in

4 Tips Mudah untuk Hindari Overpacking saat Akan Travelling

Pisahkan Peralatan yang di dalam dan di luar

Ketika ingin memulai melancong ke daerah atau negara lain, ada kalanya seseorang akan memasukkan segala hal yang dia anggap penting walaupun sebenarnya tidak begitu diperlukan karena dapat memperberat barang bawaan.

Baca juga : Pengen Tetap Bisa Traveling Dengan Dana Cekak? Ini Tipsnya

Rata-rata mereka yang tergolong traveller overpacking memandang bahwa dengan membawa banyak barang, maka akan dapat mengurangi cost atau biaya yang tak terduga, contohnya saja dana tambahan untuk membeli barang atau keperluan lain yang sebenarnya mereka sudah memilikinya di rumah.

Akan tetapi dengan overpacking seperti itu, maka selain akan membuat tas menjadi berat, kelincahan Anda dalam berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain juga akan terbatas. Belum lagi ketika harus naik pesawat udara, maka akan ada biaya tambahan karena muatan atau barang yang Anda bawa melebihi kapasitas yang ditentukan atau tidak dapat masuk ke dalam cabin dan harus masuk bagasi.

Oleh karenanya, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat Anda terapkan sebelum memulai perjalanan jauh agar tidak overpacking.

1. Batasi membawa peralatan kecantikan atau sejenisnya

Hei, Anda sedang akan melakukan perjalanan jauh yang identik dengan semua hal yang tidak seenak seperti sedang beristirahat di rumah! Oleh karenanya, tinggalkan semua peralatan atau perangkat makeup atau kosmetik Anda di rumah. Bawa yang Anda kira perlu seperti sabun cuci muka, sampo, sabun, pasta gigi atau juga pelembab saja.

Batasi membawa peralatan kecantikan atau sejenisnya [image source]
Batasi membawa peralatan kecantikan atau sejenisnya [image source]
Adapun ketika Anda berada di suatu daerah atau negara lain, pastinya barang-barang seperti itu juga dapat ditemukan di toko dan tentu harganya masih cukup terjangkau daripada harus membawa semua peralatan badan dan kosmetik dalam satu tas. Walaupun dianjurkan untuk tidak membawa peralatan makeup berlebih, Anda masih perlu membawa obat-obatan yang kiranya tidak akan ditemukan di daerah atau negara lain. Masukkan dalam satu kantong yang memiliki zip-lock atau dapat ditutup rapat.

2. Pertimbangkan tas yang akan dibawa

Pertimbangkan tas yang akan dibawa [image source]
Pertimbangkan tas yang akan dibawa [image source]
Jika Anda memutuskan untuk bepergian dalam jangka waktu lama, mungkin benar apabila harus membawa koper atau tas yang berukuran besar karena akan ada banyak barang yang harus Anda gunakan selama di tempat atau negara lain.  Namun, jika hanya dalam hitungan hari saja, upayakan untuk membawa tas yang hanya cukup dengan apa yang ingin Anda bawa saja dan tentunya ringan untuk dibawa ke mana-mana. Dengan tas model seperti ini, maka selain tidak menghalangi Anda untuk bergerak cepat, Anda juga juga dapat lebih mudah mengawasi dan menata segala hal dalam satu wadah tanpa takut tercecer dalam beberapa bawaan.

3. Hindari packing mendadak

Hindari packing mendadak [image source]
Hindari packing mendadak [image source]
Melakukan packing ketika jam sudah mepet untuk berangkat juga tidak dianjurkan. Karena walaupun sebenarnya simple, namun dibutuhkan pemikiran yang memakan waktu untuk memutuskan barang-barang apa saja yang diperlukan dan bukan diinginkan.

4. Pertimbangkan apa saja yang akan masuk ke dalam tas

Pertimbangkan apa saja yang akan masuk ke dalam tas [image source]
Pertimbangkan apa saja yang akan masuk ke dalam tas [image source]
Seperti poin pertama di atas, Anda juga harus mempertimbangkan barang-barang apa saja yang harus dibawa dan mana yang tidak. Dianjurkan untuk membawa beberapa kaos, celana panjang, setelan kemeja bagi yang ada keperluan untuk menghadiri jamuan resmi atau formal, sepatu, sandal, handuk, pakaian dalam dan tentunya jaket atau sweater jika tempat atau negara yang akan Anda kunjungi memiliki suhu rendah.Untuk memasukkan segala pakaian tersebut, Anda juga dapat melakukan berbagai eksperimen, contohnya saja dengan menggulung satu persatu dan menata secara rapi atau cara lainnya.

Dengan 4 tips di atas ditambah dengan pemikiran Anda sendiri, maka perjalanan juga akan lebih menyenangkan dan tidak ribet tentunya.

  Next

ramadan
tipe liburan

Mana Tipe Liburan yang Cocok dengan Karakter Anda?

fiWismis

10 Tempat Berhantu dan Paling Menyeramkan di Dunia