in

7 Olahan Khas Garut Yang Wajib Kamu Coba

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Sumedang, Bandung, Majalengka, dan Bandung. Jika mendengar Garut, makanan yang pertama terlintas pasti adalah dodol. Garut memang terkenal dengan makanan khas dengan dodolnya. Makanan khas Garut ini bahkan dikenal diseluruh penjuru Nusantara bahkan diberberapa bagian mancanegara. Dodol Garut sudah lama dan sering menjadi buah tangan para pelancong. Namun selain dodol, masih banyak makanan khas Garut yang tak kalah memanjakan lidah.

Baca juga : Kedai Nasi Gila Mburitan Pujon, Konsep Jadul Dengan View Khas Pegunungan

Salah satu cemilah khas Garut yang tak bisa kamu tinggalkan. Foto via www.harapanrakyat.com

Makanan khas Garut umumnya terpengaruh oleh kuliner Sunda. Ada banyak jenis makanan khas Garut mulai dari makanan berat, kue, hingga camilan untuk oleh-oleh. Makanan khas Garut ini juga punya keunikan sendiri yang tak dimiliki makanan lainnya. Makanan khas Garut ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh selain dodol. Berikut pilihan makanan khas Garut yang bisa kamu coba selagi dikota ini.

Burayot

Jajanan tradisional asal Garut satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah dan kacang tanah. Burayot memiliki bentuk unik yang bundar dan keriput. Burayot memiliki cita rasa manis dan gurih.

Ladu

Ladu sejenis camilan berbahan ketan dengan rasa yang legit. Ladu terbuat dari ketan dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Tekstur ladu mirip dodol namun agak kasar dan keras. Cocok buat nemenin kamu saat kerja dan ngerjakan tugas kuliah.

Ladu makan khas garut yang perlu kamu coba. Foto via resepmommy.web.app

Sambal Cibiuk

Cibiuk merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Garut. Daerah ini sangat terkenal dengan olahan sambalnya. Sambal Cibiuk terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, serawung, dan rempah lainnya. Tentunya sangat menggugah selera makan dengan level yang sangat pedas.

Pindang Ikan

Garut juga terkenal dengan olahan pindangnya. Sekilas pindang ikan Garut sama seperti pindang pada umumnya. Namun, dengan teknik memasak dan bumbu rempah yang khas, pindang ikan khas Garut bisa membuat orang yang mencicipinya ketagihan. Pindang ikan Garut biasanya menggunakan ikan mas yang direbus dengan bumbu khusus.

Soto Garut

Soto menjadi kuliner khas Indonesia dengan beragam cita rasa. Tiap daerah bisa memiliki kuliner sotonya sendiri, tak terkecuali Garut. Soto Garut merupakan soto ayam dengan cita rasa gurih dan rempah yang kuat. Tak seperti soto ayam yang bening, soto ayam Garut memiliki kuah pekat karena campuran santannya. Soto Garut biasanya disajikan bersama taburan kedelai goreng yang di gerus lembut ada juga yang utuh tercampur. Apalagi disantap dengan nasi yang hangat juga.

Baso Aci

Lezat dan pedas yang mantap Baso Aci khas Garut. Foto via shopee.com

Makanan khas Garut yang tak boleh dilewatkan adalah baso aci. Baso ini terbuat dari tepung kanji yang diisi dengan daging. Rasa baso aci menyerupai cilok dengan kuah super pedas. Makanan khas Garut biasanya juga diberi tambahan ceker ayam atau daging ayam. Tingkat kepedasan yang luar biasa ini menjadikan kuah Baso aci terlihat merah kecoklatan.

Keripik Moring

Keripik Moring khas Garut yang pedasnya aduhai. Foto via liputan6.com

Moring merupakan singkatan dari cimol kering. Moring terbuat dari tepung kanji dan diolah hingga menjadi keripik yang renyah dan gurih. Moring banyak dijual dengan berbagai macam pilihan rasa diantaranya BBQ, pedas, dan juga keju. Sangat cocok untuk kamu yang suka menyendiri dengan cemilan yang gurih pedas. Next

ramadan

Leuwi Tonjong, Pesona Tebing Keren Ala Thailand di Garut Selatan

[sekian] Dessert Yang Populer dan Viral di Tahun 2021