in ,

Top 10 Patung-Patung Setinggi Gedung Pencakar Langit di Dunia

Guan Yin of the South Sea of Sanya [image source]

Patung dibuat dengan berbagai tujuan, secara umum patung dibuat untuk menciptakan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin dan dapat dinikmati oleh berbagai generasi. Ada pula patung yang dibuat secara khusus sebagai bentuk penghormatan atas tokoh yang ada dalam patung tersebut.

Baca juga : Bingung Transit Nanggung di Kuala Lumpur? Yuk, Belanja di Mitsui Outlet Park

Tahukah kamu jika beberapa patung di dunia dibuat dengan ukuran yang tidak biasa? Beberapa patung dibuat sebagai maha karya yang tidak hanya indah namun juga begitu megah sehingga menjadi tengara dari sebuah kota dan menarik rasa penasaran banyak wisatawan. Seperti 10 patung berikut yang dirangkum Travelingyuk dari laman When on Earth, mereka dibuat menjulang ke angkasa hingga menyerupai gedung-gedung pencakar langit. Inilah hitung mundur patung-patung setinggi gedung pencakar langit yang ada di dunia.

10. Dai Kannon of ”Kita no Miyako” Park, Jepang

Di posisi sepuluh ada Dai Kannon of ”Kita no Miyako” park, patung dewi pelindung yang berdiri tegak di sebuah taman yang terletak di kota Ashibetsu. Kota ini berada di dalam Pulau Hokkaido. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 88 meter dari permukaan tanah dan berdiri tepat di tengah bukit yang dikelilingi taman cantik.

Dai Kannon of ''Kita no Miyako'' Park, via instagram
Dai Kannon of ”Kita no Miyako” Park, via instagram

Dai Kannon of ”Kita no Miyako” park begitu menonjol dibanding lingkungan sekitarnya bukan hanya karena ukurannya yang sangat tinggi namun juga karena warnanya yang putih bersih begitu mencolok saat dilihat dari kejauhan. Sayangnya patung ini tidak banyak dikunjungi wisatawan sehingga untuk masuk ke dalam kawasan patung ini traveler tidak akan dikenakan biaya apapun. Pada musim-musim tertentu pemandangan dari kawasan patung yang selesai dibangun tahun 1989 sangat keren karena banyak pohon sakura di sekelilingnya.

9. Great Buddha, Thailand

Patung Buddha raksasa di urutan kesembilan ini menampilkan tokoh Buddha Gautama. Patung Buddha yang terletak di Ang Thong, Thailand ini cukup unik mengingat kebanyakan patung sejenis dibuat dalam posisi berdiri namun patung ini dibuat dalam posisi duduk bersila.

Great Buddha, via instagram
Great Buddha, via instagram

Patung yang pembuatannya selesai tahun 2008 ini memiliki tinggi 92 meter. Ukurannya yang begitu besar bisa dengan mudah dilihat wisatawan dari jarak yang cukup jauh. Apalagi patung ini memiliki warna emas yang begitu kontras dengan alam sekitar. Great Buddha di Thailand ini juga dikelilingi oleh taman yang indah. Pengunjung yang datang selain bisa berfoto dengan patung Buddha juga bisa berkeliling taman.

8. Peter the Great, Rusia

Patung berikutnya berada di negara Rusia, nama patungnya adalah Peter The Great. Patung tersebut memiliki ukuran tinggi total 96 meter. Patung tersebut menjadi salah satu kebanggaan warga Rusia khususnya kota Moskow dimana patung tersebut berada. Saat malam patung ini akan diterangi sinar lampu yang membuatnya terlihat kian magis.

Peter the Great, via instagram
Peter the Great, via instagram

Patung Peter The Great dibangun pada tahun 1997 yang dibangun sebagai bentuk peringatan atas hari jadi angkatan laut Rusia yang ke-300. Namun patung tersebut awalnya mendapatkan banyak penolakan pasalnya diketahui bahwa desainnya adalah hasil modifikasi dari patung yang sejatinya akan digunakan sebagai peringatan 500 tahun pelayaran Christopher Columbus namun gagal diwujudkan.

7. Qianshou Qianyan Guanyin, China

Menuju ke China terdapat patung tertinggi ketujuh di dunia yang bernama Qianshou Qianyan Guanyin. Patung yang melambangkan Guanyin atau Dewi Kwan Im alias Dewi Welas Asih ini bisa traveler temukan di daerah Weishan, Changha, provinsi Hunan.

Qianshou Qianyan Guanyin [image source]
Qianshou Qianyan Guanyin [image source]
Qianshou Qianyan Guanyin berdiri tegak setinggi 99 meter di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh taman yang cantik. Terdapat jalur pedestrian yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju ke area patung. Sebelumnya mereka harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Patung ini dibuat dari material perunggu yang disepuh dengan campuran emas. Pembangunannya tercatat selesai tahun 2009 silam.

