in

Ini yang Akan Kamu Dapat Jika Memiliki Orang Tua Traveler Sejati

Dikenalkan pada dunia [image source]

Beruntung banget jika kamu memiliki orang tua yang suka jalan-jalan. Melancong entah ke mana, pastinya untuk mendapatkan kebahagiaan. Tak perlu ke hotel mewah dengan fasilitas mentereng, mendirikan tenda di pinggir pantai sambil duduk-duduk bersama keluarga kan juga seru, yang penting itu momennya. Kata orang Jawa, makan nggak makan asal kumpul. Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan dengan memiliki orang tua traveler sejati. Tentu saja tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Terkadang ada orang tua yang terlalu khawatir sehingga menerapkan banyak larangan untuk buah hatinya.

Baca juga : Jalan Raya Terpendek di Dunia, Panjangnya Cuma 2 Meter

Tidak boleh ke pantai karena ombaknya besar, tidak boleh naik gunung sebab banyak binatang buas dan udaranya dingin. Terus bolehnya ke mana, ke mall dan belanja-belanja gitu menghabiskan duit orang tua? Jika salah mendidik, bisa-bisa justru si anak memiliki tabiat buruk. Traveling ke manapun itu nggak ada salahnya kok, asal tetap berhati-hati dan tidak sembrono. Saat orang tuanya juga suka traveling, maka satu keluarga bisa bersenang-senang tanpa ada kekhawatiran. Ya, mereka-mereka yang seperti itu nampak mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa hal keren dari orang tua seorang petualang.

1. Mereka mengenalkan dunia dengan cara yang lebih indah

Sejak sebelum mereka menikah, orang tuamu mungkin sudah sah menjadi traveler sejati. Dipertemukan dengan cara unik dan lucu. Namun begitulah jodoh, bisa datang dari arah yang tidak terduga sama sekali. Semangat sebagai petualang tetap dibawa ke bahtera rumah tangga dan diajarkan juga padamu, si buah hati yang dikasihi dengan cinta. Saat kamu masih bayi, terkadang mereka terlibat dalam perdebatan, tentang rencana dan akan jadi seperti apa kamu kelak.

Dikenalkan pada dunia [image source]
Dikenalkan pada dunia [image source]

Mungkin, jika kamu bisa bicara saat itu, langsung akan bilang ingin jadi dokter, pilot, dan lain sebagainya. Namun, mereka sepakat entah jadi apapun kamu nanti, tetap harus cinta pada bumi. Maka dari itu, membatasimu dan memberikan banyak larangan tidak akan banyak membantu. Justru sebaliknya mengenalkan dunia akan memberikanmu masa kecil yang bahagia.

2. Ketika kamu sudah besar sedikit, diajari apa artinya uang dan cara mengaturnya

Meski bukan segala-galanya, tapi uang itu penting. Bukan soal jumlahnya, tapi bagaimana kita bisa mengubahnya menjadi sumber kebahagiaan. Dengan uang kita bisa jalan-jalan dan makan enak. Namun jika tidak direncanakan dengan baik, traveling bisa menyita waktu, tenaga, bahkan biaya yang banyak.

Diajarai apa artinya uang [image source]
Diajarai apa artinya uang [image source]

Orang tua dengan hobi traveling akan mengajarkan bagaimana mengatur dan menghargai uang sedini mungkin. Tidak jarang, uang sakumu dipangkas sebagai tabungan agar bisa jalan-jalan bersama lagi. Namun pelajaran berharganya adalah bahwa kebersamaan itu lebih penting daripada uang. Kamu bisa mencari uang setiap waktu, namun berkumpul bersama keluarga belum tentu kan?

3. Diberikan kuasa untuk menyelesaikan masalah dengan caramu sendiri

Seperti apa dunia ini? Alam yang kita pijak saat ini memiliki banyak wajah. Ada keindahan namun di sisi lain juga ada kekejaman. Orang tua mana yang ingin anaknya bersusah-susah menghadapi kekejaman seperti itu. Tidak sedikit dari mereka yang berperan sebagai dinding penghalang. “Sudah nak, kamu tenang saja biar ini jadi urusan papa.”, padahal masalahnya hanya sepele.

Bisa menyelesaikan masalah sendiri [image source]
Bisa menyelesaikan masalah sendiri [image source]

Maksudnya memang baik, namun ada cara yang lebih baik lagi yaitu membiarkan anak terlebih dahulu memecahkan masalah dengan cara mereka sendiri. Kebanyakan orang yang suka jalan-jalan setuju dengan cara tersebut. Mereka mengerti seperti halnya traveling yang kadang tidak selalu mulus. Namun, selalu ada pelajaran dan hikmah di balik musibah.

4. Dapat kebebasan

Inilah yang mungkin sangat kamu rasakan, keputusan ada di tanganmu karena sebagai orang tua mereka hanya akan mengawasi dan memperingatkan jika kamu sudah mendekati hal yang berbahaya. Begitu juga soal tempat dan tujuanmu berkelana.

Bebas [image source]
Bebas [image source]

Terkadang mereka tidak akan terlalu khawatir kamu akan tersesat. Karena dengan begitu, kamu bisa menemukan banyak hal. Tempat, teman, hingga keunikan tertentu. Sama seperti yang terjadi pada orang tuamu dulu.

Jadi begitulah kalau kamu memiliki orang tua traveler sejati, beruntung banget kan? Next

ramadan

Penginapan di Songgoriti Batu, Cara Dekat dengan Alam Tanpa Bayar Mahal

Dengan Cara-cara ini Kamu akan Khatam Liburan di Mandeh, Sumatera Barat