in , ,

Sulabh International Museum of Toilets, Satu-satunya Museum Toilet di Dunia

Ini Loh Museum Toilet Satu-satunya di Dunia!

Seperti yang Teman Traveler ketahui, museum menyimpan banyak benda berharga yang berasal dari masa lalu untuk menambah pengetahuan pengunjung yang datang. Salah satu museum di India ini juga menyimpan berbagai jenis toilet yang digunakan oleh nenek moyang terdahulu. Lalu apa tujuan dibuatnya museum ini? Informasi lengkapnya simak pada ulasan berikut ini ya.

Baca juga : Nikmati Pesona Dusun Semilir, Sisi Lain Semarang yang Menawan

Sejarah Singkat Toilet

Toilet Museum via Instagram @prashantmhatre1

Seperti namanya, museum ini dilengkapi dengan berbagai jenis toilet bahkan ada yang sangat unik. Pada tahun 1970, penduduk India yang mencapai kurang lebih 1,2 miliar buang air besar di tempat terbuka karena memang pada saat itu, India tidak memiliki toilet baik umum maupun pribadi.

Hal ini membuat Dr Bindeshwar Pathak membuat toilet umum berbayar. Walaupun awalnya ditertawakan, hampir dari 15 juta orang mengunakan toilet umum yang didirikannya hingga pada akhirnya Dr Bindeshwar Pathak membuka sebuah perusahaan bernama Sulabh International.

Tujuan Dibangunnya Museum

Toilet Unik via Instagram @prashantmhatre1

Tempat yang dikenal dengan nama The Sulabh International Museum of Toilets merupakan museum yang dikelola oleh International Sulabh. Tujuan pembuatan museum ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendedikasi masyarakat bahwa pentingnya mengatasi sektor sanitasi.

Satu-satunya Museum Toilet

Museum Toilet di India via Instagram @prashantmhatre1

Museum yang terletak di Sulabh Bhawan, RZ-83, Palam – Dabri Marg, Mahavir Enclave, New Delhi, India ini merupakan satu-satunya museum toilet yang ada di dunia. Terdapat berbagai macam koleksi toilet mulai dari yang tua hingga yang unik bisa Teman Traveler jumpai di museum ini.

Museum ini memperlihatkan bahwa sanitasi begitu penting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya itu, museum ini juga dibuat untuk memberitahukan kepada masyarakat khususnya di India, bahwa kebersihan itu sangat penting dan perlu ditekankan. Apakah Teman Traveler bisa membayangkan jika hingga saat ini sanitasi masih di abaikan? Next

ramadan

Rambut Tertinggi di Dunia, Benar-benar Bikin Terkesima!

Begini Cara Gereja Gelar Upacara Pemberkatan untuk Korban Covid-19