in ,

Suka Musik? Napak Tilas ke Venue Musik Paling Ikonik di Dunia

Sudah Tahu di Mana Panggung Pertama The Beatles?

Perjalanan sekaligus evolusi dunia musik melahirkan sejarah-sejarah baru dalam dunia hiburan. Karena musik bukan lagi hanya menjadi sebuah gaya hidup, tapi juga sub-budaya yang lahir dari masa ke masa. Nama-nama musisi yang melegenda juga salah satu peninggalan sejarah dalam perjalanan panjang dunia musik. Namun tak hanya musisi yang menjadi bukti sejarahnya, beberapa venue musik ikonik dunia berikut ini juga menjelma menjadi tempat bersejarah.

Baca juga : 5 Pesona Timor Leste, Negeri Indah yang Terbuang dan Dilupakan!

1. London Astoria

Bagian depan London Astoria via instagram/@savenightlife

London Astoria adalah sebuah gedung yang berada di jantung Inggris, London. Tempat ini merupakan lokasi yang ikonik untuk manggung di Inggris. Beberapa nama grup musik papan atas seperti Oasis, Pearl Jam, The Rolling Stones, dan Nirvana pernah menggelar konser di tempat ini. Namun sayangnya tempat ini telah ditutup sejak tahun 2009 silam.

2. Nippon Budokan Hall

Gerbang utama Nippon Budukan Hall via instagram/@shoma_aruku

Nippon Budokan Hall adalah bangunan indoor yang juga sering manjadi lokasi konser musisi papan atas. Grup musik papan atas seperi Bob Dylan, Blur, dan Avril Lavigne pernah menggelar konser di tempat ini serta didokumentasikan secara eksklusif. Uniknya lagi, tempat ini juga dikabarkan menjadi panggung pertama The Beatles saat menggelar tur di Jepang pada tahun 1966.

3. The Hollywood Bowl

The Hollywood Bowl yang berbentuk amphitheater via instagram/@always_alysse

Hollywood Bowl adalah sebuah venue konser yang berbentuk amphitheater. Lokasinya berada di Los Angeles. Dibangun pada tahun 1922, tempat ini pernah diramaikan oleh konser The Beatles, Pink Floyd, juga Morrisey. Dokumentasi konser-konser besar di tempat ini biasanya juga didokumentasikan secara langsung dengan tajuk ‘Live at The Hollywood Bowl.

4. The Cavern Club

Pengunjung sedang berfoto dengan patung John lennon di depan Cavern Club via instagram/@quieroelmundook

Dari Hollywood beralih ke Liverpool. Di kota ini terdapat sebuah venue dengan nama The Cavern Club. Tempat ini adalah saksi dari panggung pertama The Beatles pada tahun 1961. Saat ini Cavern Club tak hanya menjadi sebuah club dan tempat menggelar konser saja, namun juga menjadi tempat wisata.

5. Country Bluegrass Blues and Other Music For Uplifting Gormandizers (CBGB & OMFUG)

Pemiliki CBGB, Hilly Kristal di depan pub miliknya via instagram/@cbgbofficial

Bagi pecinta musik di New York, nama CBGB & OMFUG bukan kata-kata yang terdengar asing di telinga. Pub yang didirikan oleh Hilly Kristal ini seringkali menjadi panggung pertama bagi musisi-musisi indie di sekitarnya. The Ramones adalah salah satu band yang sering manggung di sini. Namun sayangnya pada Oktober 2006 tempat ini ditutup dan berganti menjadi sebuah butik yang bernama John Varvatos Boutique, Bowery 315.

Lokasi-lokasi yang biasa digunakan menggelar konser juga menjadi salah satu peninggalan sejarah dunia musik. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan musik juga termasuk traveling lho. Kalau di Indonesia mana yang pernah kamu kunjungi? Next

ramadan
Infinity War

Tempat di Indonesia yang Mirip dengan Latar Film Avengers Infinity War

Bukan Sembarang Jalan, Ini 4 Gang Kuliner Terkenal di Nusantara