in

10 Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Selatan Jawa, Pas Dikunjungi Saat Mudik Ataupun Balik

Bromo [image source]

Salah satu jalur yang sering digunakan para pemudik ada di selatan Jawa. Jalan ini umumnya menjadi alternatif untuk menghindari kemacetan yang hampir selalu pasti terjadi di Pantura. Jika melewatinya kamu akan melihat banyak pemandangan indah dan juga tempat-tempat wisata keren lho. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah tempat wisata di sepanjang jalur selatan Jawa yang bisa dikunjungi baik saat mudik atau waktu balik.

Baca juga : Orang Pacitan Ngabuburitnya di 10 Tempat Ini

1. Kawah Putih dan Trans Studio Bandung

Kawah Putih [image source]

Pilihan wisata alam yang cocok disinggahi saat melintasi Bandung adalah Kawah Putih yang menghadirkan wajah alam yang sangat indah dengan kawahnya yang berisi air berwarna putih kehijauan. Sedangkan jika suka dengan tempat wisata buatan, pemudik bisa berkunjung ke Trans Studio Bandung. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 150.000 pada hari biasa traveler sudah bisa mengunjungi banyak wahana yang terdapat di dalam gedung. Untuk mengetahui tempat wisata lainnya di Bandung silahkan klik tautan berikut: Tempat Wisata di Bandung.

Lokasi : Kawah Putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat,

2. Candi Cangkuang, Garut

Candi Cangkuang [image source]

Tempat lain yang bisa disinggahi di Jawa Barat adalah Candi Cangkuang, merupakan satu-satunya candi bercorak Hindu yang berada di tanah Pasundan. Candinya sendiri berada di tengah danau yang bernama Situ Cangkuang. Sudah pasti pemandangan yang tersaji di candi ini sangat cantik dengan kepungan danau di sekelilingnya. Destinasi lainnya di Garut bisa kalian lihat di sini.

Lokasi : desa Cangkuang, kecamatan Leles atau berada di sebelah utara kabupaten Garut.

3. Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung Naga [image source]

Di kampung adat ini traveler bisa belajar banyak budaya asli yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal. Selain itu traveler yang sedang mudik juga bisa berbelanja oleh-oleh di Tasikmalaya, caranya dengan datang ke Sentra Kerajinan Anyaman Rajapolah yang terletak 10 kilometer menjelang kota Ciamis dan Sentra Kerajinan Bordir Tasik di Jalan Air Tanjung, desa Kawalu. Tujuan wisata lainnya di Tasikmalaya bisa dibaca di ulasan berikut.

Lokasi :  Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat

4. Green Canyon dan Pantai Batukaras, Ciamis

Green Canyon [image source]

Pilihan lainnnya adalah dengan berperahu menyusuri sungai di Green Canyon. Green Canyon menampilkan Lanskap alam di Green Canyon ini disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon Colorado di Amerika. Selain dua tempat tersebut Ciamis masih punya banyak tempat wisata menarik yang bisa kalian baca di sini.

Lokasi : Desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis.

5. Baturaden, Banyumas

Baturraden [image source]

Kawasan Batubaren ini terdapat objek wisata yang terbagi menjadi beberapa zona yang bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing pengunjung. Terdapat Taman Bitanin untuk pengunjung yang suka dengan tanaman langka. Ada lagi waterboom yang sangat disukai anak-anak serta Taman Kaloka Widya Mandala yang memiliki koleksi satwa langka. Buat yang mau mengeksplorasi lebih banyak tentang tempat wisata di Banyumas, Travelingyuk punya rekomendasinya di sini.

LOkasi : Kabupaten Banyumas

6. Benteng Pendem, Cilacap

Benteng Pendem [image source]

Dilihat dari luar Beteng Pendem lebih mirip seperti bunker. Di dalamnya banyak terdapat ruang yang pernah digunakan sebagai kamar, gudang amunisi hingga ruang medis. Tak ketinggalan pula adanya situs makam kuno di sisi sebelah selatan benteng. Info wisata kabupaten Cilacap selengkapnya bisa traveler baca dengan mengklik tautan ini.

Lokasi : Jl. Benteng, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tenga

7. Pantai-Pantai di Yogyakarta

Pantai di Jogja [image source]

Melanjutkan perjalanan ke arah timur, traveler akan melewati kabupaten Gunungkidul dan Bantul yang juga masih masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini terkenal memiliki banyak pantai yang indah. Jumlahnya ada banyak, traveler tinggal pilih salah satu saja yang berada dekat dengan jalur mudik. Informasi lengkap mengenai wisata Gunungkidul ada di artikel berikut.

Lokasi : Pantai Parangtritis, Bantul, Jogjakarta

8. Pantai di Pacitan

Pantai Klayar [image source]

Pemudik yang datang dari arah barat menuju ke kota Pacitan akan melewati banyak sekali tempat wisata keren di kabupaten ini. Pacitan punya banyak gua dan pantai yang indah pas untuk dijadikan tujuan singgah kala traveler mudik melewati jalur lintas selatan pulau Jawa. Dari arah barat ada Gua Gong, Pantai Klayar, Pantai Buyutan dan Pantai Banyu Tibo.

Lokasi : Pantai Klayar, Belah, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

9. Jatim Park hingga Agrowisata Petik Apel di Kota Batu

Petik Apel [image source]

Kalau khawatir capek, bisa mengalihkan tujuan ke agrowisata petik buah apel salah satu yang terkenal adalah Kebun Apel Kusuma Agrowisata di Kota Batu. Di sana traveler bisa memetik sendiri buah apel untuk oleh-oleh keluarga di kampung. Klik tautan ini untuk menemukan tempat wisata lainnya di kota Batu.

Lokasi : Kota Batu, Jawa Timur

10. Gunung Bromo, Pasuruan

Bromo [image source]

Jangan cuma melihat keindahan matahari terbit di Bromo dari instagram teman atau televisi saja. Jika ada kesempatan untuk mengunjunginya maka sempatkan untuk datang ke gunung ini, dijamin tidak akan menyesal. Tempat wisata di Pasuruan yang lebih lengkap bisa dibaca di tautan berikut.

Sekerang sudah lebih semangat kan untuk menghadapi mudik, soalnya beberapa tempat di atas sudah menunggumu. Jadi, mau mampir ke mana dulu nih? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Iuh, Traveling ke Victoria Traveler Bisa Berjumpa Cacing Raksasa

3 Pemandangan Dunia Lain di Timur Tengah