in ,

Patung Buddha Raksasa di Asia, Ada yang Tingginya Mencapai 130 Meter

6 Patung Budha di Asia, Ada yang Posisi Berdiri dan Duduk

Patung Buddha di Asia
Patung Buddha di Asia

Patung buddha tersebar di beberapa negara Asia, ada yang posisi duduk, berdiri, maupun tidur. Nah ada pula yang punya ketinggian cukup menakjubkan, sampai-sampai menjadi destinasi wisata populer dan pelancong pun tidak melewatkan mengambil foto. Inilah daftar patung buddha di ASIA dengan posisi duduk dan berdiri yang terbilang terkenal.

Baca juga : Akomodasi dengan Kawa Bath di Filipina, Rasakan Menginap dengan Sensasi Berendam Layaknya Dimasak!

Laykyun Setkyar Buddha, Myanmar

Monywa Buddha, Myanmar via Instagram @king_chris0815
Laykyun Setkyar Buddha, Myanmar via Instagram @king_chris0815

Patung Buddha di Asia satu ini bernama Laykyun Setkyar yang berada di Biara Maha Bodhi Ta Htaung, Kota Monywa, Myanmar. Digambarkan sebagai Buddha yang memakai jubah emas, dengan tinggi kurang lebih 130 meter termasuk alasnya. Patung ini punya 31 tingkat, dengan bagian dalam kosong. Pelancong bisa naik sampai ke bagian paling atas.

Biara Maha Bodhi Ta Htaung dapat dicapai dari pusat Kota Monywa menggunakan tuk-tuk, memakan waktu sekitar 45 menit. Ongkosnya kira-kira Rp90 ribuan. Tiket masuk biara ini dibanderol kurang lebih Rp45 ribuan.

Big Buddha di Musuem Fo Guang Shan, Taiwan

Fo Guang Shan, Taiwan via Instagram @irablockphoto
Fo Guang Shan, Taiwan via Instagram @irablockphoto

Patung Buddha di Asia tepatnya di Taiwan ini punya tinggi kurang lebih 108 meter, terbuat dari perunggu. Bernama Big Buddha yang berada di area Museum Fo Guang Shan. Sebuah tempat yang menyimpan cerita sejarah pergerakan Buddha. Kalau mau menyaksikan dari cukup dekat, harus masuk sampai ke teras bagian dalam museum.

Tempat ini berada di Distrik Dashu, Kota Kaohsiung. Dapat dicapai dengan bus menuju halte Fo Guang Shan Buddha Museum. Ongkos naik bus kurang lebih Rp32 ribuan sekali jalan. Pelancong tidak dipungut biaya ketika memasuki museum ini.

Leshan Giant Buddha, Tiongkok

Leshan Giant Buddha, Tiongkok via Instagram @halimzen
Leshan Giant Buddha, Tiongkok via Instagram @halimzen

Leshan Giant Buddha merupakan patung seorang Maitreya, digambarkan memiliki senyum lebar dan bertelanjang dada, dalam posisi duduk. Patung ini mempunyai tinggi kurang lebih 71 meter dan lebar kira-kira 28 meter. Saking besarnya, memerlukan waktu sekitar 90 tahun untuk memahatnya.

Leshan Giant Buddha berlokasi di Kota Leshan bagian timur, Provinsi Sichuan. Berada di pinggir pertemuan tiga sungai, Min, Qingyi, dan Dadu. Tiket masuknya Rp170 ribuan, kalau mau sekalian jalan-jalan pakai perahu tambahan biayanya Rp150 ribuan. Area ini bisa dicapai dari pusat Kota Leshan, dengan kendaraan bermotor. Selama kira-kira 15 menit perjalanan.

Buddha Dordenma, Bhutan

Buddha Dordenma, Bhutan via Instagram @kennaklosterman
Buddha Dordenma, Bhutan via Instagram @kennaklosterman

Buddha Dordenma merupakan patung di Bhutan dengan tinggi kurang lebih 51,5 meter. Digambarkan sebagai Buddha yang sedang duduk bermeditasi. Uniknya, di dalam dadanya terdapat sekitar 125 ribuan patung Buddha kecil, dengan tinggi 20-30 sentimeter. Semuanya terbuat dari perunggu.

Buddha Dordenma dibuat pada tahun 2015, dalam rangka ulang tahun Raja Jigme Singye Wangchuck yang ke-60. Patung ini berlokasi di atas bukit Thimphu. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor, dari stasiun bus Thimphu. Memakan waktu kurang lebih 15 menitan. Kalau masuk ke area Buddha Dordenma, pelancong tidak dipungut biaya.

Patung Maitreya di Kuil Bongeunsa, Korea Selatan

Bongeunsa, Korea Selatan via Instagram @re.di.tutto
Bongeunsa, Korea Selatan via Instagram @re.di.tutto

Patung Buddha tinggi di Asia selanjutnya berada di area Kuil Bongeunsa. Merupakan gambaran Maitreya, Buddha Masa Depan, dengan tinggi kurang lebih 28 meter. Menjadi patung Buddha terbuat dari batu tertinggi di Korea Selatan. Kuil ini juga menjadi ruang penyimpanan kitab suci agama Buddha.

Kuil Bongeunsa berlokasi di pusat kota Seoul tepatnya sebelah selatan Sungai Han atau sebelah utara COEX Mall di Gangnam. Tempat ini dapat ditempuh dengan kereta menuju stasiun Kuil Bongeunsa, kemudian dilanjutkan jalan sekitar 150 meter. Pengunjung tidak dipungut biaya, hanya dikenakan uang parkir kira-kira Rp40 ribuan per jam.

Kamakura Daibutsu, Jepang

Kamakura Daibutsu via Instagram @miyu_t_photo124
Kamakura Daibutsu via Instagram @miyu_t_photo124

Kamakura Daibutsu merupakan patung Buddha Amitabha yang berada di Jepang. Mempunyai tinggi kurang lebih 11,4 meter dan menjadi patung perunggu Buddha tertinggi kedua di Jepang. Kamakura Daibutsu yang dibuat sekitar tahun 1252 ini berada di area Kuil Kotokuin.

Kuil Kotokuin berada di Kota Kamakura, Prefektur Kanagawa. Dapat dicapai dengan kereta menuju stasiun Hase. Kemudian dilanjutkan berjalan selama kira-kira 10 menit. Siapkan biaya tiket masuk kuil, senilai Rp25 ribuan per orang.

Itulah setidaknya 6 patung Buddha di Asia yang cukup tinggi dan menjadi daya tarik wisata. Teman Traveler sudah pernah singgah di salah satunya? Atau mungkin berencana liburan ke negara-negara tersebut di atas? Next

ramadan

Yuk Jelajah Desa Wisata Lombok Dekat Bandara, Turun Pesawat Langsung Go!

Golden Cake Dream Kingdom China, Pabrik Kue Seindah Kerajaan yang Jadi Tempat Favorit Wisatawan