in ,

Heboh Waduk Kering di Irak, Muncul Istana Misterius dari Zaman Perunggu

Proyek ekskavasi dari sebuah istana misterius kuno berusia 3400 tahun yang baru-baru ini ditemukan di Irak.

Berencana ke Irak di masa liburan ini? Teman Traveler mungkin bisa singgah ke Danau Mosul dan melihat proyek ekskavasi dari sebuah istana misterius kuno yang baru-baru ini ditemukan di Irak. Istana ini diperkirakan memiliki usia 3400 tahun dan selama ini terendam di dasar waduk. Penasaran seperti apa wujud istana ini? Yuk, ikuti beritanya berikut ini.

Baca juga : Giethoorn, Kota di Belanda yang menjadikan Perahu sebagai Alat Transportasi Utama

Waduk Mosul Mengering

Waduk Mosul saat penuh via instagram/kevpeachey

Sebuah istana kuno ditemukan di dasar waduk Mosul, tepian sungai Tigris, yang mengering di Irak. Waduk ini mengering pada musim gugur tahun lalu hingga sekarang. 

Istana misterius yang ditemukan ini diperkirakan berasal dari sebuah kota yang ada di zaman perunggu bernama Zakikhu. Istana ini dibangun menghadap ke Lembah Tigris yang indah. Dindingnya memiliki tinggi tujuh meter serta tebal dua meter. Di dalam istana tersebut banyak ditemukan kamar-kamar, dan ada ruangan yang dulunya dihiasi mural.

Dugaan Sementara Istana Kekaisaran Mittani

Istana misterius di Mosul via instagram/islamru_en

Situs yang dinamai Kemune ini diperkirakan ada sejak era kerajaan Mittani. Kekaisaran Mittani ini merupakan era kekaisaran yang hingga hari ini masih belum banyak diteliti dan dikenal. Kerajaan yang muncul di abad 15 hingga abad 14 sebelum masehi (SM) ini dulunya menguasai sebagian Suriah dan Mesopotamia utara. Kerajaan ini dikenal memiliki hubungan baik dengan kerajaan Mesir.

Arkeolog menjelaskan jika penemuan istana kuno berusia 3.400 tahun ini adalah penemuan paling penting dalam beberapa dekade terakhir di Irak, terutama terkait kerajaan Mittani.

Ciri Khas Budaya Mittani

Tablet batu Mittani via instagram/palaeolexicon

Tim arkeolog dari beberapa negara menggali delapan ruangan di istana tersebut, Teman Traveler. Sebagian dibangun dengan bata. Mural atau lukisan di dinding istana menunjukkan penggunaan cat berwarna merah dan biru. 

Nah, keberadaan mural tersebut kemungkinan merupakan ciri khas istana kuno di kawasan lembah Tigris. Kebudayaan Mittani juga dikenal karena karya keramik khasnya yang menggunakan warna-warna cerah. Bahkan, armada kapalnya ditandai dengan lukisan cahaya yang warnanya mencolok.

Keruntuhan Kekaisaran Mittani

Reruntuhan Kerajaan Mittani via instagram/firsthistory

Kekaisaran Mittani mulai kehilangan pengaruh politiknya sekitar 1350 SM. Sebagian besar wilayahnya kemudian di bawah kendali kerajaan tetangganya, yaitu orang-orang Hitti dan Asyuriah. Ketika kerajaan Mittani runtuh, penguasa Assyrian yang menguasainya, Adad-nirari, kabarnya menghancurkan Taidu, ibu kota Mittani.

Jangan lupa singgah ke Mosul apabila bertandang ke Irak ya, Teman Traveler. Ada banyak sekali keindahan yang bisa kalian nikmati di sini, termasuk pemandangan langka bangunan istana misterius yang baru saja ditemukan. Selamat liburan! Next

ramadan
Menu di Keller Eatery & Bakery

Keller Eatery & Bakery Bali, Puas Main Perut Kenyang

Delicious Traditional Dishes from Betawi