in

Tips Mencuci – Mengeringkan Baju Selama Bepergian

fi

Menjadi seorang traveler memang sangat menyenangkan karena akan mendapatkan segala sesuatu yang baru dan break from routinities yang dihadapi setiap harinya. Akan tetapi ketika bepergian, ada pula saat-saat Anda harus kerepotan.

Baca juga : Pantai-pantai di Indonesia dengan Udara Sejuk Cocok untuk Jogging

Ketika bepergian, ada kalanya baju yang Anda bawa ternyata tidak mencukupi untuk dikenakan karena sudah beberapa kali digunakan dan menjadi kotor, sedangkan jadwal traveling Anda masih cukup lama.

Mau tidak mau, Anda harus mencucinya, bukan? Memang ada pilihan untuk mencucikannya ke pihak laundry, akan tetapi hal tersebut tentunya akan memangkas biaya yang telah Anda tata sebelumnya.

Nah, bagaimana jika perkara pencucian baju Anda kerjakan sendiri? Ada beberapa tips mudah dan singkat dalam mencuci baju yang dapat Anda praktikkan ketika bepergian.

1. Tahap pertama

Gunakan wastafel untuk mencuci [image source]
Gunakan wastafel untuk mencuci [image source]
Jika Anda menginap di hotel, maka Anda dapat menggunakan wastafel untuk mencuci baju. Akan tetapi jika Anda berada di penginapan yang tidak memiliki wastafel, Anda dapat menggunakan kaleng atau ember dalam melakukannya. Isi wastafel atau ember tersebut dengan air hangat beserta beberapa sendok deterjen kemudian aduk hingga berbuih.

2. Tahap kedua

Pisahkan pakaian putih dari yang berwarna [image source]
Pisahkan pakaian putih dari yang berwarna [image source]
Pisahkan pakaian berwarna dengan pakaian yang berwarna putih untuk menghindari lunturnya warna tersebut. Setelah itu, seperti mencuci baju pada umumnya, rendam pakaian yang akan dicuci dan biarkan air yang sudah tercampur dengan bubuk deterjen tersebut membasahi pakaian. Gosok atau kucek pakaian secara perlahan dan merata lalu setelah semuanya selesai, biarkan pakaian dalam ember atau wastafel yang berisi air deterjen tersebut sekitar 5 menit.

3. Tahap ketiga

Bilas pakaian dengan air bersih [image source]
Bilas pakaian dengan air bersih [image source]
Bilas pakaian yang masih penuh dengan sabun deterjen tersebut dengan menggunakan air bersih dan sedikit lakukan pengucekan kembali, terutama di daerah yang terlihat lebih kotor dari bagian lainnya. Setelah terbilas kurang lebih 80% dan buih sabunnya menghilang, jangan diperas karena dapat merusak bahan pakaian, melainkan gantung di bawah shower dan biarkan airnya memberikan bilasan terakhir.

4. Tahap keempat

Gantung pakaian di tempat yang hangat [image source]
Gantung pakaian di tempat yang hangat [image source]
Setelah pakaian dirasa benar-benar bersih dari buih sabun, maka Anda dapat menggantungnya di tempat yang cukup hangat. Seperti di belakang lemari es atau juga di televisi. Apabila tidak memungkinkan, Anda dapat memilih tempat yang cukup berangin untuk menggantung pakaian dan biarkan sampai kering.

5. Tahap kelima

Tentunya akan repot setelah pakaian kering namun tidak memiliki setrika untuk menghaluskan beberapa lipatan yang terlihat di pakaian, bukan? Nah, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan pencatok rambut, hairdrayer sampai dengan botol yang berisikan air panas.

Keringkan pakaian dengan hairdryer atau pencatok rambut [image source]
Keringkan pakaian dengan hairdryer atau pencatok rambut [image source]
Namun jika Anda tinggal di hotel atau penginapan tersebut, maka Anda dapat menggunakan cara klasik untuk menghaluskan pakaian, yaitu melipatnya dengan rapi dan meletakkannya di bawah tumpukan selimut atau bantal selama yang Anda inginkan. Memang hasilnya tidak sesempurna ketika menggunakan setrika, namun setidaknya cukup membantu dalam merapikan atau menghilangkan beberapa kerutan dan lipatan yang ada.

Selamat mencoba. Next

ramadan

Ini dia Destinasi Wisata di Wonosobo, Negeri di Atas Awan

Tips Jitu Liburan Murah Meriah ke Gili Trawangan