in ,

Uniknya City Cliffs di Timur Tengah, Desa Cantik yang Dibangun di Atas Tebing

Desa Ini Dibangun di Atas Tebing, Timur Tengah Memang Punya Banyak City Cliff

Desa Timur Tengah di Atas Tebing
Desa Timur Tengah di Atas Tebing

Desa yang dikenal sebagai city cliff di Timur Tengah ini punya lokasi menarik, yaitu di atas tebing. Selain letak, desainnya pun cantik, tradisional dan terlihat unik. Bahkan ada bangunan rumahnya yang dibangun dari bebatuan. Teman Traveler mau tahu seperti apa rupanya? Yuk, dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Dari Unik Hingga Bersejarah, Inilah Deretan Museum Keren yang ada di Jogjakarta

Al-Hajarah, Yaman

Al-Hajarah via Instagram @terrax
Al-Hajarah via Instagram @terrax

Nama Desa Al-Hajarah di Yaman ini diambil dari kata Bahasa Arab “hajjar” yang berarti batu. Desa ini memang dibangun di atas tebing di Pegunungan Haraz, Timur Tengah. Bahkan rumah-rumahnya pun terbuat dari bebatuan. Keunikan lain desa ini adalah bangunannya berbentuk seperti apartment, namun dengan sentuhan klasik. Serta satu sama lain letaknya begitu berdekatan.

Haraz, Yaman

Haraz via Instagram @yemencultures
Haraz via Instagram @yemencultures

Desa di Timur Tengah yang dibangun di atas tebing selanjutnya masih di Yaman, tepatnya Desa Haraz. Berada di pegunungan dengan ketinggian mencapai 3.200 meter di atas permukaan laut. Kalau sedang ada kabut, rumah-rumah di desa ini terlihat seperti menggantung di langit.

Selain letaknya, desa ini pun terlihat seperti benteng. Sebab tempat ini dulunya merupakan basecamp pertahanan Dinasti Sulayhid pada abad ke-11. Bahkan bangunan peninggalan masa itu masih ada yang bertahan sampai sekarang.

Jezzine, Lebanon

Jezzine via Instagram @rami_rizk89
Jezzine via Instagram @rami_rizk89

Jezzine merupakan desa yang dibangun di atas tebing di Timur Tengah, tepatnya Lebanon. Kawasan ini menghadap ke tebing dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Selain itu juga dikelilingi oleh puncak gunung dan hutan pinus.

Berkat panorama indahnya, Jezzine menjadi destinasi wisata di Lebanon selatan. Terdapat summer resort, Istana Municipal khas Ottoman, dan kerajinan pisau belati yang telah diukir.

Masuleh, Iran

Masuleh via Instagram @saeidfh
Masuleh via Instagram @saeidfh

Desa Masuleh ini terletak di lereng pegunungan Alborz, dengan ketinggian kurang lebih seribu meter di atas permukaan laut. Kawasan ini sering diselimuti kabut, sehingga terlihat seolah berada di atas langit. Keistimewaan lain selain lokasinya, rumah-rumah di Desa Masuleh terbuat dari tanah, batu, dan kayu.

Atapnya terhubung dengan rumah lain, sehingga membentuk jalanan desa. Bahkan bangunan di sini mempunyai struktur yang anti-gempa dan kuat.

Wadi Dawan, Yaman

Wadi Dawan via Instagram @wndrlustr
Wadi Dawan via Instagram @wndrlustr

Wadi Dawan merupakan desa di Timur Tengah yang dibangun di atas tebing. Kalau dilihat dari jauh, seolah desa ini berada ‘sendirian’ di kawasan tersebut.

Desa ini pun mempunyai beberapa situs bersejarah seperti makam seorang tokoh Hasan ibn Hasan yang telah ada sejak abad ke-15. Wadi Dawan sendiri memang termasuk desa yang terkenal dengan arsitektur bangunan heritagenya.

Desa-desa yang terletak di atas tebing tersebut memang punya panorama elok. Kalau punya kesempatan, Teman Traveler mau mampir ke sini? Next

ramadan
Roti Tan Ek Tjoan

Tan Ek Tjoan, Roti Legendaris dari Bogor yang Umurnya Nyaris 100 Tahun

Cantiknya Destinasi Wisata Bernuansa Venesia di Asia, Dua di Antaranya Ada di Indonesia!