in ,

5 Negara Tujuan Wisata Medis, Kamu Wajib Tahu!

Beberapa tahun belakangan, daya tarik wisatawan Indonesia untuk liburan ke luar negeri makin meningkat. Tak hanya untuk menikmati keindahan alam di negara lain, beberapa di antaranya memiliki tujuan tersendiri yaitu perawatan kesehatan. Yap, pariwisata medis memang tengah booming di Asia berkat harga murah tapi peralatan dan infrastruktur yang canggih. Nah, di mana saja negara yang menjadi tujuan wisata medis ini? Berikut rangkuman selengkapnya!

Baca juga : Melihat Eksotisnya Paris di Film Fantastic Beast 2

Singapura

Taman Merlion Singapura
Taman Merlion Singapura [image source]
Berniat untuk wisata medis tak jauh dari Indonesia? Terbang saja ke Singapura. Negara satu ini tak hanya memiliki banyak foodstreet halal yang murah tapi juga terkenal dengan dunia medisnya yang keren. Bahkan, klinik serta rumah sakit disana mendapatkan predikat sebagai pendiagnosa kanker terbaik di dunia. Tak heran jika Singapura menempati urutan ke 6 di seluruh dunia untuk sistem kesehatannya. Keren bukan?

Mount Elizabeth Hospital
Mount Elizabeth Hospital [image source]

Korea Selatan

Everland Theme Park
Everland Theme Park [image source]
Jika Singapura sangat cocok untuk perawatan kesehatan serius, berbeda lagi dengan negara kelahiran Gong Yoo. Yap, Korea Selatan juga merupakan tujuan wisata medis, namun lebih fokus dengan bedah kosmetik. Bahkan sejak tahun 2009, peningkatan operasi bedah yang mereka lakukan naik drastis setelah teknik operasional bernama Tip Plasty ditemukan. Tip Plasty sendiri berupa teknik bedah dimana ukuran dan bentuk ujung hidung pasien diubah.

Ruang Bedah JK Plastic
Ruang Bedah JK Plastic [image source]

Thailand

Royal Palace Bangkok
Royal Palace Bangkok [image source]
Negara berikutnya yang menjadi tujuan wisata medis adalah Thailand. Menyusul Singapura, negara di Asia Tenggara ini dikunjungi lebih dari 1,2 juta pasien di tahun 2013 lalu. Banyaknya orang yang datang ke Thailand ini dikarenakan akreditasi rumah sakit yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Seperti RS Bumrungrad International yang memiliki 225 dokter dan ahli bedah papan atas AS. Tak hanya itu saja, rumah sakit ini juga populer lantaran operasi ganti gender terbaik.

Kamar Bumrungrad International
Kamar Bumrungrad International [image source]

India

Taj Mahal
Taj Mahal [image source]
Siapa bilang banyaknya wisatawan yang datang ke India hanya ingin berkunjung ke Taj Mahal dan Khasmir. Ternyata, salah satu yang menarik perhatian banyak orang adalah wisata medis mereka yang sudah terkenal. Salah satu yang menjadi tujuan pengunjung ini adalah Rumah Sakit Wockhardt Harvard yang ada di Mumbai. Di rumah sakit ini, hampir semua tenaga ahlinya memiliki keahlian yang tidak kalah dengan negara lain. Yang paling menggiurkan adalah biaya yang terbilang cukup terjangkau dibandingkan di Amerika.

Medical Tourism in India
Medical Tourism diĀ India [image source]

Malaysia

Penang Malaysia
Penang Malaysia [image source]
Sebagai salah satu tetangga terdekat Indonesia, Malaysia tak hanya menawarkan pemandangan alam tropis. Ternyata, wisata medis di negara ini juga terkenal di penjuru dunia. Bukan hanya karena tenaga medis yang ahli, tapi biaya perawatan di sini cukup terjangkau. Padahal fasilitas yang disediakan sudah bersertifikat internasional. Wah, tertarik untuk berwisata medis di Malaysia? Jangan lupa untuk berkunjung ke kota Khao Yai.

Medical Tourism in Malaysia
Medical Tourism in Malaysia [image source]
Nah, sudah tahu kan mana saja negara yang menyediakan wisata medis? Wah, tidak perlu jauh-jauh ke Eropa, di sekitar Asia saja sudah banyak dan juga terpercaya. Next

ramadan
Hello Kitty Cafe, Pantai Indah Kapuk

Siapkan Baju Pink-mu, Yuk Hangout di Hello Kitty Cafe

Budug Asu

Budug Asu, Wisata Baru di Malang untuk Kamu yang Rindu Alam