in

Longboarding, Alternatif Seru Penuh Tantangan untuk Libur Akhir Pekan

Longboarding [image source]

Akhir pekan adalah waktu-waktu genting di mana kita pasti punya keinginan untuk melakukan banyak hal. Apalagi jika kamu libur dari rutinitasmu seperti bekerja atau kuliah. Bawaannya ingin istirahat, merilekskan tubuh dan menyegarkan pikiran. Tapi berdiam diri saja di rumah juga bisa sangat membosankan lho. Lebih baik kamu bergerak dan melakukan hobimu atau sekadar nongkrong bareng teman. Beraktivitas akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Jadi, tubuhmu bisa lebih kuat dan tahan dari penyakit. Salah satu hobi yang saat ini lagi banyak digandrungi adalah longboarding.

Baca juga : 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Selama Traveling

Dari istilahnya saja kamu mungkin sudah bisa mengartikannya sebagai papan panjang. Merujuk pada alat yang digunakan yang mirip dengan skateboard tapi lebih panjang. Keseruan sudah pasti akan kamu dapatkan, sekarang sudah banyak kok komunitas-komunitas pencinta longboarding di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, hingga Surabaya. Nggak heran jika permainan di atas aspal tersebut semakin banyak peminatnya, karena selain menarik juga menantang.

1. Sekilas Tentang Longboarding

Longboarding itu ibarat kamu seolah-oleh sedang membelah angin, meluncur dengan cepatnya menelusuri jalanan. Meski begitu, longboarding tidak bisa begitu saja dilakukan. Butuh teknik dan keahlian agar kamu bisa bermanuver mengarahkan longboardmu mengikuti arah jalan.  Medan yang dipilih untuk bermain longboard adalah jalan yang menurun. Jadi kamu melaju dari arah atas menuju ke bawah. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu banyak menggunakan tenaga untuk menambah kecepatan.

Longboarding [image source]
Longboarding [image source]
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena papan yang digunakan memiliki ukuran yang lebih panjang dari skateboard maka longboard lebih mudah untuk dikendalikan. Selain panjang, area pijakan kaki lebih luas. Orang bisa berdiri lebih stabil di atasnya. Waktu melajunya juga lebih lama daripada skateboard. Saat ada belokan, longboard bisa dengan mudah diarahlan, cocok banget untuk cruising, dan commuting di jalanan.

2. Seperti Berselancar di Atas Aspal

Sekilas longboard mirip dengan papan selancar hanya saja ukurannya lebih kecil lagi selain itu tidak dipakai di laut tapi di jalanan. Hal itu memberikan banyak keuntungan yang nggak akan kamu dapatkan dari selancar di lautan. Jalanan yang beraspal sebagai arena longboard ada di mana-mana. Selain itu, selancar tergantung pada cuaca dan kondisi ombak. Jika cuacanya buruk dan ombak tidak ramah, maka kamu harus mengurungkan niat untuk berselancar.

Longboarding [image source]
Longboarding [image source]
Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba longboarding ini, cukup cari jalanan yang menurun kamu sudah bisa melancarkan berbagai trik longboarding agar bisa melaju dengan begitu anggunnya, pokoknya keren deh. Jangan dikira kamu nggak bisa melakukan trik seperti saat bermain skateboard ya, karena ternyata longboarding juga bisa makin keren dengan berbagi trik seperti downhill racing, slalom racing, sliding, dancing, dan lain sebagainya.

3. Berburu Pemandangan Bagus

Longboarding masih baru di Indonesia, meski begitu namanya cukup menggema dan dalam waktu singkat sudah digemari oleh banyak orang. Di beberapa kota ada area tersendiri yang ideal untuk bermain longboard. Misalnya saja Bandung yang alamnya keren dengan banyak jalur berkelok-kelok. Jika tidak ada arena tersendiri, biasanya para pencinta Longboarding menggunakan jalanan di kota.

Longboarding [image source]
Longboarding [image source]
Agar lebih aman, maka waktu yang dipilih adalah saat malam hari. Pada saat itu, jalanan sepi jadi papan panjang bisa leluasa kamu luncurkan. Gunakan saja jalanan yang menurun seperti fly over. Namun, kamu tetap harus hati-hati karena meski malam hari, jalanan adalah tempat yang cukup berbahaya. Kadang ada pengguna jalan yang kebut-kebutan saat malam hari.

4. Tempat-tempat Keren untuk Longboarding

Sebenarnya kondisi jalan dengan aspal rata dan menurun seperti flyover saja sudah sangat seru sebagai arena longboarding. Namun sensasinya akan sangat berbeda jika kamu mencari jalur dengan pemandangan keren di sisi kanan dan kirinya. Ada beberapa tempat indah seperti itu, biasanya digunakan sebagai lokasi komunitas longboard menggelar kegiatannya. Coba saja datang ke perbukitan di Talegong, yaitu jalur di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Belokan-belokannya menjadi tantangan tersendiri. Sebagai bonus, kamu akan disuguhi dengan alam Garut yang indah. Talegong juga digunakan sebagai tempat diadakannya acara The Talegong Longboard Festival.

Longboarding [image source]
Longboarding [image source]
Selain itu Canggar yang ada di Kota Batu, Malang juga menyuguhkan jalur pegunungan yang cukup ekstrem. Sambil melajukan longboard, kamu bisa memandang perkebunan warga. Udara dingin khas pegunungan akan langsung menusuk kuilitmu. Karena indonesia memiliki banyak sekali tempat keren, maka berburu tempatuntuk longboarding juga menjadi keseran tersendiri. Tempat lain seperti Lombok dan Kerawang juga sering dijadikan tuan rumah festival longboarding.

Itulah sepenggal informasi seputar longboarding, olahraga seru yang akan membuat kamu sejenak lupa dengan kepenatan. Jika kamu tertarik, bisa bergabung dalam komunitas-komunitas longboard di berbagai kota. Mereka akan dengan senang hati memberikan informasi dan mengajakmu serta bermain longboard bersama-sama.

  Next

ramadan

Spot Traveling Seru dan Instagram-able di Malang, Kapan ke Sana?

Ini Cara Keren Menghabiskan Weekend di Palopo Sulawesi Selatan