in ,

Ini Tempat-tempat Indah yang Disinggahi Nabi Muhammad Saat Isra Mi’raj

Tempat Terjadinya Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Tempat isra miraj
Tempat isra miraj

Bagi umat Islam, peristiwa isra mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah kejadian penting. Pada saat itulah Nabi Muhammad mendapatkan perintah sholat lima waktu yang menjadi salah satu rukun Islam. Malaikat Jibril sendiri yang mengantarkan beliau dari Mekkah hingga sampai di Sidratul Muntaha, yaitu sebuah pohon yang menjadi penanda ujung langit ketujuh. Selama isra mi’raj ada beberapa tempat di bumi yang disinggahi oleh Nabi Muhammad. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

Baca juga : Liburan ke Korea Selatan Makin Istimewa, Mampir ke 4 Pusat Belanja Ini Yuk!

1. Mekkah

Kota Mekkah
Kota Mekkah via galaksicomputer27

Ada riwayat yang menceritakan bahwa dada Rasulullah dibelah dan dibersihkan oleh Malaikat Jibril. Dada nabi dibersihkan dengan air zam-zam dan setelah itu beliau naik binatang bernama buraq. Hal ini terjadi sebelum peristiwa isra atau keberangkatan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah menuju ke Masjidil Aqsa di Palestina. (Tafsir Al-Baghawi: 5/60).

2. Madinah

Kota Madinah
Kota Madinah via Islampos

Selama perjalanan Isra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ditemani oleh Malaikat Jibril singgah di beberapa tempat. Saat tiba di Yastrib yang kemudian dikenal sebagai Madinah, Malaikat Jibril menunjukkannya sebagai kota yang akan menjadi tujuan hijrah nabi.

3. Gunung Sinai

Gunung Sinai
Gunung Sinai via Kemana Aja Boleeh

Jibril juga memperlihatkan Gunung Thursina kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dikatakan kepada nabi bahwa gunung tersebut merupakan tempat di mana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa. Letaknya berada di Semenanjung Sinai Mesir. Ketinggiannya mencapai 2285 meter.

4. Bethlehem

bethlehem
bethlehem via Wahid Foundation

Tempat berikutnya yang dikunjungi oleh Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam saat perjalanan Isra dengan menaiki buraq adalah Bethlehem. Daerah ini merupakan tempat kelahiran Nabi Isa dan sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di Palestina.

5.  Baitul Maqdis

Area Baitul Maqdis
Area Baitul Maqdis via Media Ummat

Baitul Maqdis adalah sebuah kawasan yang didalamnya ada Masjidil Aqsa. Di sinilah Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam berangkat menuju Sidratul Muntaha melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi. Lalu sampai untuk menghadap Allah dan menerima perintah sholat.

Itulah beberapa tempat yang diriwayatkan pernah disinggahi oleh Nabi shallallahu’ alaihi wa sallam. Terlepas dari peristiwa isra dan mi’raj, beberapa tempat itu memang memiliki keindahan yang menyejukkan pandangan. Next

ramadan

Rasakan Romantisme Berkirim Surat di Kafe Unik Rumah Juliet Jakarta

Hutan Unik dan Indah di Indonesia, Pemandangannya Bagai Alam Fantasi