in ,

Keren, Jembatan Kayu di Tengah Laut Australia Membentang Hampir 2 Km!

Busselton Jetty, jembatan kayu terpanjang di belahan bumi selatan, via instagram

Adanya jembatan kayu di pantai memang bisa mempercantik pemandangan sekitar apalagi jika foto-foto dari atas jembatan tersebut. Tapi kebanyakan jembatan ini hanya dibangun sepanjang puluhan hingga ratusan meter ke tengah laut. Lain cerita jika kita membicarakan jembatan kayu di Australia, panjangnya saja hampir 2 Km!

Baca juga : Orangtua Ini Ajak Anaknya Bolos Sekolah untuk Jalan Kaki Keliling Dunia

Busselton Jetty, begitulah jembatan ini dikenal. Jembatan yang sebenarnya adalah dermaga kayu kuno yang dibangun pada tahun 1865 silam ini terletak di Kota Busselton, Australia yang bisa ditempuh traveler dari Perth selama 2,5 jam perjalanan. Jembatan tersebut diyakini sebagai salah satu jembatan kayu di tengah laut terpanjang di dunia atau yang paling panjang di belahan bumi selatan.

Busselton Jetty di Australia, via instagram
Busselton Jetty di Australia, via instagram

Tercatat Busselton Jetty mempunyai ukuran 1.841 meter memanjang hingga ke lepas pantai Teluk Geographe. Ukuran ini telah mengalami peningkatan mengingat pada awal pembangunannya hanya dibuat sepanjang 161 meter saja. Butuh waktu bertahun-tahun untuk memperpanjang ukuran jembatan ini hingga seperti yang sekarang.

Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, jembatan ini berfungsi dengan baik sebagai dermaga. Dimana selama lebih dari satu abad telah melayani banyak kapal untuk bersandar di sana. Hingga akhirnya dermaga ditutup pada tahun 1973 dan biaya perawatan dari pemerintah pun turut dihentikan.

Busselton Jetty, jembatan kayu terpanjang di belahan bumi selatan, via instagram
Busselton Jetty, jembatan kayu terpanjang di belahan bumi selatan, via instagram

Keadaan ini memancing sebuah komunitas bernama Busselton Jetty Environment and Conservation Association (BJECA) untuk menggalang dana demi menghidupkan kembali tempat tersebut, bukan lagi sebagai dermaga kapal namun sebuah destinasi wisata. Pada rentang tahun 1987 hingga 2003 komunitas tersebut berhasil mengumpulkan dana untuk perbaikan jembatan.

Dana yang mereka dapatkan ditambah dari dana bantuan pemerintah di tahun 2011 berhasil merubah wajah Busselton Jetty menjadi lebih segar. Mereka menambahkan rel kereta serta underwater observatory di ujung jembatan kayu. Hasilnya kini bisa dinikmati para traveler yang berkunjung kesana. Mereka bisa jalan-jalan hingga ke tengah laut atau naik kereta yang disediakan.

Jembatan ini dilengkapi dengan kereta dan underwater observatory di ujungnya, via instagram
Jembatan ini dilengkapi dengan kereta dan underwater observatory di ujungnya, via instagram

Kawasan Busselton Jetty memang sangat fotogenik sehingga banyak traveler yang melakukan foto-foto di atas jembatan tersebut. Tak sedikit pula dari mereka yang menumpang kereta untuk sampai di ujung jembatan dan masuk ke underwater observatory untuk melihat indahnya alam bawah laut Australia. Tertarik berkunjung ke tempat ini guys? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

8 Bangunan Berkubah Paling Keren dan Terkenal di Dunia

Sulit Dipercaya Jika Kebumen Ternyata Punya 9 Air Terjun Secantik Ini