in , , , ,

3 Depot Es Campur Legendaris di Malang yang Cocok Buat Menu Berbuka Puasa

Dengan isian yang melimpah, kesegaran es, dan rasa manis yang pas, es campur legendaris di Malang ini cocok banget buat menu berbuka puasa.

Es Campur Legendaris Malang

Es campur bisa jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa bagi kamu yang ingin segera merasakan kesegaran yang manis-manis melewati tenggorokan. Selain segar, es campur juga mengenyangkan karena terdapat berbagai isi di dalamnya. Kalau kamu sedang ada di Malang, tempat es campur legendaris ini bisa banget kamu kunjungi menjelang waktu berbuka puasa.

Baca juga : Sudah Pernah Jadi ‘Bidadari Jogja’ dengan Berpose di Sini?

Depot Es Talun, es campur legendaris di Malang sejak 1950

Depot Es Talun menjadi salah satu depot es campur yang legendaris di Malang. Sudah berdiri sejak 72 tahun lalu, depot ini tidak berpindah tempat sama sekali. Sejak tahun 1950, Depot Es Talun tetap berada di Jalan Arif Rahman Hakim No. 2, Malang. Tidak begitu jauh dari Alun-Alun Kota Malang, hanya berjarak 400 meter atau sekitar 5 menit berjalan kaki. Jadi, kamu bisa ngabuburit di alun-alun, kemudian berjalan kaki ke Depot Es Talun untuk berbuka puasa.

Es Campur Legendaris Malang
Foto via Instagram

Depot Es Talun menyediakan berbagai varian es, di antaranya es teler durian, es buah, jus, milkshake, dan tentunya es campur khas Depot Es Talun. Saat ke sini, pastikan kamu memesan es campur khas yang diberi nama Es Campur Legenda. Semangkuk es serut dengan isian cincau, dawet, kolang-kaling, tape hitam, nanas, dan mutiara. Bakal cukup mengenyangkan untuk menu berbuka puasa dengan harga Rp15.000. Di sini juga menyediakan beberapa pilihan makanan seperti pangsit mie, rujak cingur, dan gado-gado.

2. Es Rampal Pak Dji, manjakan lidah pelanggan sejak 1980

Selain Depot Es Talun, tempat legendaris yang menyediakan es campur di Malang adalah Es Rampal Pak Dji. Sejak tahun 1980, Pak Sutiadji sebagai pemilik depot menyediakan es campur yang tak pernah berubah resepnya. Tak heran, setelah dilanjutkan oleh sang penerus, es campur di depot ini tetap menjadi favorit banyak orang. Jika sebelumnya Es Rampal Pak Dji terletak di Jalan Urip Sumoharjo, kini telah berpindah ke Jalan Danau Maninjau Barat, No. B2-C17, Sawojajar, Kecamatan Kedungkadang, Malang sejak tahun 2017 lalu.

Es Campur Legendaris Malang
Foto via Sugeng HP

Sedikit berbeda dengan yang lainnya, es campur di sini memiliki isian yang lebih banyak dari biasanya. Dari dulu hingga sekarang, terdapat 10 isian di dalam semangkuk es campur. Selain cincau, kolang-kaling, kelapa muda, tape singkong, dawet hijau dan merah, terdapat potongan nanas, pepaya, roti, dan kacang hijau. Es campur kemudian disiram dengan sirup yang menggunakan 100 persen gula pasir.

Selain es campur, Es Rampal Pak Dji menyediakan beberapa menu es lainnya yaitu es buah, es kacang hijau, es teler, dan es soda gembira. Sedangkan untuk makanan, terdapat pangsit mie, gado-gado, tahu telor, tahu lontong, dan tahu bumbu. Berbagai varian es dibanderol dengan harga mulai Rp13.500, sedangkan makanan bisa didapatkan mulai dari Rp12.500.

3. Es Campur Tempoe Doeloe Pak Slamet Malang, legendaris sejak 1980

Warung es campur yang terletak di Jalan Puntodewo Raya No. 42 Polehan, Kecamatan Blimbing, Malang ini juga sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Tepatnya sejak tahun 1980, Es Campur Tempoe Doeloe Pak Slamet sudah memanjakan lidah pecinta es campur. Tak berbeda jauh dari yang lain, isian es campur ada kolang-kaling, dawet, cincau, kelapa muda, blewah, dan alpukat saat sedang musim. Kemudian dicampur dengan serutan es batu, susu, dan gula putih cair.

Es Campur Tempoe Doeloe Pak Slamet
Es Campur Tempo Dulu Mbah Slamet (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Ada trik tersendiri saat membuat gula putih cair agar tidak hanya sekedar manis, tapi juga mengeluarkan cita rasa sedap. Maka itulah, es campur di sini begitu sedap. Selain itu, tak ada rahasia khusus untuk bisa menjaga es campur yang memiliki pelanggan setia selama puluhan tahun. Penjual hanya memberikan yang terbaik, yaitu rasa yang tetap sama dan keramahan pada para pelanggan.

Nah, buat kamu yang bingung mau berbuka puasa dengan menu apa, bisa banget melipir ke salah satu depot es campur legendaris di Malang ini. Next

ramadan
Resep Pepes Tahu

Resep Pepes Tahu untuk Menu Sahur dan Buka Puasa, Sehat dan Praktis

Pantai di Kalimantan Selatan

Menelusuri Keindahan Pantai di Kalimantan Selatan, Tenang Cocok buat Healing