in ,

Tempat Ibadah Miring di Asia, Disebabkan oleh Peristiwa Alam

Bukan Hanya Menara Pisa, Tempat Ibadah di Asia Ini Pun Miring Alami

Tempat Ibadah Miring di Asia
Tempat Ibadah Miring di Asia

Tempat ibadah di Asia ini punya bentuk miring, layaknya Menara Pisa di Italia. Bukan karena kesengajaan, sebagian besar disebabkan oleh peristiwa alam, mulai dari gempa bumi sampai banjir. Penasaran ada di mana saja? Yuk, disimak ulasan berikut.

Baca juga : WAJIB BACA! Daftar Negara yang Ramah dan JAHAT Pada Wisatawan

Giant Wild Goose Pagoda, Tiongkok

Giant Wild Goose Pagoda, Tiongkok via Instagram @sojinagnes
Giant Wild Goose Pagoda, Tiongkok via Instagram @sojinagnes

Giant Wild Goose Pagoda merupakan tempat ibadah di Asia dengan bangunan miring yang ada di Xi’an, Tiongkok. Pagoda ini dibangun pada sekitar tahun 652, setinggi kurang lebih 60 meter. Mempunyai lima tingkat, kemudian ditambah beberapa kali.

Namun mengalami sejumlah kerusakan, sampai yang paling parah adalah gempa bumi di tahun 1556an. Akibatnya, bangunan pagoda miring beberapa derajat ke arah barat sekitar. Serta hanya tersisa tujuh pagoda hingga sekarang.

Huzhu Pagoda, Tiongkok

Huzhu Pagoda, Tiongkok via Instagram @rubenillodo
Huzhu Pagoda, Tiongkok via Instagram @rubenillodo

Tempat ibadah di Asia ini dibangun pada tahun 1079an dengan tinggi kurang lebih 20 meter. Kalau dilihat dari jauh Huzhu Pagoda mirip dengan Menara Pisa di Italia. Sebab posisinya miring beberapa derajat ke arah tenggara, bahkan kini menjadi semakin miring.

Peristiwa tersebut terjadi kemungkinan akibat pagoda ini dibangun di dua permukaan berbeda. Satu sisi di batuan dasar pegunungannya, sedangkan sebelahnya di sebuah pemberat batu.

Ratneshwar Mahadev Mandir Temple, India

Ratneshwar Mahadev Temple, India via Instagram @chicciontour
Ratneshwar Mahadev Temple, India via Instagram @chicciontour

Ratneshwar Mahadev Mandir merupakan kuil di Varanasi, negara bagian Uttar Pradesh, India. Mempunyai julukan “The Leaning Temple of Varanasi”, sebab bangunannya miring ke arah belakang kuil.

Kemiringan tersebut kurang lebih diakibatkan dari lokasi kuil yang memang berada di atas sungai. Bahkan kalau sedang pasang, airnya bisa mencapai bagian puncak kuil. Namun tempat ibadah ini sampai sekarang masih terpelihara dengan baik.

The Leaning Temple of Huma, India

The Leaning Temple of Huma, India via Instagram @perpetual_barabula
The Leaning Temple of Huma, India via Instagram @perpetual_barabula

Leaning Temple of Huma berlokasi di pinggir sungai Mahanadi, negara bagian Odisha, India. Tempat ibadah miring di Asia ini didedikasikan untuk Dewa Hindu Bimaleshwar. Bangunan ini sebenarnya punya struktur tegak lurus.

Namun menjadi miring kemungkinan akibat perubahan konstruksi bebatuan di tempat kuil ini berdiri. Hal itu bisa saja terjadi sebab terkena arus air sungai Mahanadi maupun gempa. Sehingga posisinya menjadi berubah.

Itulah sekian tempat ibadah dengan posisi miring di Asia. Bukan sengaja dibangun demikian, namun disebabkan oleh peristiwa alam. Ada tidak ya yang seperti itu di Indonesia? Teman Traveler pingin berkunjung ke yang mana? Atau sudah ada yang pernah singgah ke salah satunya? Next

ramadan
Merapi Park Jogja

Go Around the World at Merapi Park Yogyakarta

Wonderful Tiny Islands in Lombok