in ,

Menara Masjid Tertinggi di Dunia, Calonnya Berada di Aljazair!

Djamaa El Djazair [image source]

Selain kubah yang menjadi ikon dari suatu masjid adalah keberadaan menara. Kehadiran menara yang umumnya digunakan sebagai tempat menaruh speaker agar panggilan salat terdengar ke wilayah yang jauh telah menyempurnakan bangunan masjid itu sendiri. Rasanya tidak lengkap sebuah masjid tanpa adanya menara dan rekor menara masjid tertinggi di dunia bakal dipecahkan oleh masjid yang berada di Aljazair.

Baca juga : Inilah World Sentosa Casino yang Bikin Heboh Lewat Insiden Anggota DPRD

Baca Juga :4 Tempat Sakral di Dunia yang Boleh Dikunjungi Wisatawan

Masjid terbesar di dunia hingga saat ini dipegang oleh Masjidil Haram di Arab Saudi, namun tahukah kamu siapa pemegang rekor menara masjid tertinggi di dunia? Saat ini menara masjid tertinggi di dunia dipegang oleh Masjid Hassan II di Maroko dengan ukuran 210 meter. Namun rekor ini akan segera dipatahkan oleh masjid yang baru dibangun oleh pemerintah Aljazair.

Djamaa El Djazair [image source]
Ilustrasi Djamaa El Djazair [image source]
Pemerintah Aljazair saat ini sedang melakukan pembangunan sebuah masjid yang bakal memecahkan rekor menara masjid tertinggi. Adalah Djamaa El Djazair atau Mohammadia Mega Mosque, sebuah masjid yang dibangun di wilayah Distrik Mohammadia, Aljir. Masjid ini mencuri perhatian dunia lantaran rencananya masjid ini memiliki menara tertinggi di dunia.

Baca Juga :Ke Malang? Singgahi 7 Tempat Wisata Paling Oke Berikut Ini

Seperti dilansir Travelingyuk dari laman AFP, masjid yang dibangun di tepi teluk Aljir ini akan dilengkapi dengan sebuah menara setinggi 265 meter yang artinya lebih tinggi 55 meter dari pemegang rekor sekarang yaitu Masjid Hassan II di Maroko. Tentu saja menara masjid yang super tinggi ini akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan apalagi masjid ini dibangun di kawasan yang akan dikembangkan menjadi pusat bisnis dan area wisata.

Djamaa El Djazair akan menjadi masjid dengan menara tertinggi di dunia, via instagram
Djamaa El Djazair akan menjadi masjid dengan menara tertinggi di dunia, via instagram

Menilik bagian dalam masjid, Djamaa El Djazair dibekali ruang salat seluas 20 ribu meter persegi yang rencananya bakal muat untuk menampung 120 ribu jemaah. Di dalam kompleks masjid juga dibangun fasilitas pendukung seperti perpustakaan yang menampung 1 juta buku, sekolah Al Qur’an untuk 300 murid serta museum sejarah dan karya seni Islam.

Masjid Djamaa El Djazair mulai dikerjakan pada tahun 2012 dan diperkirakan akan bisa digunakan pada tahun 2017 mendatang. Masjid ini pula telah dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa mendaur ulang air hujan di penampungan guna dimanfaatkan oleh jemaah. Penerangan dalam ruangan pun memanfaatkan panel surya yang ramah lingkungan. So, sudah tidak sabar menanti masjid ini beroperasi! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Tips Nyaman Berpuasa Sambil Traveling ke Luar Negeri

Serunya Menjelajahi Kimchi Museum di Seoul, Korea Selatan