in

Perempuan dan Traveling Sendirian? Pastikan Kamu Tidak Berada di Daerah ini

Liburan adalah kegiatan yang seru, kamu bisa melihat berbagai hal baru. Ada yang indahnya begitu mempesona, namun yang penuh tantangan juga nggak sedikit, pilih saja sesuai dengan seleramu. Dari puncak gunung yang tinggi hingga kedalaman lautan terdapat suguhan keren yang pasti akan memanjakan mata. Itulah mengapa traveling nggak hanya disukai oleh kaum Adam saja, tapi juga perempuan. Siapapun boleh melakukannya selama punya kesempatan dan modal. Jangan dikira modal itu hanya berupa uang saja, tapi juga keberanian. Itu karena kamu akan menghadapi tempat baru dengan suasana yang mungkin asing. Kalau liburannya bareng-bareng sih masih enak, kalian bisa saling menjaga satu sama lain.

Baca juga : Butuh Tenaga Saat Traveling Tapi Takut Gemuk? Santap Ini Saja

Nah kalau sendirian bagaimana? Tentu resikonya akan semakin tinggi, apalagi untuk para perempuan yang menjadi solo traveler. Jika kamu adalah seorang wanita yang dalam waktu dekat ini ingin jalan-jalan sendirian, sebaiknya membekali diri dengan berbagai persiapan. Bawa peralatan untuk melindungi diri seperti pisau kecil dan lain sebagainya, kemudian letakkan di tempat yang mudah dijangkau, misalnya saja di saku jaket. Kumpulkan informasi terkait tujuan wisatamu, hindari beberapa tempat dengan kriteria seperti berikut ini, karena akan sangat membahayakan dirimu.

Lebih baik mencegah dan mengantisipasi daripada kamu harus mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, kejahatan itu bisa terjadi bukan hanya karena niat saja, tetapi karena ada kesempatan. Jadi, tempat atau daerah seperti apa yang harus kamu hindari? Simak ulasan di bawah ini ya.

1. Daerah Gelap dan Sepi

Sekalipun itu perkotaan yang ramai dan hidup 24 jam, pasti ada lokasi-lokasi yang sepi dan gelap. Tempat dengan suasana seperti itu harus kamu hindari saat melakukan perjalanan sendirian. Saat mencari tahu informasi seputar destinasi wisatamu, kamu juga harus memperhatikan masalah seperti akses jalan. Jika kebetulan kamu lewat di jalan yang salah dengan kondisi gelap minim penerangan, maka segera segera hentikan langkahmu dan kembali menuju pusat keramaian.

Jalur sepi [image source]
Jalur sepi [image source]
Cari jalur lain yang tidak gelap dan sepi, jika hanya ada satu jalur itu, lebih baik minta bantuan pihak keamanan untuk mengawalmu sampai di tujuan. Lokasi yang gelap dan sepi biasanya dijadikan tempat beraksinya para penjahat seperti rampok dan begal. Bahkan yang menculik para wanita untuk diperkosa juga nggak sedikit.

2. Negara yang Kasus Pemerkosaannya Tinggi

Siapa sih yang nggak ingin mengintip budaya dan kehidupan di negara lain? Indonesia memang memiliki keindahan alam dan semua yang kita butuhkan dalam hal wisata. Kota-kota besar dengan pusat perbelanjaan mewah pun ada, kamu tinggal pergi tanpa perlu repot dengan berbagai hal seperti saat melancong ke negara lain. Meski begitu, jika memang kamu punya kesempatan, kenapa enggak? Setiap negara memiliki ciri khas, apalagi soal kuliner. Berburu santapan lezat adalah kegiatan seru selama ada di negara lain.

Negara yang tidak aman [image source]
Negara yang tidak aman [image source]
Namun, bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan masalah. Jika tidak hati-hati, kamu bisa jadi korban pelaku kriminal. Apalagi jika datang ke negara-negara dengan kasus pemerkosaan yang tinggi. Jika kamu pergi sendirian, sebaiknya menghindari negara dengan ciri seperti itu. Misalnya saja India, Brasil dan lain sebagainya. Menurut beberapa sumber, kasus kekerasan terhadap wanita terjadi setiap 20 menit sekali di India, cukup mencengangkan bukan? Sebaiknya cari destinasi wisata lain yang lebih aman. Atau kalau sudah ngebet ingin ke sana, jangan pergi sendirian.

3. Tempat yang Terkenal sebagai Sarang Penjahat

Yang namanya penjahat memang ada di mana-mana, bukan hanya di India saja, tapi juga negara-negara lain, termasuk di Indonesia. Namun bukan hanya daerah dengan tingkat pemerkosaan tinggi saja yang harus kamu hindari saat traveling sendirian, para wanita juga harus tahu tempat-tempat yang terkenal sebagai sarang penjahat. Itulah mengapa penting sekali mencari informasi sebelum berangkat. Traveling itu adalah kegiatan yang menyenangkan, namun bisa jadi penyesalan jika kami tidak hati-hati dan melakukan persiapan dengan baik.

Sarang penjahat [image source]
Sarang penjahat [image source]
Karena kurangnya informasi, kamu jadi kelihatan bingung bahkan sampai kesasar. Membawa peta yang gede malah akan menunjukkan kamu sebagai wisatawan yang nggak tau arah dan kebingungan. Bukannya membuat orang lain jadi ingin membantu, malah berniat melakukan kejahatan. Kamu bisa menjadi korban rampok dan begal, jika sudah begitu kamu sendiri yang akan menyesal.

4. Penginapan di Lokasi yang Terpencil

Traveling kadang kurang greget jika hanya dilakukan dalam sehari saja, apalagi jika lokasi tujuannya cukup jauh. Tinggal di penginapan adalah solusi yang paling tepat selain mengandalkan rumah saudara atau mungkin tempat umum. Bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidur di dalam mobil karena ingin berhemat. Di mana saja tempatnya itu nggak masalah, hanya saja harus memperhatikan lingkungan sekitar. Jika kamu adalah wanita yang ke mana-mana sendirian, pastikan untuk tidak menginap di tempat sepi dan terpencil.

Penginapan terpencil [image source]
Penginapan terpencil [image source]
Resiko kejahatan bisa lebih mungkin terjadi di tempat seperti itu. Apalagi jika kamu jalan kaki tanpa menggunakan kendaraan. Perjalanan menuju penginapan melewati jalur sepi bisa sangat membahayakan dirimu. Orang yang semula hanya sekadar lewat saja, namun melihat kamu sendirian di tempat sepi bisa memiliki niatan jahat untuk merampok bahkan memperkosa.

Itulah beberapa tempat berbahaya yang harus dihindari oleh para perempuan yang ingin jalan-jalan sendirian. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membuat perjalananmu lebih nyaman dan aman. Next

ramadan

Mantapkan Hati Untuk Solo Traveling, Sudahkah Kamu Mempunyai ‘Modal’ ini?

Liburan Saat Musim Hujan, Coret Daftar Objek Wisata ini Jika Mau Selamat