in ,

8 Bangunan Berkubah Paling Keren dan Terkenal di Dunia

Dome of Rock, via instagram

Umumnya bangunan yang memiliki kubah selalu identik dengan masjid. Nyatanya di dunia ini banyak sekali bangunan berkubah, beberapa diantaranya bukan masjid melainkan gereja dan juga gedung pemerintahan. Bangunan-bangunan berkubah selalu memiliki daya tarik tersendiri, bukan hanya karena sejarahnya namun juga nilai estetika yang ditampilkan.

Baca juga : Wisata di Jepang Pilihan Jessica Mila, Sempatkan Mencicip Es Krim Berlapis Emas

Sebagian dari bangunan berkubah ini datang dari masa lampau dengan sejarah panjang hingga bangunan terbaru dengan kisah yang bikin terharu. Mulai dari Taj Mahal di India hingga Masjid Kubah Emas di Indonesia, berikut Travelingyuk rangkum bangunan-bangunan berkubah super keren dan paling terkenal di seluruh dunia.

1. Taj Mahal, India – Lambang Cinta Dunia

Siapa sih yang tidak tahu dengan Taj Mahal, bangunan keren berkubah dengan sejarah yang sangat panjang. Sepintas bangunan berkubah ini terlihat seperti masjid, namun sebenarnya ini adalah makam dari Mumtaz Mahal, istri dari Raja Agra bernama Shah Jahan. Dikisahkan bahwa sang raja sangat mencintai istrinya hingga suatu ketika istrinya meninggal dan ia pun bersedih tak berujung.

Taj Mahal, via instagram
Taj Mahal, via instagram

Untuk menghapus sedihnya ia membangun Taj Mahal dengan bangunan utama berupa Makam Mumtaz Mahal. Bangunan super keren ini mulai dibangun pada tahun 1632 dan memiliki taman-taman yang indah. Di dalam Taj Mahal terdapat pula ukiran kaligrafi ayat Al-Quran yang mempesona.Lebih mencengangkan lagi jika kita menilik material penyusun bangunan yang keseluruhannya terbuat dari batu marmer putih.

2. Dome of Rock, Yerusalem – Bangunan Penting Bagi Tiga Agama

Dome od Rock atau Kubah Batu di Yerusalem adalah bangunan berkubah berikutnya yang begitu cantik dan terkenal di dunia. Bangunan ini mulai dikenal sangat luas saat menjadi bahan sengketa antara Palestina dan Israel. bangunan dengan sejarah panjang bagi tiga agama besar di Dunia ini punya kubah besar berwarna emas dimana warna emas tersebut bukan hasil cat melainkan lapisan emas asli seberat 80 kg.

Dome of Rock, via instagram
Dome of Rock, via instagram

Bagi umat Islam sendiri, Dome of Rock dipercaya sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad SAW saat melakukan Mi’raj. Selain kubahnya yang sangat ikonik, bangunan ini juga memiliki motif yang cantik serta tulisan kaligrafi yang indah. Sedangkan warna bangunan yang didominasi warna biru memberikan kesan mewah pada Kubah Batu ini.

3. Saint Basils Cathedral, Rusia – Landmark Kota Paling Terkenal di Dunia

Hampir semua traveler yang datang ke kota Moskow di Rusia selalu berkunjung ke kawasan Red Square dimana di kawasan tersebut terdapat satu bangunan unik yang menjadi ikon kota sekaligus negara Rusia. Adalah Saint Basils Cathedral, gereja kecil memiliki banyak kubah dan berwarna-warni seperti istana di dalam negeri dongeng.

Saint Basils Cathedral, via instagram
Saint Basils Cathedral, via instagram

Katedral ini dibangun pada rentang tahun 1555 hingga 1561 dengan kubah-kubah yang mirip seperti masjid, hanya saja di atas kubah ini terdapat salib. Dalam beberapa sumber, nama asli gereja kecil dua lantai dan 9 ruangan ini adalah Trinity Church tapi entah bagaimana kemudian lebih dikenal dengan sebutan Katedral. Saat ini Saint Basils Cathedral digunakan sebagai museum yang bisa dikunjungi wisatawan mana saja.

4. United States Capitol, Amerika Serikat – Gedung Parlemen Paling Keren

Selain Gedung Putih, bangunan keren di Amerika bisa ditemukan dalam sebuah gedung parlemen yang jamak dikenal dengan nama The United States Capitol atau Gedung Kapitol. bangunan yang didirikan tahun 1800-an ini memiliki kubah besar berwarna putih yang megah. Alih-alih digunakan sebagai tempat ibadah, bangunan berkubah ini ternyata adalah kantor bagi anggota parlemen Amerika.

