in , , ,

4 Masjid Suci di Dunia, Tempat Rasulullah Beribadah

4 Masjid paling suci

fi masjid suci

Banyak sekali masjid yang dibangun indah dengan bangunan megah dan membuat nyaman para jemaah saat melakukan ibadah. Dari semua itu ada tempat ibadah umat Islam yang diyakini paling suci, karena pernah menjadi tempat beribadah Nabi Muhammad SAW. Berikut 4 masjid suci di dunia, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Ini Dia Deretan Kuliner Pedas di Korea, Pecinta Cabe Harus Coba

1. Masjidil Haram

masjidil haram
Ilustrasi via pexels Shams Alam Ansari

Pertama ada masjid tertua di dunia yaitu Masjidil Haram yang berlokasi di kota Makkah al-Mukarramah di mana seluruh umat Islam menunaikan ibadah haji. Masjid termegah dan terbesar, tempat kiblat umat muslim Ka’bah berada, memiliki tiga lantai yang dapat menampung 1 juta orang. Selain itu ada sumur zamzam, hajar aswad, dan makan Nabi Ibrahim.

2. Masjid Nabawi

masjid nabawi
Ilustrasi via instagram ahlu_sunnah_world

Berikutnya ada Masjid Nabawi di Madinah menjadi masjid terbesar kedua, masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW beserta sahabatnya. Di sini juga merupakan kediaman serta makan Rasulullah. Banyak umat muslim di dunia menunaikan umrah atau berhaji wisata religi, berziarah dan beribadah di dalam masjidnya yang nyaman ini.

3. Masjid Quba

masjid quba
Ilustrasi via instagram farazn

Selanjutnya ada Masjid Quba terjarak sekitar 3 km dari Masjid Nabawi, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Para jemaah umrah dan haji tidak pernah melewatkan untuk melaksanakan sholat di sini.

Sesuai dalam hadist, Rasulullah bersabda bahwa siapa yang sholat 2 rakaat di Masjid Quba pahalanya sama seperti melaksanakan umrah. Sebelumnya masjid Quba mempunyai arah kiblat menghadap ke arah Baitul Maqdis di Yerusalem kemudian saat ini kiblat ke arah Ka’bah.

4. Masjid Al-Aqsa

masjid al aqsa
Ilustrasi via pexels Mauricio Artieda

Terakhir ada Masjid Al-Aqsa tertua kedua di dunia berada di Yerusalem Palestina adalah kiblat pertama umat Islam. Masjid yang ada pada peristiwa Isra Miraj, pada malam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pergi dari Masjidil Haram menuju Masjid Al-Aqsa dan melaksanakan sholat sekaligus menjadi imam dengan jemaah para nabi-nabi terdahulu.

Demikian ulasan 4 masjid suci di dunia tempat Rasulullah beribadah pada masanya. Next

ramadan
fi shrewsbury prison

Bermain Escape Room Dalam Penjara Sungguhan di Shrewsbury Prison Inggris

fi kuliner tengah malam

Kuliner Tengah Malam di Jogja, Menu Sahur Dengan Gudeg