in ,

Alasan Unik Mengapa Bendera Negara Tidak Ada yang Berwarna Ungu

Teman Traveler, sering perhatikan tidak apa warna-warna bendera yang ada di dunia? Rata-rata, warna yang digunakan adalah merah, kuning, putih, hijau, biru, oranye, dan hitam. Tapi, hampir tidak ada bendera negara dengan warna ungu loh. 

Baca juga : Landasan Pacu Pesawat Ekstrem di Dunia, Curam Berbahaya

Kalau kamu baru menyadarinya, maka kali ini kamu akan dapat pengetahuan baru. Benar sekali, di dunia ini memang hampir tidak ada bendera negara dengan warna ungu. Kira-kira apa ya alasannya? Mari simak yang berikut ini. 

Sejarah warna ungu 

Tidak seperti warna lainnya, warna ungu ternyata baru ada sekitar di abad ke-19. Warna ini dihasilkan dari spesies siput yang ada di Lautan Mediterania. Meski terdengar sederhana, ternyata dalam proses pembuatan warna ungu ini membutuhkan banyak sekali siput loh. Sekitar 10.000 siput bisa menghasilkan satu gram cairan warna ungu. 

Foto via Pexel invisiblepower

Karena hal ini, akhirnya banyak yang sepakat bahwa membuat bendera dengan warna ungu tidaklah efektif. Selain membutuhkan begitu banyak siput, harganya pun juga sangat mahal. Mungkin, karena ini jugalah warna ungu identik dengan makna mahal. 

Sebagai simbol kerajaan 

Karena harganya yang mahal, warna ungu ini akhirnya hanya bisa dijangkau oleh orang-orang kaya. Bahkan di Inggris, warna ini dijadikan sebagai simbol kerajaan. Ratu Elizabeth I saja sampai melarang orang-orang di luar kerajaan untuk pakai warna ini loh. 

Foto via Pexel Alesia Kozik

Meski begitu, di tahun 1850-an, William Henry Perkin akhirnya menemukan cara untuk menciptakan warna ungu. Ia menjadi penemu warna ungu sintetis yang tidak menggunakan puluhan ribu siput. Dari temuannya ini kemudian warna ungu makin mudah dijumpai

Negara dengan bendera warna ungu

Setelah abad 20, ada dua negara yang benderanya memiliki warna ungu. Meski bukan warna dominan, tapi warna ungu ada dalam bendera mereka. Ialah Dominika dan Nikaragua yang memiliki bendera dengan aksen warna ungu. 

Foto via Flags and Anthem

Pada bendera Dominika, warna ungu dapat ditemukan di bagian bulu dan mahkota burung beo. Sedangkan dalam bendera Nikaragua, warna ungu dapat ditemukan di antara warna-warna pelangi yang ada di dalam bendera. 

Nah, ternyata itulah alasan mengapa kita sangat jarang menemui bendera negara dengan aksen warna ungu. Next

ramadan

Kesegaran Alami Datang dari Air Terjun Yeh Mampeh

5 Pesona Gunung Prau yang Membuatnya Jadi Destinasi Favorit Pendaki