United States Capitol, via instagram
United States Capitol, via instagram

Keunikan dari gedung ini terletak pada kubahnya yang punya dekorasi bergaris. Di puncaknya terdapat patung yang melambangkan kebebasan sehingga diberi nama Statue of Freedom alias patung kebebasan. Gedung ini telah lama menjadi obyek foto favorit para pelancong yang sedang berada di Amerika.

5. Imam Mosque, Iran – Masjid Berdekorasi Paling Ceria di Dunia

Iran yang notebene dikenal sebagai negara tertutup ternyata punya tempat keren yang wajib traveler kunjungi yaitu Masjid Imam. Masjid yang sebelumnya dikenal dengan nama Masjid Shah ini terletak di Isfahan, sebuah kota yang pernah menjadi ibukota dari kerajaan Persia. Bangunan masjid ini pun menjadi representasi arsitektur Islam-Persia yang begitu terkenal di Iran.

Imam Mosque, via instagram
Imam Mosque, via instagram

Masjid ini begitu unik dengan dekorasinya yang full color di setiap sudut ruangan. Masjid Imam ini mulai dibangun pada tahun 1611 dengan menerapkan tema mosaik dan kaligrafi. Masjid ini juga memiliki kubah dengan warna dominan hijau. Karena keindahan dan sejarahnya Masjid Imam telah tercatat sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

6. Hagia Sophia, Turki – Museum Yang Pernah Jadi Masjid dan Gereja

Hagia Sophia adalah sebuah museum yang menjadi salah satu destinasi wajib saat liburan di Turki. bangunan museum ini sangat unik dengan kubah yang merepresentasikan rumah ibadah bagi umat Islam. Namun saat menilik ke dalam bangunan maka lukisan Bunda Maria akan terlihat dengan dekorasi lain berupa tulisan kaligrafi Allah dan Muhammad.

Hagia Sophia, via instagram
Hagia Sophia, via instagram

Tidak usah bingung, Hagia Sophia pada awal pembangunannya memang berupa sebuah gereja ortodoks bergaya Byzantium. Namun saat Kostantinopel jatuh ke tangan Dinasti Ustmaniayah di abad pertengahan bangunan tersebut lantas diubah menjadi masjid. Saat itu ornamen khas kristiani tidak banyak yang dihilangkan, hanya ditutup dengan lukisan kaligrafi baru. Saat diresmikan sebagai museum oleh Mustafa Kemal Ataturk, lukisan kaligrafi dikerok dan memunculkan kembali lukisan-lukisan khas Kristen.

7. St. Peter’s Basilica, Vatikan – Gereja Berkubah Terbesar di Dunia

Gereja terbesar umat Kristiani yang ada di Vatikan pun tak luput dari arsitektur berkubah yang indah. Adalah St. Peter’s Basilica, gereja yang begitu terkenal sebagai pusat ibadah umat Kristiani di dunia sekaligus menjadi kediaman bagi Paus, pemimpin tertinggi agama Kristen. Gereja ini punya ruangan yang luas dengan atap tinggi yang penuh dengan dekorasi mozaik tiga dimensi karya seniman terkemuka.

 St. Peter’s Basilica, via instagram
St. Peter’s Basilica, via instagram

Tercatat lukisan-lukisan yang ada di dinding dan atap gereja ini dikerjakan oleh Bramante, Michaelangelo, Carlo Maderno, dan Bernini. Gereja berarsitektur Renaissance tersebut kian lengkap dengan sematan kubah berwarna putih dan bergaris. Di depan gereja terdapat lapangan yang luas, dari sana para wisatawan biasanya mengambil gambar keseluruhan dari St. Peter’s Basilica.

8. Masjid Kubah Emas, Indonesia – Masjid Berkubah Emas Paling Megah di Asia Tenggara

Selain di luar negeri ada pula bangunan berkubah di Indonesia yang sangat cantik dan terkenal yaitu Masjid Kubah Emas di Depok. Masjid yang punya nama asli Masjid Dian Al Mahri ini mulai dibangun pada tahun 1999 oleh seorang pengusaha asal Banten bernama Hj. Dian Juriah Maimun Al Rasyid.

Masjid Kubah Emas, via instagram
Masjid Kubah Emas, via instagram

Masjid mulai dibuka pada akhir Desember 2006 dan langsung mencuri perhatian baik jemaah maupun wisatawan. Masjid ini sangat istimewa karena ukurannya yang besar yaitu menempati lahan seluas 70 hektar serta mampu menampung 20 ribu jemaah. Disamping itu masjid ini juga memiliki arsitektur yang mewah dengan kubah besarnya berwarna emas yang konon memang dilapisi dengan emas asli setebal 2-3 milimeter. Masjid ini kemudian diyakini sebagai masjid termegah di Asia Tenggara.

Itulah kedelapan bangunan berkubah paling keren dan terkenal di dunia. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satunya? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Patung Tertawa, Landmark Aneh di Kota Vancouver Kanada

Keren, Jembatan Kayu di Tengah Laut Australia Membentang Hampir 2 Km!