berenang.

Nggak cuma danau pink aja, pantainya juga bagus banget [image source]
Tidak hanya danau pink aja, pantainya juga bagus banget [image source]

Butuh Perjuangan untuk Sampai di Danau Pink

Jangan kuatir, air pink ini nggak bercaun kok [image source]
Jangan khawatir, air pink ini tidak bercaun [image source]
Dengan segala keindahan yang dimiliki Danau Hillier, termasuk hutan yang mengelilinginya juga garis pantai yang mengitarai Pulau Middle, akses untuk menuju kesini tergolong masih belum terlalu banyak. Untuk dapat sampai di pulau Middle kamu hanya bisa menggunakan dua pilihan transportasi, yaitu hanya menggunakan kapal. Itupun tidak selalu ada kapal yang setiap saat tersedia untuk menyebrang ke Pulau Middle ini.

Dikelilingi oleh alam liar [image source]
Dikelilingi oleh alam liar [image source]
Ajaib ya air yang ada di Danau Hillier ini? Tapi jangan samakan dengan air berwarna pink yang ada di kota-kota besar ya. Kalau itu sih karena tercemar limbah. Next

ramadan

Enggak Cuma Taman Sari, Tempat Wisata di Jogja Ini Juga Instagenic

10 Restoran dengan Menu Ringan untuk Makan Malam di Bali