6. Sendai Dai Kannon, Jepang

Kembali ke negara Jepang, terdapat satu patung Dai Kannon lagi yang tercatat sebagai salah satu patung tertinggi di dunia. Letaknya bukan lagi di Ashibetsu melainkan berada di Sendai, Prefektur Miyagi. Tinggi patung ini hampir setara dengan Monumen Nasional yang ada di Jakarta yakni 100 meter.

Sendai Dai Kannon, via instagram
Sendai Dai Kannon, via instagram

Dengan tinggi yang wah untuk ukuran sebuah patung, pihak pengelola bahkan membangunkan eskalator untuk membawa wisatawan mencapai atasnya. Patung yang juga melambangkan dewi Kwan Im versi Jepang ini selesai dibangun tahun 1991 dengan warna dominan putih yang juga melambangkan keteduhan.

5. Emperors Yan and Huang, China

Emperors Yan and Huang adalah sebuah patung yang terletak di Zhengzhou, Henan, China. Patung ini tercatat selesai dibangun pada tahun 2007. Ukurannya sungguh luar biasa, menempati kawasan sebuah bukit patung ini menjulang setinggi 106 meter dari permukaan tanah.

Emperors Yan and Huang [image source]
Emperors Yan and Huang [image source]
Tokoh yang ada pada patung tersebut tidak lain adalah Emperors Yan and Huang, dua pemimpin pertama kerajaan di China. Berbeda dengan patung lainnya, patung ini dibuat dengan cara memahat gunung batu layaknya Gunung Rushmore di Amerika. Prosesnya saja dikabarkan memakan waktu hingga 20 tahun.

4. Guan Yin of the South Sea of Sanya, China

Patung di urutan nomor 4 ini hampir mirip dengan patung Liberty di Amerika Serikat dilihat dari posisi keberadaannya yaitu berada di pinggir sebuah perairan. Adalah patung Guan Yin of the South Sea of Sanya, patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke Sanya dan Laut China Selatan.

Guan Yin of the South Sea of Sanya [image source]
Guan Yin of the South Sea of Sanya [image source]
Patung ini sengaja dibuat di perairan sebagai lambang dari keberkahan dan perlindungan terhadap daerah di sekelilingnya. Patung berwarna putih dengan tokoh yang digambarkan berada di atas teratai ini dibangun pada tahun 2005. Tinggi total patung ini adalah 135 meter namun jika hanya diukur patungnya saja maka tingginya berkurang 27 meter.

3. Ushiku Daibutsu, Jepang

Kembali lagi ke Jepang, ada patung Ushiku Daibutsu yang punya tinggi hanya berselisih 2 meter saja dari patung Guan Yin of the South Sea of Sanya di China. Tinggi patung ini adalah 110 meter dan berdiri tegak di dalam kawasan Ushiku, Prefektur Ibaraki.

Ushiku Daibutsu [image source]
Ushiku Daibutsu [image source]
Ushiku Daibutsu dibangun pada tahun 1993 dengan warna abu-abu gelap. Di sekeliling patung ini terdapat taman yang ditumbuhi bunga yang sangat cantik. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung di samping penasaran dengan patung tersebut. Sebetulnya patung ini memiliki tinggi total 120 meter jika digabungkan dengan tahta bunga teratai sebagai alas patung dan juga pondasinya yang masing-masing punya ukuran 10 meter.

2. Laykyun Setkyar, Myanmar

Patung berikutnya berukuran tinggi total 130 meter yang membuatnya terlihat seperti raksasa dan pepohonan sekitarnya hanya seperti rumput saja. Namanya adalah Laykyun Setkyar, patung Buddha Gautama yang terletak di Monywa, Myanmar.

Laykyun Setkyar [image source]
Laykyun Setkyar [image source]
Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung ini hanya setinggi 116 meter saja. Patung ini berada di kawasan dimana patung Reclining Buddha berada. Kedua ukuran patung Buddha itu sama-sama super jumbo. Kawasan dimana kedua patung tersebut berada adalah salah satu kawasan paling ramai dikunjungi wisatawan.

1. Spring Temple Buddha, China

Patung tertinggi di dunia berada di China. Ukurannya mencapai 153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter pondasi patung. Pun demikian jika hanya dihitung ukuran patungnya saja Spring Temple Buddha tetaplah menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 128 meter.

Spring Temple Buddha, via instagram
Spring Temple Buddha, via instagram

Patung yang dibangun tahun 2002 ini berada di Lushan, China. Patung berwarna emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Setiap tahunnya ada jutaan pengunjung yang datang demi melihat patung paling jumbo yang pernah dibangun oleh umat manusia ini. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Spot Snorkeling di Batam? Pulau Petong Jawabnya

Tips Usir Rasa Takut Terhadap Ketinggian Saat Naik Pesawat