in ,

Menegangkan, Ratusan Ton Lava PANAS Tumpah di Hadapan Wisatawan

aliran lava kamokuna

Pernahkah kamu membayangkan jika tiba-tiba di hadapanmu terjadi suatu hal yang tak terduga? Berbahaya, menyeramkan, tapi menakjubkan dan juga indah di saat yang bersamaan. Pada akhir tahun lalu, beberapa orang yang sedang berwisata ke Hawaii secara tidak sengaja menyaksikan fenomena alam yang luar biasa dan tak terbayangkan sebelumnya.

Baca juga : Jembatan Sumatera Barat, 4 Spot Foto Instagenic Terkeren

Fenomena itu adalah kejadian saat cairan panas dari dalam perut bumi, atau yang biasa kita sebut lava, mengalir ke laut Kamokuna yang berada di Hawaii. Mau tau seperti apa kejadiannya? Yuk kita simak bersama!

Akibat Letusan Gunung Berapi

Salah satu sisi tebing yang dilalui lava [image source]

Pada tanggal 31 Desember 2016 lalu, sebuah gunung berapi di Hawaii meletus dan menyemburkan lava panas yang kemudian mengalir ke laut Kamokuna. Kejadian ini tak lantas menyurutkan semangat para wisatawan yang sedang berlibur, mereka malah merasa tertantang untuk menyaksikan momen yang amat langka tersebut dari jarak dekat.

Ratusan Ton Lava Menghancurkan Batu

[image source]

Detik-detik menegangkan sekaligus menakjubkan ketika ratusan ton lava yang keluar dari gunung berapi kemudian mengalir ke laut. Aliran itu kemudian menghantam batu hitam yang meleleh dalam sekejap. Sontak hal ini mengejutkan wisatawan yang sedang berada di atas sebuah kapal dan hanya berjarak beberapa meter saja dari aliran tersebut.

Membuat Wisatawan Terpana

Bukannya ketakutan, beberrapa turis yang berada di dekat aliran lava malah asik mengabadikan momen tersebut [image source]

Beberapa turis yang sedang berada di lokasi itu berhasil mengabadikan kejadian saat aliran berwarna merah dengan suhu mencapai 1000 derajat celsius tiba-tiba meluncur deras melalui bebatuan di tepi laut dan tampak seperti sebuah pipa. Erupsi tersebut menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan karena lava yang mengalir tampak menyala-nyala layaknya api berbentuk cair.

Aliran lava yang deras tampak begitu indah [image source]

Awalnya, seluruh penumpang yang berada di atas perahu terdiam menyaksikan fenomena alam yang terjadi tepat di hadapan mereka. Siapapun yang ada di sana pasti dapat mendengarkan suara gemuruh yang amat besar ketika lava menghantam air laut. Tapi sesaat kemudian, para wisatawan bersorak karena mereka senang bisa merasakan pengalaman langka yang mungkin hanya dapat terjadi sekali dalam seumur hidup.

Pemandangan menakjubkan saat lava mengalir ke laut [image source]

Kapten Shane Turpin yang merupakan operator dalam tur tersebut mengatakan bahwa kejadian ini benar-benar sebuah pemandangan yang jarang ditemukan sehingga para penumpang terpesona dibuatnya. Dari jarak sekian meter mereka bisa merasakan hawa panas dari aliran lava yang bukannya menakutkan tapi malah menimbulkan sensasi hangat yang berbeda dari biasanya.

Kejadian ini tertangkap tepatnya pada tanggal 10 Januari 2017, sepuluh hari setelah letusan tersebut. Delta yang dialiri lava yang juga dikenal dengan gerbang masuk laut Kamokuna merupakan formasi batu seluas 26 are di dalam kawasan Taman Nasional Volcano Hawaii. Lokasi ini adalah salah satu spot wisata volcano terpopuler di dunia yang terbentuk dari lava dingin.

Fitur Vulkanik yang Berbahaya

Daratan yang terbentuk dari lava yang mendingin [image source]

Tapi sayangnya, aktivitas vulkanik yang cukup besar yang terjadi pada tanggal 31 Desember lalu ini telah menghancurkan sebagian besar bagian dari delta yang juga biasa digunakan ratusan turis sebagai tempat melihat pemandangan. Padahal seorang juru bicara di bagian pelayanan Hawaii Volcanoes National Park menjelaskan bahwa sebenarnya delta lava adalah fitur vulkanik yang sangat berbahaya dan tidak stabil yang terbentuk ketika lava memasuki lautan.

Lava yang meluncur di atas delta [image source]

Selain mengancam keselamatan akibat bentuknya yang tidak stabil, lava yang masuk ke laut menghasilkan kepulan korosif tinggi yang berasal dari asam klorida dan partikel vulkanik lainnya dan hal ini dapat mengiritasi paru-paru, kulit, serta mata. Itulah sebabnya mengapa pengunjung sangat dianjurkan untuk tidak berada terlalu dekat dengan area tertutup dan mematuhi seluruh peraturan yang ada demi keselamatan diri mereka sendiri.

Menakjubkan sekali bukan, pemandangan lava yang mengalir menuju ke laut? Kalau punya kesempatan datang kesana, apa kamu berani mencoba wisata ekstim yang satu ini? Next

ramadan

Written by Atikah W

I love Traveling

Selalu Hati-Hati Saat Liburan, 5 Traveler Ini Hilang di Tengah Perjalanan

Mandalika, Primadona Dari Lombok yang Sekelas Pulau Dewata