in , , , ,

Janda Berenang, Jajanan Khas Sumbawa yang Nikmat buat Berbuka Puasa

Janda berenang adalah jajanan dodol khas Sumbawa yang manis dan nikmat, biasanya diserbu untuk acara besar hingga menu berbuka puasa.

Janda Berenang Khas Sumbawa

Janda berenang jadi salah satu jajanan khas Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Selain punya keunikan di namanya, jajanan ini menjadi sajian di acara-acara besar. Rasanya yang begitu manis dan nikmat, juga menjadikan jajanan ini favorit masyarakat Sumbawa untuk menu berbuka puasa.

Baca juga : Try the Different Types of Surfing in Bali

Nama Unik Janda Berenang

Janda Berenang
Foto via IDNTimes

Konon, nama janda berenang berasal dari seorang perempuan yang tengah membuat kue. Perempuan tersebut adalah seorang janda, kemudian ia membuat kue. Namun saat membuat kue, janda tersebut pergi dari rumah dan tidak kembali lagi. Berenang dalam bahasa Sumbawa berarti pergi. Maka itulah, kue ini diberi nama janda berenang, yaitu janda yang telah pergi.

Bahan dan Cara Membuat Janda Berenang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan khas Sumbawa ini sangat sederhana. Kamu hanya membutuhkan kacang hijau yang sudah disangrai kemudian ditumbuk menjadi bubuk. Selain kacang hijau, ada gula pasir, gula merah, tepung maizena, dan pewarna makanan. Kamu juga butuh daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkusnya.

Janda Berenang
Foto via ANTVKlik

Cara pembuatannya pun tak sulit. Pertama-tama membuat dodolnya, yaitu dengan mencampurkan kacang hijau bubuk dengan gula pasir, gula merah, dan santan. Aduk adonan sembari dimasak sampai jadi dodol. Setelah itu, campur secara terpisah tepung maizena, santan, gula pasir, dan pewarna makanan. Masak campuran tepung sampai mengental.

Setelah adonan tepung jadi, letakkan adonan tepung di dalam daun pisang dan isi dengan irisan dodol kacang hijau. Bungkus daun pisang dan amankan dengan tusuk gigi. Kue janda berenang siap disantap.

Jadi Menu Favorit Buka Puasa

Jajanan Khas Sumbawa
Foto via Viva

Mencari takjil sambil ngabuburit, jadi kegiatan yang sangat umum ditemukan saat bulan Ramadan. Pasar-pasar Ramadan buka di beberapa titik, ramai penjual hingga pengunjung yang ingin membeli makanan untuk berbuka. Kalau kamu berada di Sumbawa, janda berenang akan menjadi salah satu takjil yang banyak dijual dan diincar para pembeli. Apalagi kalau bukan karena rasanya yang manis, enak, dan mudah untuk dikonsumsi.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana sih rasanya jajanan khas Sumbawa ini untuk berbuka puasa, kamu bisa mencoba untuk membuatnya di rumah. Next

ramadan
Pantai di Kalimantan Selatan

Menelusuri Keindahan Pantai di Kalimantan Selatan, Tenang Cocok buat Healing

Olahan Alpukat Menu Buka Puasa

Olahan Alpukat untuk Buka Puasa, Simpel dan Mengenyangkan