in

5 Pesawat Delay karena Kura-Kura Jalan Santai di Landasan Pacu Bandara

Pesawat delay karena kura-kura terjadi di Bandara Internasional Narita Jepang karena berjalan santai di landasan pacu dan menyebabkan 5 terlambat terbang.

Pesawat Delay karena Kura-Kura

Pesawat delay atau mengalami keterlambatan, memang sudah biasa. Penyebabnya bisa beragam, seperti masalah teknis maupun lainnya. Tapi, apakah kamu pernah mendengar pesawat delay karena kura-kura? Ya, kura-kura pernah menjadi penyebab beberapa pesawat sekaligus tertunda terbang di salah satu bandara.

Baca juga : Lahir di Dalam Pesawat Saat Terbang, Bayi Ini Dapat Hadiah Keliling Dunia Gratis

Pesawat Delay karena Kura-Kura

Pada tahun 2021 lalu, tepatnya hari Jumat, 24 September, sempat terjadi hal yang menghebohkan di Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang. 5 penerbangan mengalami keterlambatan terbang karena seorang pilot melaporkan melihat kura-kura di lintasan pesawat.

Ilustrasi Kura-Kura Penyu
Foto via Petco

Seekor penyu berjalan perlahan di landasan pacu sepanjang 4 kilometer tersebut sekitar pukul 11:35 waktu setempat. Selama 12 menit, lintasan pesawat sebelah kiri ditutup dalam rangka menyelamatkan kura-kura tersebut. Dengan menggunakan jaring, petugas mengambil penyu dari landasan di bandara tersibuk kedua di Jepang ini.

Pesawat Delay karena Kura-Kura
Foto via Simple Flying Images

Pasca menyelamatkan kura-kura, petugas memeriksa sekitar landasan pacu apakah ada benda asing lainnya. Setelah memastikan landasan aman, 5 pesawat yang sudah tertunda keberangkatannya selama 15 menit itu pun lepas landas.

Kura-Kura Penghuni Kolam Bandara

Kura-kura yang dengan santainya berjalan di landasan pacu ini memiliki panjang tubuh 30 sentimeter dengan berat badan 2,1 kilogram. Hewan ini adalah penghuni kolam yang berada 100 meter dari lintasan pesawat di Bandara Internasional Narita.

All Nippon Airways
Foto via CNN

Uniknya, salah satu maskapai yang terdampak adalah All Nippon Airways (ANA) Airbus A380. Di badan pesawat, terdapat corak penyu laut berwarna biru muda dan biru gelap. Dilansir dari Kompas, desain tersebut memiliki arti di mana penyu merupakan simbol keberuntungan. Pihak maskapai mengatakan, adanya penyu yang melintas sebelum pesawat lepas landas, diharapkan sebagai keberuntungan.

Pihak Bandara Pasang Perangkap

Tidak tinggal diam, pihak Bandara Internasional Narita memasang banyak perangkap kura-kura di sekitar kolam penyu yang ada di area bandara. Perangkap tersebut terbuat dari pipa dan jaring-jaring. Kura-kura keluar dari kolam dan menuju landasan pacu untuk berjemur. Sehingga, ketika memanjat dari kolam, mereka akan jatuh ke perangkap.

Pesawat Delay karena Kura-Kura
Foto via VOI

Perangkap yang dipasang agar mencegah hewan itu masuk ke landasan ini, tentunya aman untuk kehidupan penyu. Perangkap-perangkap dipasang pada Rabu, 20 April 2022.

Jika pesawat delay karena hewan lain seperti anjing, kelinci, atau rakun sudah pernah terjadi, ternyata ada pula karena kura-kura. Namun, dibandingkan hewan-hewan lain, masuknya penyu ke lintasan pesawat dinilai tidak lazim. Next

ramadan
Komodo Memanjat Jalan Labuan Bajo - Golo Mori

Viral Video Komodo Memanjat di Jalan Penghubung Labuan Bajo – Golo Mori

Pantai Labuhan Haji

Pantai Labuhan Haji, Spot Terbaik Menikmati Matahari Terbit di Lombok