in , ,

Roemah Kentang 1908, Rumah Belanda Terbengkalai yang Diubah Menjadi Restoran Instagenic

Roemah Kentang 1908 dulunya adalah Rumah Kentang di Bandung yang terkenal angker namun berubah menjadi restoran instagenic dengan sajian kuliner unik.

Roemah Kentang 1908

Banyak di antara kamu mungkin sudah tak asing dengan Rumah Kentang di Bandung dengan kesan angkernya. Tapi kini, rumah tersebut sudah beralih fungsi menjadi sebuah tempat makan yang nyaman dan instagenic. Ialah Roemah Kentang 1908.

Baca juga : Pantai Berbahaya di Dunia, Indah Namun Bisa Bikin Celaka

Bukan saja bisa merasakan suasana yang jauh dari kata angker, di sini Teman Traveler juga bisa menyantap beragam kuliner yang disediakan. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga kuliner khas beberapa negara lain.

Dulunya Merupakan Tempat yang Dikenal Angker

Sejak puluhan tahun, rumah ini dipenuhi suasana mistis dengan kesan angker. Dulunya, rumah peninggalan Belanda yang terbengkalai ini dikelilingi tanaman rimbun yang membuatnya terlihat gelap. Usia banguannnya pun sudah sangat tua, tepatnya berdiri sejak tahun 1908.

Roemah Kentang 1908
Foto via Instagram

Rumah ini dinamakan Rumah Kentang karena konon setiap orang lewat akan membau aroma kentang dari sini. Kisah ini berhubungan dengan hal mistis di masa lalu. Bangunan ini dulunya merupakan tempat perkumpulan yang disebut Lochea Hermes.

Berubah Menjadi Restoran Roemah Kentang 1908

Meski sempat terkesan angker selama berpuluh-puluh tahun, rumah ini punya kelebihan tersendiri. Ialah berdiri di lahan heritage dengan lokasi yang strategis. Tak heran jika pengelola akhirnya menjadikan Rumah Kentang sebagai restoran sejak Desember 2020. Bukan restoran biasa, tapi diubah menjadi sebuah tempat nongkrong yang menyenangkan dan instagenic.

Restoran Instagenic di Bandung
Foto via Instagram

Meski ada bagian-bagian yang diubah, tapi banyak ornamen di bagian dalam yang tidak berubah. Sedangkan bagian luar tidak diubah sama sekali. Menjadikan tempat ini kental dengan nuansa vintage yang instagenic. Beberapa spot menjadi favorit pengunjung untuk berfoto, seperti pintu hingga piano klasik yang ada di sudut restoran.

Beragam Pilihan Menu Unik

Roemah Kentang 1908 menyediakan beragam pilihan menu unik yang disebut dengan Peranakan. Kuliner di sini perpaduan antara Indonesia, barat, oriental, hingga Timur Tengah. Salah satu menu favorit yang wajib dicoba adalah varian baked potato, yang menyesuaikan dengan nama Rumah Kentang.

Roemah Kentang 1908
Foto via Instagram

Ada juga menu spesial yaitu Ayah Karuhun dengan bumbu campuran barat dan tradisional Indonesia. Jika kamu datang di pagi hari dan ingin menu sarapan, bisa memesan Bubur Bakar Roeken. Berbagai kudapan pun juga tersedia, salah satunya Pisang Goreng 1908. Santapan dari Indonesia hingga barat juga bisa dipesan, seperti burger.

Lokasi Roemah Kentang 1908

Roemah Kentang 1908
Foto via Instagram

Roemah Kentang 1908 berada di depan Gor Saparua, tepatnya di Jalan Banda No. 18, Kota Bandung, Jawa Barat. Setiap harinya, buka pukul 10.00-22.00 WIB pada hari biasa dan pukul 08.00-22.00 pada akhir pekan. 

Di antara persaingan ketat ratusan kafe yang ada di Bandung, restoran satu ini bisa dijadikan salah satu pilihan saat kamu ingin mencoba makanan yang unik di tempat yang tak biasa. Next

ramadan
Pesta Rakyat Danau Toba

Pesta Rakyat Danau Toba Cetak Rekor MURI, Tampilkan 1.250 Penari Tor Tor Sipitu Cawan

Krakatau Park Lampung

Serunya Bermain sambil Belajar di Krakatau Park Lampung, Ada Seluncuran Warna-warni Lho!