in , ,

Mengenal Sealand, Benteng Terapung yang Kini Jadi Negara Terkecil di Dunia

Sudah Tahu? Negara Paling Kecil di Dunia Ini Hanya Punya Luas Wilayah 550 m Saja Loh!

Negara yang banyak diketahui orang merupakan sebuah daerah atau daratan yang memiliki berbagai macam sarana dan prasarana. Menepis pernyataan tersebut, negara ini justru terapung di tengah lautan. Lalu bagaimana cara rakyat di negara tersebut bertahan hidup dan dimana sih negara terkecil di dunia ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk Teman Traveler.

Baca juga : Indahnya Pemandangan Bukit Cinta di Soe, NTT

Dulunya Benteng

Sealand via Instgram @sealandgov

Benteng yang kini dijadikan dan dikenal sebagai Kerajaan Sealand ini dulunya dikenal debagai Fort Roughs yang berfungsi sebagai tempat pertahanan Inggris dari serangan Jerman pada Perang Dunia II. Setelah itu, benteng tersebut kemudian ditinggalkan dan kemudian seorang tentara Inggris bernama Roy Bates mendeklarasikan bahwa Fort Roughs menjadi negara bebas tepatnya pada tanggal 2 September 1967.

Belum Mendapat Pengakuan

Pemdangan Laut dari Sealand via Instgram @sealandgov

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) hingga saat ini masih belum mengakui keberadaan negara tersebut. Membangun sebuah negara memang tidak mudah sehingga belum mendapatkan pengakuan tidak menyulutkan semangat Sealand untuk merdeka dan diakui dunia. Tidak hanya itu, semangat ini bahkan diperlihatkan juga oleh benteng tua tersebut karena masih berdiri kokoh selama bertahun-tahun.

Punya Aturan dan Pemerintahan Sendiri

Bendera Sealand via Instgram @sealandgov

Telah mendeklarasikan diri menjadi sebuah negara membuat Sealand juga memiliki peraturan dan bahkan pemerintahan sendiri. Walaupun belum mendapatkan pengakuan dunia, namun Sealand sudah memiliki bendera, lagu kebangsaan, prangko, pasport hingga mata uang yang setara dengan satu dolar Amerika Serikat. Sumber pendapatan negara ini dari berjualan mug, perangko hingga kaos.

Letak dan Cara menuju Sealand

Sealand di Tengah Laut via Instgram @sealandgov

Kerajaan Sealand terletak di Inggris tepatnya 9,6 kilometer dari lepas Pantai Suffolk, Inggris. Negara ini hanya memiliki luas wilayah 550 meter persegi sehingga merupakan salah satu micronation atau sebutan bagi negara dengan wilayah yang tidak begitu luas. Beberapa jalur yang bisa digunakan untuk berkunjung ke negara ini adalah laut dengan menggunakan perahu dan udara dengan menggunakan helikopter.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Sealand, negara independen yang mengapung di atas laut. Jika ditanya tentang jumlah penduduk, Sealand dengan wilayah yang tidak begitu luas tentu memiliki penduduk yang tidak banyak. Kabarnya sekitar 20 orang yang memiliki pasport negara kecil ini. Walaupun belum diakui, Teman Traveler tetap bisa loh mengunjungi negara ini. Next

ramadan

Mencuri 2 Tas Mewah, Wanita Asal Indonesia Ditangkap di Bandara Australia

14 Fakta Unik Suku Baduy yang Jarang Diketahui Wisatawan