in ,

Ternyata, Ada Dua Taj Mahal di India Lho!

Perbandingan Taj Mahal dengan Bibi Ka Maqbara (c) amusingplanet

Apakah Anda tahu jika selama ini India tidak hanya memiliki satu Taj Mahal saja melainkan ada dua? Nah, kalian penasaran kan jika di negara itu sebenarnya punya kembaran Taj Mahal yang belum banyak diketahui orang termasuk mungkin para traveler sekalipun.

Baca juga : Takjubnya Keindahan Alam Australia Barat Dari Ketinggian Diatas Glamping

Memang ada subuah monumen yang identik dengan Taj Mahal. Monumen ini berdiri tegak di Aurangabad, Maharashtra. Jika dilihat bangunan ini memang sangat mirip dengan Taj Mahal yang ada di Agra, mulai dari bentuk, arsitektur dan taman-taman yang menghiasinya pun dibuat serupa dengan Taj buatan Kaisar Shah Jahan. Yang jadi pertanyaan, siapa yang membangun ini? dan untuk apa membangun replika Taj Mahal? Berikut ulasannya.

1. Kembaran Taj Mahal Ini Bernama Bibi Ka Maqbara

Namanya kembaran pasti memiliki bentuk yang sama, namun tidak hanya sampai di situ. Si kembaran Taj Mahal yang bernama Bibi Ka Maqbara ini juga memiliki fungsi yang sama lho, yaitu sebagai makam. Bibi Ka Maqbara sendiri berarti “Makam Seorang Permaisuri”.

Bibi Ka Maqbara, Kembaran Taj Mahal (c) amusingplanet
Bibi Ka Maqbara, Kembaran Taj Mahal (c) amusingplanet

Ide dibalik pembangunan monumen ini adalah seorang keturunan Kaisar Shah Jahan. Ia bernama Pangeran Azam Shah yang juga putra keenam Kaisar Mughal, Aurangzeb yang berkuasa antara tahun 1651 hingga 1661 masehi. Monumen ini dibangun sebagai penghormatan atas meninggalnya sang ibu bernama Dilras Banu Begum.

2. Bibi Ka Maqbara Dibangun Untuk Menyaingi Taj Mahal

Bibi Ka Maqbara dibangun karena terinspirasi dari arsitektur Taj Mahal yang tersohor dari Agra, yang tidak lain adalah hasil karya kakeknya Pangeran Azam Shah, yaitu Kaisar Mughal Shah Jahan yang bertujuan untuk mengenang isterinya, Mumtaz Mahal yang meninggal dalam proses persalinan.

Perbandingan Taj Mahal dengan Bibi Ka Maqbara (c) amusingplanet
Perbandingan Taj Mahal dengan Bibi Ka Maqbara (c) amusingplanet

Awalnya Azam Shah membangun monumen ini dengan maksud untuk menyaingi Taj Mahal. Namun ia tidak memiliki sumberdaya yang memadai seperti kakeknya, meskipun ia telah mempekerjakan orang-orang yang terampil namun hasilnya tetap tak sebanding dengan kemegahan Taj.

Meski begitu Bibi Ka Maqbara tetap menjadi keajaiban arsitektur yang rumit khas arsitektur Mughal. Karena kemiripannya yang kuat pulalah monumen ini disebut “Taj Deccan”

3. Biaya Pembangunan Bibi Ka Maqbara Lebih Murah

Terlihat sepintas jika Bibi Ka Maqbara adalah sebuah karya yang indah namu tetap kalah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini bisa dilihat dari meterial penyusun bangunannya, monumen di Agra terbuat terbuat dari marmer putih di seluruh bagian bangunannya namun tidak dengan musoleum yang satu ini.

Hanya Kubah Bibi Ka Maqbara saja yang sepenuhnya dari marmer (c) amusingplanet
Hanya Kubah Bibi Ka Maqbara saja yang sepenuhnya dari marmer (c) amusingplanet

Marmer hanya membungkus sebagian bangunan saja selebihnya hanya disusun atas batu bata biasa yang dilapisi gips putih dan dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan finishing seperti marmer. Hanya kubahnya saja yang dibuat seluruhnya dari marmer. Dengan material yang berbeda tentu berpengaruh terhadap hasil, lihat saja dinding Bibi Ka Maqbara lebih kusam dibanding Taj.

Biaya pembangunan monumen ini hanya 700.000 rupee saja bandingkan dengan Taj Mahal yang menghabiskan biaya 32 juta rupee. Itulah alasannya kenapa Bibi Ka Maqbara sering disebut sebagai “Taj Mahalnya orang miskin”.

4. Pembangunan Bibi Ka Maqbara Tidak Mendapat Restu Dari Sang Ayah, Aurangzeb

Status kecilnya Bibi Ka Maqbara adalah konsekuensi dari kurangnya minat sang ayah, Aurangzeb terhadap arsitektur yang akan dibuat anaknya, Pangeran Alam Shah. Awalnya ia malah tidak mendukung pembangunan monumen ini jika tujuannya untuk menyaingi kemewahan Taj Mahal.

Bibi Ka Maqbara adalah musoleum yang dipersembahkan untuk ibu Pangeran Alam Shah (c) amusingplanet
Bibi Ka Maqbara adalah musoleum yang dipersembahkan untuk ibu Pangeran Azam Shah (c) amusingplanet

Untuk mencegah anaknya membangun monumen mewah maka ia menghalangi pengiriman marmer dari Rajasthan dan dari daerah lain masuk ke wilayah kerajaannya. Namun karena tekad yang kuat dari sang anak untuk membangun monumen yang akan dipersembahkan pada ibunya maka akhirnya ia berhasil membujuk ayahnya untuk mengalah.

5. Legenda Bibi Ka Maqbara Yang Pernah Membuat Raja Hyderabad Kesengsem

Ada legenda yang sangat tidak lazim, dimana biasanya raja-raja menginginkan sebuah bangunan yang istimewa namun ia tidak melirik Taj Mahal melainkan tergoda dengan keindahan kembarannya ini. Pada tahun 1803, Nizam Sikander Jahan seorang penguasa Hyderabad terpikat oleh Maqbara.

Bibi Ka Maqbara pernah akan dipindah ke Hyderabad (c) amusingplanet
Bibi Ka Maqbara pernah akan dipindah ke Hyderabad (c) amusingplanet

Ia memerintahkan untuk memindahkan Maqbara ke ibukotanya di Hyderabad. Dia bahkan sudah memerintahkan untuk melakukan pembongkaran struktur bangunan. Namun entah mengapa ia mendapat firasat akan ada bencana yang menimpanya sehingga ia menghentikan pekerjaan itu. Hingga akhirnya sebagai penebusan dosa ia menggantinya dengan membangun masjid di sebelah barat monumen ini.

Itulah sepenggal kisah kembaran Taj Mahal yang ada di India. Jika traveler jalan-jalan ke Taj Mahal ada baiknya juga untuk mengunjungi saudara kembarnya ini. Dan nilailah seberapa mirip keduanya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Asyik Mulai Besok Traveling ke Jepang Bebas Visa

Jalan Raya Terpanjang di Dunia Ada di Australia!