in ,

Viral Video Komodo Memanjat di Jalan Penghubung Labuan Bajo – Golo Mori

Viral video yang memperlihatkan komodo tengah memanjat tebing di jalan penghubung Labuan Bajo dan Golo Mori, ternyata memang punya habitat di sana.

Komodo Memanjat Jalan Labuan Bajo - Golo Mori

Viral sebuah video yang memperlihatkan komodo tengah memanjat tebing di pinggir jalan penghubung Labuan Bajo – Golo Mori. Video ini diketahui direkam oleh warga sekitar yang tengah berada di daerah tersebut, kemudian tersebar luas di media sosial.

Baca juga : Taste of Bandung, Resto dengan Panorama Lukisan Alam Ciwidey

Salah satunya diunggah ulang oleh akun Instagram @manggaraibaratviral dengan captiondi area Golomori. Ini Komodo atau Biawak??? Harap selalu berhati hati!!!

Komodo Memanjat Jalan Labuan Bajo - Golo Mori
Foto via Instagram

Terlihat hewan melata yang berukuran sedang itu memanjat tebing di pinggir jalan. Dengan santai dan cukup cepat, hewan itu berjalan melalui jaring geomat berwarna hijau hingga mencapai puncak yang dipenuhi rerumputan.

Jalan yang dibangun sejak April 2022 dan diresmikan pada Maret 2023 ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tebing yang dilalui komodo tersebut berada di antara Dusun Soknar dan Lenteng.

Komodo Memanjat Jalan Labuan Bajo - Golo Mori
Foto via Instagram

Pada awalnya, dipertanyakan hewan itu biawak atau komodo. Dilansir dari Kompas, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Timur Arief Mahmud, memastikan bahwa hewan dalam video yang viral itu memang seekor komodo.

Jika dari habitat komodo di Taman Nasional Komodo yang terdekat yaitu Pulau Rinca, daerah ini tetap memiliki jarak yang tidak dekat untuk kunjungan harian komodo. Selain itu, juga terpisah lautan yang cukup jauh jaraknya.

Di Golo Mori juga menjadi salah satu habitat komodo, terdapat sekitar 5-12 yang berada di sana. Komodo yang terekam tengah memanjat tebing itu ialah salah satunya. Dilansir dari Detik, warga sekitar juga mengatakan bahwa sejak dulu komodo memang sudah berada di sana.

Ilustrasi Komodo
Foto via Kompas

Komodo yang ada di area ini tidak memiliki sifat agresif seperti yang ada di Taman Nasional Komodo. Meski belum pernah menyerang warga dan akan lari jika melihat manusia, tetapi para warga selalu diminta untuk waspada.

Keberadaan komodo yang telah lama di daerah Golo Mori, menjadikan warga sekitar sudah cukup terbiasa sesekali melihat komodo. Salah satunya melihat komodo yang tengah memanjat di jalan penghubung Labuan Bajo – Golo Mori ini. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa komodo bisa berbahaya bagi manusia.

Mengingat sifat komodo yang agresif dan memiliki kekuatan besar, sehingga bisa memangsa yang ukurannya berkali-kali lipat besarnya. Mereka juga memiliki kemungkinan untuk menyerang manusia. Next

ramadan
Mare Fruit Club

Mare Fruit Club, Menikmati Sajian Sehat dan Nikmat di Bandung

Pesawat Delay karena Kura-Kura

5 Pesawat Delay karena Kura-Kura Jalan Santai di Landasan Pacu Bandara