in ,

Tempat ‘Tersembunyi’ di Madinah yang Bisa Dikunjungi Jamaah Haji Reguler

Madinah
Madinah

Berhaji dengan menggunakan jalur reguler ternyata punya kelebihan tersendiri, terutama buat kamu yang suka traveling. Yap, selain ibadah kamu bisa sedikit menjelajahi destinasi wisata Arab Saudi yang jarang sekali dilirik oleh jamaah haji lainnya. Apalagi ada masa tunggunya yang lumayan lama saat sampai di Madinah. Nah, di mana saja sih objek wisata anti mainstream yang bisa dikunjungi ini? Intip rangkumannya yuk!

Baca juga : True Love Cafe di Bangkok, Satu-satunya di Dunia Bisa Bermain dengan Puluhan Siberian Husky

Pesisir Pantai di Yanbu

Yanbu Lake
Yanbu Lake [image source]
Madinah tak hanya menawarkan keindahan padang pasir yang eksotis. Di sudut lain, ada tempat hijau yang pastinya bakal membuat jemaah haji betah. Belum lagi dengan air laut yang cukup menyegarkan. Yap, destinasi satu ini terletak di Yanbu, kawasan wisata yang lengkap dengan tempat perbelanjaan. Wah, bisa sekalian mencari oleh-oleh haji di sini nih! Tempat indah dan hijau ini sendiri memang cukup jauh, sekitar 200 km dari pusat kota Madinah. Pun demikian, jamaah haji yang mampir ke sini bakalan bahagia nih!

Keindahan Yanbu Lake Park
Keindahan Yanbu Lake Park [image source]

Madain Saleh Tombs

Madain Saleh
Madain Saleh [image source]
Akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika kamu bisa menjejakkan kaki di sini. Bagaiamana tidak, Madain Saleh Tombs atau dikenal dengan Al-Hijr (Bukit Berbatu) merupakan situs kebanggaan Kerajaan Arab Saudi yang telah dinobatkan sebagai World Heritage Site atau Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2008 silam. Madain Saleh sendiri merupakan kota tua yang diperkirakan merupakan tempat tinggal umat Nabi Saleh bernama kaum Tsamud. Para peneliti banyak menemukan batu bata yang diperkirakan merupakan puing dari rumah kaum Tsamud. Meski jaraknya sekitar 450 km dari Madinah, tetap menarik untuk didatangi kan?

Madain Saleh di Madinah
Madain Saleh di Madinah [image source]

Jabal Uhud

Pengunjung Jabal Uhud
Pengunjung Jabal Uhud [image source]
Tidak hanya Masjid yang bisa disambangi kala berkunjung ke Madinah. Kamu juga bisa berwisata sejarah dengan nuansa eksotis yaitu Jabal Uhud. Jabal artinya gunung dan Uhud berarti sendiri. Nama ini diberikan karena letak Gunung Uhud yang menyendiri. Dengan ketinggian 350 meter, panjang 7 kilometer, dan lebar hampir 3 meter, jabal atau gunung yang terbentuk dari batuan granit berwarna merah ini menjadi yang Tertinggi sekaligus Terbesar di Madinah. Yap, gunung yang ada di sejarah Islam sebagai saksi bisu pertempuran kedua antara kaum kafir Quraisy dan Muslim pada 15 Syawal 3 Hijriyah atau 23 Maret 625 Masehi. Di sini pula Paman Rosulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib dikebumikan. Jadi jika berkunjung ke Jabal Uhud, sempatkanlah berziarah ke makam para Pejuang Islam ini ya!

Madain Saleh
Madain Saleh [image source]

Masjid Khandaq

Masjid di Khandaq
Masjid di Khandaq [image source]
Madinah tak hanya memiliki Masjid Nabawi sebagai tempat ibadah paling ternama. Di sudut lain ada juga masjid yang mulai dilirik oleh para jamaah haji serta umroh saat sampai di tanah suci. Adalah Masjid Khandaq, tempat ibadah megah yang merupakan situs sejarah dan menjadi saksi bisu kepemimpinan Nabi Muhammad. Tak hanya itu saja, di sekitar masjid ini juga menjadi tempat terjadinya Perang Khandaq atau juga dikenal dengan Perang Ahzab. Dibandingkan dengan Madain Saleh, perjalanan ke Khandaq lebih cepat karena jaraknya cukup dekat. Nah, tertarik untuk menjalan ibadah sholat di objek wisata Arab Saudi yang bersejarah satu ini?

Masjid Khandaq
Masjid Khandaq [image source]
Nah, bisa dibayangkan serunya haji sekaligus traveling ke Kota Madinah bukan? Apalagi waktu ibadah tidak akan terganggu dengan banyaknya tempat sholat di sudut kota! Untuk kamu yang tengah menjalankan haji, Selamat menunaikan ibadah di tanah suci ya! Next

ramadan

Situbondo Surganya Kuliner Legendaris, Enak Abis!

Bekas Tambang Ini Indahnya Bikin Ternganga