in

Tips Bisa Liburan TIGA KALI dalam Setahun

Kamu yang suka traveling, pastinya sadar kan kalau kegiatan ini membutuhkan dana yang nggak sedikit? Sebelum traveling ke tempat yang ingin kamu kunjungi, kamu harus menyiapkan dana untuk tiket, penginapan, makan, dan juga kadang oleh-oleh. Belum lagi kalau nanti di tempat yang kamu tuju ada pengeluaran tak terduga. Wah, nambah deh biayanya.

Baca juga : 5 Situs Warisan Dunia UNESCO Paling Menakjubkan

Buat kamu yang punya gaji pas-pasan, traveling menjadi sebuah kegiatan yang mewah. Bisa traveling sekali setahun saja sudah membuat kamu bersyukur. Itu saja biasanya diikuti dengan susah payah mengumpulkan uang. Namun, dengan sedikit trik dari kami ini, kamu bisa saja lho sampai tiga kali traveling dalam setahun. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini!

1. Menabung Mata Uang Asing

Mata Uang Dollar [image source]
Mata Uang Dollar [image source]

Kalau biasanya kamu menabung rupiah untuk traveling, coba deh kamu mulai menabung mata uang asing, dolar misalnya. Mata uang asing tentunya memiliki nilai yang suatu saat bisa menjadi lebih besar dari mata uang kita. Nah, kelebuhan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menabung demi terwujudnya traveling impian. Nggak perlu banyak-banyak kok, tukarkan saja sedikit demi sedikit uang yang kamu tabung untuk traveling dengan dolar. Ketika suatu saat nilai mata uang asing tinggi, kamu bisa mulai menukarkannya. Siapa tahu dana yang terkumpul bisa untuk traveling 3 kali dalam setahun.

2. Menabung dari Gaji Sebulan Saja Nggak Cukup! Cari Tambahan dengan Kerja Sampingan

Ilustrasi kerja sampingan [image source]
Ilustrasi kerja sampingan [image source]

Untuk menambah pundi-pundi travelingmu, selain dari gaji bulanan, kamu juga bisa mencari tambahan lewat kerja sampingan. Caranya gampang banget! Saat ini banyak kok situs-situs yang menyediakan kerja sampingan atau freelance dengan upah yang lumayan tinggi. Mulailah rajin-rajin membuka situs tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu dan nggak mengganggu pekerjaan utamamu. Dengan cara ini, tabungan travelingmu bisa bertambah dengan cepat. Traveling tiga kali setahun nggak lagi cuma jadi mimpi.

3. Kurangi Pengeluaran yang Nggak Penting

Menonton film [image source]
Menonton film [image source]

Melepas penat kecil-kecilan seperti hang out rame-rame atau pergi ke bioskop nggak ada salahnya. Namun, kalau kamu ingin bisa traveling lebih dari sekali dalam setahun lebih baik mulai deh kurangi kegiatan itu. Secara nggak sadar nongkrong di cafe-cafe dan pergi ke bioskop memakan banyak anggaranmu lho. Mulai sekarang, kurangin deh. Bukan berarti kamu jadi sombong dan menolak setiap ajakan nongrong teman-temanmu. Sesekali nongkrong nggak jadi masalah. Misalkan biasanya kamu nongrong sebulan tiga kali, demi bisa traveling tiga kali setahun, jadikan acara ketemu teman-temanmu di cafe sekali dalam sebulan. Kemudian, daripada pergi ke bioskop, ngopi saja film dari warnet atau nonton secara streaming. Uang untuk kegiatan tersebut salurkan pada tabungan traveling.

4. Buka Garage Sale Atau Jualan Secara Online

Garage Sale [image source]
Garage Sale [image source]

Merebaknya situs E-Commerce saat ini bisa juga kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi travelingmu. Bongkar kamar dan lemarimu, pasti kamu menemukan barang bagus yang sudah nggak bakalan dipakai lagi. Nah, barang-barang tersebut bisa kamu jual secara online lewat situs-situs jualan online atau garage sale di rumah kamu. Sebagai awal, tawarkan dulu daganganmu pada orang-orang terdekat. Biasanya dengan langkah ini barang dagangan kamu bisa cepat terjual. Sembari menawarkan ke teman atau saudara, pasang iklan juga secara online.

5. Nggak Ada Salahnya Ikutan Arisan

Arisan [image source]
Arisan [image source]

Arisan identik dengan kegiatan rempong-rempong. Jika kamu nggak pengin terjebak di acara rempong-rempong ini, kamu bisa titip pada ibu atau saudara perempuanmu. Saat ini juga ada kok arisan yang dilakukan secara online. Kamu bisa mengikutinya, dengan catatan pilihlah grup arisan yang terpercaya dan pengikut yang banyak. Semakin banyak jumlah orangnya, semakin banyak pula yang akan kamu dapat. Ikut arisan juga bisa menjadi salah satu cara agar dana travelingmu terkumpul dalam jumlah yang besar.

Trik di atas tentunya akan berlaku jika kamu melakukannya dengan sepenuh hati. Seperti kata pepatah, ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Kuncinya adalah konsisten, dengan begitu traveling tiga kali seminggu nggak mustahil kamu lakukan. Sudah siap? Next

ramadan

Yuk Kulineran Gorontalo, Cita Rasa Khas Bumi Maleo

Refreshing Sekaligus Memperkaya Pengalaman Batin di 3 Lokasi Wisata Bekas Bencana