in ,

Wisata di Miri Sarawak Malaysia, Ada Rumah yang Panjangnya Tidak Terhingga!

Wisata di Miri Sarawak, Nggak Kalah Mengasyikan dengan Kuala Lumpur

Beberapa atraksi wisata di Miri Sarawak Malaysia takkalah seru dengan atraksi menyenangkan yang ada di Kuala Lumpur. Berbatasan dengan Brunei Darussalam dan masih ada dalam satu kawasan dengan Kalimantan, Kota Miri miliki keunikan tersendiri. Terlebih sekarang akses menuju Miri lebih mudah menggunakan pesawat dengan jarak tempuh sekitar dua jam saja. Liburan ke sini, Teman Traveler bisa menjelajah rumah yang panjangnya tidak terhingga. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya!

Baca juga : Setelah 1 Abad Tenggelam, Kini Bisa Menginap di Titanic

1. Entulang Long House

Entulang Long House yang Unik dari Sarawak via Instagram/ mimishahiro

Mengunjungi tempat wisata di Miri Sarawak, taklengkap tanpa singgah ke Entulang Long House, yaitu rumah panjang yang merupakan tempat tinggal penduduk asli Miri. Entulang Long House dihuni oleh satu keluarga. Uniknya, setiap ada anggota keluarga menikah, rumah baru pun dibangun di bagian samping rumah yang paling ujung.

Rumah Panggung yang Panjang via Instagram/ timokhor

Bentuk Entulang Long House yang memanjang ini sungguh menarik perhatian. Bangunannya berbentuk rumah panggung dengan halaman depan yang memanjang berupa ruangan tanpa sekat. Dilapisi karpet yang terbuat dari plastik, banyak penghuni rumah beraktivitas di ruangan ini.

2. Lambir Hills National Park

Pohon Rimbun di Lambir Hills via Instagram/ lifeofgeorge_

Lambir Hills National Park merupakan satu dari empat taman nasional yang ada di kawasan Sarawak, Malaysia. Lambir Hills luasnya sekitar 6.952 hektare. Di sini tumbuh dan tinggal berbagai flora dan fauna khas Kalimantan yang dilindungi.

Air Terjun di Lambir Hills via Instagram/ hanafizainal_87

Selain itu, daya tarik lain yang dimiliki taman nasional ini adalah Air Terjun Latak. Kesegaran air terjun di kawasan ini memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup habitat yang ada di Sarawak. Selain itu, ia juga menjadi sumber mata air utama yang ada di Sarawak.

3. Canada Hills

Pemandangan Indah dari Canada Hills via Instagram/ sofia_tj_

Tempat wisata di Miri Sarawak selanjutnya yang nggak boleh dilewatkan adalah Canada Hills. Ia merupakan sebuah dataran tinggi dengan suguhan pemandangan yang memukau. Teman Traveler bisa melihat Miri dari atas, berikut laut lepas. Di sini, Teman Traveler juga bisa bertandang ke The Grand Old Lady, sebuah monumen dari sumur minyak yang beroperasi di Serawak dari 1910 sampai 1972.

4. Museum Petroleum

Muzium Petroleum via Instagram/ norhidayahidriss

Berada takjauh dari The Grand Old Lady, Teman Traveler juga bisa berkunjung ke Muzium Petroleum atau Petroleum Museum. Selayaknya museum, di sini Teman Traveler juga akan mendapatkan informasi mengenai sejarah industri minyak yang berlangsung di Miri, Serawak. Mulai dari perkembangan hingga kontribusi minyak bagi masyarakat Miri.

5. San Ching Tian Temple

Klenteng Taoist Terbesar di Asia Tenggara via Instagram/ ivy_yee_yee

Kota Miri bukan hanya ditinggali oleh masyarakat Melayu, melainkan keturunan Tionghua juga. Karena itu jangan heran jika di sini juga terdapat klenteng. Salah satunya adalah San Ching Tian Temple. Bukan sembarang, San Ching Tian Temple merupakan Klenteng Taoist terbesar di Asia Tenggara.

Jalan-jalan ke Klenteng Taoits Terbesar di Asia Tenggara via Instagram/ kittykittypuss

Klenteng San Ching Tian memiliki luas sekitar 1,5 hektare. Bangunannya kental dengan ornamen-ornamen oriental yang khas. Teman Traveler akan dibuat takjub dengan detail yang indah di setiap sudutnya. Sungguh cantik!

Wisata di Miri Sarawak tidak kalah seru dengan wisata di Kuala Lumpur. Teman Traveler bisa menjadikannya jujugan saat liburan nanti. Nggak penasaran dengan long house yang unik? Agendakan segera kalau begitu ya! Next

ramadan

Bubur Kok Digoreng? Coba Dulu, Uniknya Bubur Goreng Bang Juna

Hostel Simplycity Bandung

Simplycity Bandung, Hostel Syariah yang Murah dengan Nuansa Asyik dan Instagenic