in ,

Adalaj Ni Vav, Sumur di India yang Semegah Istana

Sumur Dengan Bangunan yang Menyerupai Istana

Di Indonesia, umumnya sumur memiliki bentuk pipa yang memanjang ke bawah tanah. Bibir sumur pun hanya berbentuk lingkaran. Namun, lain ladang lain belalang. Sebuah tempat di India mengadopsi bentuk lain. Tak sekedar lingkaran dan memanjang ke bawah. Seperti tempat bernama Adalaj Ni Vav ini.

Baca juga : 5 Museum Unik Cincinnati, Destinasi Asik Habiskan Hari

Sumur Berbentuk Bangunan Lima Tingkat

Ruangan dasar di mana air bersumber via instagram/@trauma_ookay

Berbeda dengan bentuk sumur pada umumnya, Adalaj Ni Vava memiliki bentuk arsitektur yang unik. Sumur yang berada di dasar ini dilindungi oleh bangunan bertingkat lima yang serupa istana raja. Selain itu, penggunaan cahaya alami yang muncul dari kubah tanpa atap membuat sumur ini lebih indah.

Di Bangun Untuk Para Pengelana

Menyerupai kolam dalam ruangan via instagram/@theoneiric

Selesai dibangun pada tahun 1499, bangunan ini sengaja tidak diberi atap agar cahaya matahari dapat masuk. Awalnya sumur ini berfungsi sebagai sumber air bagi para pengelana. Karena Adalaj Ni Vav berada tepat di jalur perdagangan India pada masa silam.

Sejarah Tentang Cinta dan Perang

Bangunan lima lantai semegah istana via instagram/@ashwinsavephotography

Raja Rana Veer Singh membangun sumur ini dengan tujuan membantu masyarakat yang saat itu sedang kekeringan. Namun di tengah perang sang raja meninggal dan pembangunan dilanjutkan oleh orang lain bernama Raja Mehmud Begada. Sebagai persyaratan untuk menikahi Ratu Rudabai yang ditinggal mati Raja Rana Veer Singh.

Interior dengan Ukiran Dinding yang Menarik

Lorong masuk menuju gerbang utama via instagram/@oaksphoto108

Karena harus diselesaikan sebagai bentuk syarat pernikahan, Raja Mehmud Begada membangun tempat ini dengan perfeksionis. Di dalamnya terdapat ornamen-ornamen dan ukiran pola bunga islam yang dikombinasikan dengan simbolisasi Hindu dan Jain. Di setiap lantai juga dihiasi dengan ornamen yang serupa.

Bentuk sumur tak selalu lingkaran dan memanjang ke dalam. Bangunan yang megah sekalipun juga dapat ditemukan. Salah satunya bangunan yang berada di India tersebut. Pernah melihat sumur semegah ini? Next

ramadan

Kulineran Tepi Pantai di Gili Genting Madura, Pilih Sendiri yang Kamu Suka 

Roti Ontbijtkoek

Roti Ontbijtkoek, Oleh-oleh Jadul Jogja Citarasa Khas Belanda