in ,

4 Negara dengan Tradisi Unik saat Ramadan, Ada Yang Gunakan Meriam

Lain Ladang Lain Belalang, Tradisi Unik saat Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan selalu menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Berbagai macam persiapan dan harapan dipanjatkan saat menjelang bulan penuh berkah ini. Tak hanya puasanya yang dinantikan, tapi juga tradisi-tradisi yang berlangsung selama bulan Ramadan. Tak hanya Indonesia yang memiliki tradisi setiap menjelan bulan puasa. Tapi lima negara ini juga memiliki tradisi unik Ramadan berikut.

Baca juga : Fakta Virus Corona yang Mengintai Wisatawan di China

Palestina

Persiapan Iftar, buka puasa massal di Palestina via
Persiapan Iftar, buka puasa massal di Palestina via palestinianworld.blogspot.co.id

Palestina memiliki festival bernama Iftar Atar saat bulan ramadan tiba. Iftar Atar sendiri merupakan kegiatan buka puasa massal yang dihadiri oleh penduduk Palestina. Hidangan yang disajikan pun juga sangat khas, Falafel namannya. Sebuah kudapan yang terbuat dari kacang chickpea.

Arab Saudi

Ledakan meriam sebagai tanda berbuka via
Ledakan meriam sebagai tanda berbuka via generasisalaf.wordpress.com

Sebagai pusat umat muslim di dunia, masyarakat Arab Saudi juga memiliki tradisi yang unik saat bulan ramadan tiba. Jika di Indonesia berbuka puasa selalu diawali dengan bedug sebelum adzan, berbeda dengan Arab Saudi. Negara ini menggunakan meriam sebagai tanda berbuka.

Mesir

Lampu Fanoos yang beterbaran saat bulan ramadhan via
Lampu Fanoos yang beterbaran saat bulan ramadan via egyptianstreets.com

Mesir menjadi indah saat bulan Ramadan datang. Karena setiap rumah di Mesir memasang lampu yang bernama Fanous atau lentera Ramadan. Lampu ini menghiasi halaman rumah masyarakat mesir saat bulan puasa tiba. Lampu fanous ini juga memiliki arti tersendiri. Selain menajadi ungkapan kegembiraan menyambut Ramadan, lampu ini juga merupakan simbol sumber cahaya kehidupan manusia.

Turki

Roti Pide yang disebut sebagai pizzanya Turki via
Roti Pide yang disebut sebagai pizzanya Turki via htaste.com.au

Turki memiliki tradisi yang tak jauh berbeda dengan Indonesia. Masyarakat Turki juga terbiasa berkeliling kota untuk membangunkan sahur. Saat buka puasa, makanan yang disajikan adalah roti pide. Makanan yang disebut-sebut sebagai pizzanya Turki. Biasanya kuliner ini disajikan dengan bermacam-macam lauk, begitu pun dengan toppingnya.

Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang. Tradisi setiap negara dalam menyambut ramadan pun juga selalu berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Pernah menemukan tradisi unik lain saat menyambut ramadan?

 

  Next

ramadan

Dari Rompi hingga Kaos Kaki, Kolektif ini Membuat Produk Fashion dapat Dimakan

Ini Destinasi Keren India Pilihan Kadek Arini, Travel Blogger Indonesia