in ,

Penggemar Harry Potter? Wajib Mampir ke Livraria Lello, Toko Buku di Portugal yang Mirip Hogwarts

Kamu Harus Mampir ke Toko Buku Ini Saat Liburan di Portugal, Jangan-jangan Ketemu Harry Potter

Livraria Lello Portugal, Toko Buku Serasa di Hogwarts
Livraria Lello Portugal, Toko Buku Serasa di Hogwarts

Harry Potter merupakan novel karya J.K. Rowling yang telah difilmkan dan sukses menggebrak dunia dengan dunia sihirnya. Berkat keunikannya, karya menakjubkan ini menjadi inspirasi bagi banyak destinasi wisata. Misalnya saja kafe, hotel suasana asrama Gryffindor, sampai The Wizarding World Holiday di Bandara Changi. Satu lagi, ada Livraria Lello Portugal yang konon merupakan inspirasi bagi J.K. Rowling untuk toko buku di novelnya. Seperti apa sih?

Baca juga : Surganya Penghobi Selfie, Teras Cikapundung yang Hits di Bandung

Sudah Berumur 1 Abad

Sudah Berumur 1 Abad via Instagram @viagensdesaltosaltos
Sudah Berumur 1 Abad via Instagram @viagensdesaltosaltos

Livraria Lello di Portugal yang bagian dalamnya mirip dengan perpustakaan di sekolah sihir Harry Potter ini resmi dibuka tahun 1906. Pendiri toko buku ini adalah 2 bersaudara, José and António Lello. Awalnya José Lello hanyalah berjualan buku.

Hingga akhirnya mendirikan sendiri toko buku sekaligus penerbitan bersama António Lello, bertajuk José Pinto de Sousa Lello & Irmão. Toko buku ini semakin populer dan menjadi landmark kebudayaan di Kota Porto, Portugal.

Dipenuhi Pengunjung Tiap Hari

Dipenuhi Pengunjung Tiap Hari via Instagram @taste_and_travel
Dipenuhi Pengunjung Tiap Hari via Instagram @taste_and_travel

Livraria Lello tidak pernah sepi pengunjung berkat bangunan indahnya. Ada ribuan koleksi buku bermacam bahasa, di antaranya Jepang, Inggris, dan Prancis. Buka mulai jam 10 pagi, Teman Traveler sebaiknya datang 1 jam sebelumnya. Terlambat sedikit saja, antriannya sudah panjang. Tak hanya pembeli, banyak juga pengunjung yang datang untuk berfoto.

Ribuan Koleksi Buku via Intagram @aleksandraontour
Ribuan Koleksi Buku via Intagram @aleksandraontour

Karena selalu ramai, kini untuk masuk ke toko ini dikenakan tiket sekitar Rp80 ribuan per orang yang dapat dibeli langsung di depan toko. Livraria Lello pun sering dijadikan lokasi untuk beragam kegiatan literasi sampai budaya.

Berkonsep Neo-Gotik

Berkonsep Neo-Gotik via Instagram @explorerssaurus_
Berkonsep Neo-Gotik via Instagram @explorerssaurus_

Livraria Lello berlokasi di Porto, sebuah kota pesisir tua di sebelah barat laut Portugal. Kota ini pun menjadi pusat sejarah abad pertengahan. Sehingga tidak heran jika toko buku yang telah berusia sekitar 1 abad ini mempunyai gaya arsitektur kuno, tepatnya neo-gotik.

Mempunyai detail langit-langit kaca, ukiran kayu, tangga klasik, jalur seperti rel untuk memindahkan buku, sampai ruangan khusus penyimpanan koleksi buku tua dan langka. Sangat cantik, bukan?

Detail Mengagumkan via Instagram @vitoralmeida
Detail Mengagumkan via Instagram @vitoralmeida

Konon Merupakan Inspirasi dari Perpustakaan di Film Harry Potter

Berasa Seperti di Higwarts via Instagram @explorerssaurus_
Berasa Seperti di Higwarts via Instagram @explorerssaurus_

Livraria Lello yang berlokasi dekat dengan University of Porto, tepatnya area Rua das Carmelitas ini konon merupakan inspirasi dari lokasi film Harry Potter. Teman Traveler perlu tahu, J.K. Rowling pernah tinggal dan mengajar Bahasa Inggris di Porto semenjak tahun 1991 sampai 1993. Rowling pun menjadi salah satu pengunjung setia Livraria Lello saat itu.

Harry Potter Room via Instagram @livraria.lello
Harry Potter Room via Instagram @livraria.lello

Kalau dilihat-lihat, Livraria Lello yang bergaya arsitektur neo-gotik ini mirip dengan style bangunan Hogwarts dan juga salah satu toko buku di dunia sihir. Toko buku ini pun mempunyai sebuah ruang namanya Harry Potter Room. Berisi buku-buku dan barang lain berhubungan dengan karakter fiktif ini.

Siapa nih Potterhead yang langsung merencanakan liburan ke Portugal demi mampir ke Livraria Lello? Jangan lupa mampir ke Harry Potter Room dan beli beberapa buku ya. Bagaimana tertarik? Next

ramadan
Beauty Crown Hotel, Bentuknya Unik Seperti Pohon Lego

Beauty Crown Hotel Tiongkok, Bentuknya Unik Mirip Pohon Lego

Barelang Bridge in the moment (c) Shutterstock

Batam, a Low-key Great Port of Indonesia