in

Begini Cara Menyiasati Musim Hujan Agar Liburan Tetap Berjalan dengan Lancar

Theme Park [image source]

Liburan memang paling enak dilakukan saat musim kemarau karena kita bisa pergi ke mana saja. Mau mendaki puncak gunung di Indonesia, hayuk. Mau berjemur di kawasan yang eksotis, mari ambil cuti. Sekarang coba kita balik kalau traveling saat musim hujan. Kita bisa pergi ke mana saja? Yang jelas sih pasti terbatas dan tidak leluasa. Mau hiking juga takut jatuh karena licin, mau traveling pantai juga takut gelombangnya besar. Lantas mau ke mana dong? Begini cara menyiasati liburan saat musim hujan tiba.

Baca juga : Trip ke Luar Negeri Jangan Sampai Tidak Pasang 5 Aplikasi Pembantu Ini

1. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner [image source]
Wisata kuliner juga masih bagian dari traveling, kan?  Kalau kamu memiliki hari libur di musim hujan, kenapa tidak menyusun acara untuk wisata kuliner saja. Misal nih kamu pergi ke kota sebelah menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Saat sampai di sana coba cari tahu spot restoran atau kedai kecil yang menyediakan kuliner nikmat terutama saat hujan.

wisata kuliner [image source]
wisata kuliner [image source]
Berburu kuliner di sebuah kota sebenarnya tidak kalah menyenangkan dari bermain di pantai kok. Ada sensasi sendiri kalau kamu berhasil menemukan kedai yang letaknya sangat tersembunyi. Kamu akan merasa bahagia kalau makanan unik didapatkan setelah hujan-hujanan dan menggigit.

2. Mengunjungi Museum atau Tempat Bersejarah

Tempat Bersejarah [image source]
Bagi beberapa orang museum adalah tempat yang sangat membosankan. Di tempat ini hanya ada benda-benda dari masa lalu saja. Namun, museum tidak hanya melulu perkara hal-hal kuno saja loh kawan. Museum di Indonesia jenisnya juga sangat banyak, seperti museum batik, museum angkut, dan museum kesehatan yang cukup menarik.

Mengunjungi museum [image source]
Mengunjungi museum [image source]
Selain museum, kamu juga bisa mendatangi tempat bersejarah lain seperti candi-candi atau bangunan kuno peninggalan masa lalu. Percayalah, mengunjungi tempat seperti ini akan membuatmu senang dan merasa ketagihan. Sejarah masa lalu selalu menyimpan misteri yang kadang belum terpecahkan hingga sekarang.

3. Mengunjungi Theme Park

Theme Park [image source]
Mengunjungi theme park adalah siasat selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat hujan turun dengan sangat intens. Di Indonesia, theme park jumlahnya sangat banyak. Di kawasan Batu ada Batu Secret Zoo, Jatim Park, Musuem Angkut, dan masih banyak lagi. Di Bandung ada Trans Studio yang bisa dijelajahi dengan aman meski di luar sedang hujan badai.

Trans Studio [image source]
Jadi jangan keburu bad mood kalau hujan sudah tiba. Kita bisa mencari alternatif lain yang tidak kalah menyenangkan. Daripada nekat untuk tetap pergi kan lebih baik bersenang-senang di theme park dari pagi sampai malam.

4. Staycation di Hotel

Staycation [image source]
Traveling itu enggak melulu harus outdoor dan membuat badan jadi berkeringat loh kawan. Daripada hujan mengganggu jadwal liburanmu, kenapa enggak staycation saja di sebuah hotel yang nyaman. Di sini kamu bisa males-malesan, menikmati suasana yang nyaman hingga melakukan spa dan pijat.

Staycation [image source]
Pada dasarnya traveling dilakukan untuk membuat pikiran jadi kembali fresh. Kalau dengan staycation kamu bisa mendapatkannya juga ya kenapa tidak? Toh daripada nekat terus sakit karena kehujanan kan juga repot.

5. Memilih City/Bus Tour

City Tour Bus [image source]
Kalau mau aman dan tidak terkena hujan ya pilih destinasi wisata yang bisa dijangkau dengan bus atau kendaraan boks tertutup lainnya. Bus tour adalah pilihan pertama yang bisa kamu lakukan kalau sudah terlanjur mengambil cuti di hari yang hujannya enggak mau berhenti. Daripada kamu kecewa dan menghabiskan liburan cuma di rumah saja lebih baik melakukan bus tour.

city tour [image source]
city tour [image source]
Bus tour biasanya mengantarkan ke lokasi-lokasi yang ikonik di sebuah kota. Kamu bisa mengambil foto di sana, mengunjungi pusat oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Saat langit sudah tidak hujan, kamu bisa sedikit jalan-jalan atau mbolang ke sudut-sudut kota yang kadang dipenuhi hal-hal menarik.

Inilah cara menyiasati musim hujan agar liburan tetap bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Jadi, kalau musim hujan datang ya! Next

ramadan

Surga Tersembunyi di Taman Nasional Komodo, Dari Penampakan Ubur-ubur hingga Kalong beterbangan

Menyusuri Eksotisme Sungai Hitam Pekat di Taman Nasonal Sebangau, Kalimantan Tengah