in ,

Kulineran Tepi Pantai di Gili Genting Madura, Pilih Sendiri yang Kamu Suka 

Kuliner Gili Genting Madura

Kuliner Ikan bakar

Liburan bukan hanya soal keindahan alam atau pesona tempat tujuan, tapi juga makanan. Yang enak-enak pasti akan bikin perjalananmu makin semangat. Gili Genting punya itu semua, dengan panorama yang menawan dan bikin kangen nggak ketulungan. Kamu pun bisa menikmati beberapa kuliner Gili Genting berikut ini sambil melihat birunya lautan dan perahu-perahu hilir mudik mengantar wisatawan.

Baca juga : Bukan Gosong! Si Hitam Ini Siap Disantap dengan Kuah yang Panas

1. Rujak Madura

Ilustrasi Rujak Madura
Ilustrasi kuliner Gili Genting, Rujak Madura via cookpad.com

Makanan khas Madura juga ada di dua wisata bahari ini. Di Gili Genting ada penjual rujak Madura bernama Bu Rafi’ah. Wanita paruh baya tersebut merupakan penduduk asli Gili Genting. Dari tangannya, kamu bisa menikmati rujak dengan bumbu nikmat. Lezatnya rujak Bu Rafi’ah terletak pada ciri khas petis madura yang digunakan, rasanya lebih segar dan asin. Harga satu porsi rujak sekitar Rp10.000.

Ilustrasi Rujak Madura
Ilustrasi Rujak Madura via CHOIRIEL CHODRI

2. Rujak Iris

Rujak Iris
Rujak Iris via Travelingyuk/febri

Rujak iris ini menggunakan bumbu yang sama dengan rujak sebelumnya. Ada petis khas sebagai penyumbang rasa yang nikmat dan tidak ada di kota lain. Hanya saja isiannya hanya berupa buah-buahan seperti nanas, bengkuang, hingga kedondong. Biasanya juga ada mentimunnya. Harganya juga sekitar Rp.10.000.

Rujak Iris
Rujak Iris dok Travelingyuk/febri

3. Aneka Ikan Bakar Enak

Ilustrasi Ikan Bakar
Ilustrasi Ikan Bakar via Nonikhairani

Gili Genting adalah destinasi ramah wisatawan dengan berbagai fasilitas. Mulai dari perahu untuk transportasi, pemandu wisata, hingga tempat makan. Kalau ke pantai, rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba ikan bakar. Baik di Gili Genting atau Gili Labak ada penjual ikan bakar. Harganya sekitar Rp50.000 tergantung jenis dan ukurannya. Jika kamu berangkat pagi-pagi, bisa mampir ke Gili Genting lebih dulu untuk sarapan lalu makan siang atau malamnya di Gili Labak.

Ilustrasi Ikan Bakar
Ilustrasi Ikan Bakar via cookpad.com

4. Bakso Nikmat ala Gili Genting

Ilustrasi bakso
Ilustrasi bakso via Belajar dari Alam

Tepat di samping warung rujak milik Bu Rafi’ah. Ada kedai bakso milik Mbak Tini. Menurut penuturan Mb Tini, bakso buatannya cukup spesial karena memiliki rasa khas yang beda dari bakso di tempat lain. Teksturnya memang terasa lembut dengan rasa daging sedap. Kuahnya juga segar dan enak disantap meskipun tanpa tambahan saus dan kecap. Jangan lupa tambahkan sambal ya!

Ilustrasi bakso
Ilustrasi bakso via makanajib.com

Itulah beberapa kuliner Madura yang bisa kamu santap di Gili Genting, yang menjadi pulau tetangga Gili Labak. Lelah seharian menyisiri pantai, kamu bisa mencoba ikan bakar dan ditutup dengan es kelapa muda. Nikmat sekali bukan? Next

ramadan

4 Tips Jelajah Sumba, Agar Liburanmu Jadi Lebih Maksimal

Adalaj Ni Vav, Sumur di India yang Semegah Istana