in

Tips Bobok Nyaman saat Perjalanan Menggunakan Kereta Malam

“Jug gejak gejuk gejak gejuk, kereta berangkat. Jug gejak gejuk gejak gejuk, Hatiku gembira” masih ingat dengan lagu itu? Pas banget deh dinyanyikan jika kamu naik kereta saat malam hari, setuju kan? Bagi sebagian orang, naik kereta itu memberikan sensasi yang nggak akan kamu dapatkan saat naik kendaraan lain, termasuk pesawat terbang lho. Makanya, meski banyak penawaran tiket pesawat terbang murah, pengguna kereta masih tetap banyak. Selain itu, dengan naik kereta malam, kamu bisa menghemat banyak sekali waktu.

Baca juga : Catat Nih, 10 Barang Wajib Saat Liburan di Daerah Panas

Bayangkan saja saat kamu tertidur pada malam hari, tubuhmu dibawa menuju tempat lain. Hal itu bisa menjadi solusi yang tepat bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu. Daripada berangkat pada siang hari kan lebih enak saat malam hari. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa tidur dengan nyaman. Seperti yang kita ketahui jika ada banyak jenis kereta, dan salah memilih justru akan membuat waktu tidurmu tersita. Bukannya beristirahat, kamu jadi begadang semalaman karean tidak bisa tidur. Berikut ini ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum naik kereta.

1. Selalu Gunakan Kompartemen Tidur

Biasanya kereta malam yang disediakan memiliki beberapa jenis dibedakan dari tempat duduk penumpangnya. Mulai dari yang berupa kursi hingga kompartemen tidur. Jika kamu melakukan perjalanan saat malam hari, di mana pada waktu itu kamu biasanya tidur, maka pilihan yang terbaik adalah kompartemen atau kabin tidur. Bentuk kabin ini pun bermacam-macam. Ada yang satu ruangan diisi untuk beberapa orang. Namun, jika kamu datang sendirian bisa memilih kompartemen di ruangan pribadi, lengkap dengan fasilitas lain seperti wastafel dan kamar mandi. Di Indonesia sendiri ada kereta yang sengaja disediakan untuk berwisata.

Kereta Malam [image source]
Kereta Malam [image source]

Alih-alih menemukan kabin dengan kasur yang kecil, kamu akan tidur di kamar-kamar besar layaknya ada di hotel. Hal berbda akan kamu rasakan jika mengandalkan kereta ekonomi biasa. Sebagian orang mungkin tidak masalah tidur di kursi, namun saat bangun tubuh akan pegal-pegal. Padahal, besoknya membutuhkan pikiran yang segar dan tubuh yang sehat. Daripada mengorbankan kenyamananmu lebih baik memilih kereta api dengan kabin tidur. Harganya memang lebih mahal, namun sebanding dengan kenyamanan yang akan kamu dapatkan.

2. Amankan Barang-barangmu

Namanya juga tidur, tentu kamu tidak akan sadar dengan apa-apa yang terjadi di sekitarmu sampai terbangun kembali. Meski berada di kompartemen tidur yang privat sekalipun, keamanan tetap harus diperhatikan. Perampokan dan pencurian bisa terjadi di mana-mana. Dan sebagian menyerang korban yang tengah tertidur pulas sewaktu melakukan perjalanan dengan kendaraan umum seperti bis atau kereta api. Biasanya kompartemen tidur dilengkapi juga dengan lemari yang bisa dikunci. Masukan barang-barangmu di sana, termasuk juga gadget seperti handphone dan lain sebagainya.

Kereta Malam [image source]
Kereta Malam [image source]

Jika kamu menggunakan kabin pribadi, jangan lupa mengunci pintu sebelum tidur. Namun jika dalam satu ruangan terdapat orang lain, maka pilihlah tempat tidur yang ada di atas sendiri. Hal itu akan menjauhkanmu dari jangkauan orang-orang yang berniat jahat. Hal yang sama juga berlaku jika kamu terpaksa tidur di kursi kereta. Amankan barang-barang berhargamu seperti dompet dan handphone di lapisan pakaian bagian dalam. Jadi kamu bisa menggunakan dua pakaian untuk antisipasi.

3. Packing Barang-Barangmu degan baik

Karena kamu akan menginap di kereta, mungkin kamu nanti butuh untuk ke kamar mandi atau berganti pakaian. Akan lebih mudah jika kamu sudah melakukan packing dengan baik. Dengan begitu kamu nggak perlu membongkar isi tasmu hanya untuk mendapatkan sikat gigi atau handuk kecil.

Kereta Malam [image source]
Kereta Malam [image source]

Bukan hanya kamu yang kerepotan, orang-orang di sekitarmu akan terganggu. Pisahkan setiap barang-barang menurut ukuran dan fungsinya. Toiletries bisa ditaruh dalam wadah tersendiri. Sebelum kamu sampai di stasiun lihat kembali barang-barangmu agar tidak ada yang ketinggalan.

Itulah beberapa tips agar kamu mendapatkan istirahat yang maksimal selama naik kereta api malam. Bantal leher juga bisa sangat membantu loh, Semoga informasi di atas bisa membuat perjalananmu semakin nyaman dan aman ya. Next

ramadan

Wisata Religi dengan Napak Tilas ke Masjid-Masjid Tertua di Indonesia

Ini Pelajaran Tak Terlupakan dari Perjalanan Mengelilingi Indonesia