in , , ,

5 Pesona Gunung Prau yang Membuatnya Jadi Destinasi Favorit Pendaki

Gunung Prau adalah gunung yang terletak di Kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, dan disebut sebagai tempat tertinggi di kawasan Dieng. Gunung ini memiliki ketinggian tertinggi 2590 mdpl dan termasuk salah satu gunung yang memiliki banyak puncak. Mengingat kontur tanah puncak Gunung Prau berupa bukit-bukit kecil yang memiliki ketinggian bervariasi.

Baca juga : Wagos, Destinasi Wisata dengan Spot Asyik di Pelosok Gresik

Gunung Prau juga dikenal sebagai gunung dengan suhu yang sangat dingin jika dibandingkan dengan gunung yang lebih tinggi lainnya di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki banyak alasan untuk menjadi tempat yang wajib dikunjungi di musim liburan sekarang ini. Ini lho sederet pesona Gunung Prau yang membuatnya jadi favorit banyak pendaki.

Selalu Ramai Pengunjung

img20191110065443_JUd.jpegHamparan tenda di camping ground Gunung Prau (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang tidak pernah sepi pengunjung. Wisata alam ini selalu ramai, terutama saat akhir pekan dan musim liburan. Faktor ramai ini, tentu saja dapat menghilangkan ketakutan bagi banyak orang tentang gunung yang terkenal dengan kemistisan dan binatang buasnya. Dengan keramaian seperti ini, tentu rasa takut tersebut dapat terkurangi atau bahkan dapat hilang sama sekali.

Jarak Tempuh yang Relatif Pendek

img20191110075406_xOS.jpegJalur yang ditempuh dari camping ground menuju pucak utama (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Jarak tempuh dari basecamp sampai ke puncak relatif pendek, mengingat Gunung Prau terletak di kawasan Dieng yang terkenal dengan kawasan tertinggi di Jawa. Sehingga, untuk waktu yang dihabiskan untuk mencapai puncak relatif singkat. Waktu tempuh dari basecamp Kalilembu sampai puncak utama 2590 mdpl, hanya sekitar 2 jam. Oleh karena itu, gunung ini termasuk sangat ramah di kaki siapa pun baik pendaki profesional ataupun pemula.

Sunrise yang Indah

img_9103__1__bFN.JPGPenampakan sunrise dari camping ground (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk  

Kawasan Dieng sangat terkenal dengan golden sunrise yang sangat memesona. Memandang sunrise dari puncak Gunung Prau adalah salah satu pilihan terbaik yang harus dirasakan, minimal sekali seumur hidup! Keindahannya tidak akan membuat menyesal dan tentu saja akan menghilangkan rasa lelah akibat perjalanan menuju puncaknya. Keindahan semburat merah matahari terbit bercampur dengan pemandangan hamparan lautan awan, jadi suatu pemandangan yang tidak ada duanya dan wajib dicoba.

Hamparan Padang Savana yang Sangat Luas

img20191110080811__1__r8Q.jpegHamparan padang savana (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selain pemandangan sunrise yang indah, juga dapat melihat padang savana yang luas membentang di Gunung Prau. Rerumputan yang tumbuh rimbun dan dikelilingi bukit-bukit kecil disekitarnya, merupakan salah satu pemandangan khas Gunung Prau yang jarang ditemukan di gunung dengan ketinggian di bawah 3000 mdpl dan jarak tempuh yang relatif pendek.

Bukit-Bukit Kecil yang Indah dan Unik

img20191110072839__1__k8y.jpegBukit kecil pemandangan khas puncak Gunung Prau (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Salah satu pemandangan khas Gunung Prau yang tidak terdapat di gunung lain adalah pemandangan bukit-bukit kecil unik nan indah. Bukit-bukit seperti ini banyak terdapat di sepanjang puncak Gunung Prau. Bukit kecil ini adalah salah satu tempat yang sangat menarik untuk berfoto ria dengan latar belakang gunung-gunung di dekatnya yaitu Sumbing, Sindoro, Gunung Kembang.

Melihat berbagai pesona yang ditawarkan Gunung Prau, nggak heran kalau gunung ini jadi salah satu favorit pendaki. Jadi, sudah merencanakan kapan bakal mendaki Gunung Prau? Next

ramadan

Alasan Unik Mengapa Bendera Negara Tidak Ada yang Berwarna Ungu

Pura Pucak Bukit Sinunggal, Wisata Spiritual Kian Khusyuk!